Usaha Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan

  • Whatsapp

“Sedikit – sedikit, lama – lama menjadi bukit” . Ini merupakan pepatah yang masih sangat berguna dalam kehidupan. Sebenarnya, apasih hubungan nya pepatah ini dengan artikel yang saya tulis. Let’s Check it out!

Sekarang ini, ada berbagai macam peluang usaha yang menciptakan banyak enterpreneur. Enterpreneur disini tidak hanya membicarakan mengenai pengusaha berskala besar, tapi juga pengusaha kecil dan menengah. Nah, tentu nya untuk sebagian orang, membangun usaha itu bukanlah suatu hal yang gampang.

Muat Lebih

Banyak sekali faktor – faktor yang mempengaruhi seseorang untuk memulai bisnis nya, salah satu nya yaitu Modal untuk membangun usaha. Permasalahan disini kita fokuskan pada pengusaha kecil menengah. Mau tau alasan nya apa? Because, all the big things, starting from the small

Usaha Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan
Usaha Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan

therefore, cukup banyak rintisan pengusaha pemula yang mengalami naik turun , dimulai dari perencanaan yang kurang matang dan strategi yang kurang tepat. Ada beberapa pengusaha pemula yang memutuskan untuk mundur kalo udah ketemu yang namanya “kendala” saat memulai sebuah bisnis, padahal peluang usaha yang menjanjikan itu sudah ada di depan mata. Kalo udah kaya gini, ada yang tau solusi nya apa?

SOLUSI ?

Oke good.. Pasti kalian mau bilang, solusi nya adalah memiliki peluang usaha dengan modal kecil yang menjanjikan. Peluang usaha seperti apa sih yang menjanjikan itu?

Seperti yang kita tau, Usaha kecil merupakan jenis usaha yang memiliki jumlah pekerja kurang atau tidak lebih dari 50 orang. artinya hanya dengan beberapa orang pun, selagi proses bisnis masih bisa dijalankan maka itu disebut dengan Usaha Kecil – Kecilan. Berbicara soal usaha berarti kita berbicara mengenai Modal. Modal yang dibicarakan disini adalah modal materi dan Non-materi. Modal materi merupakan modal yang berhubungan dengan uang. Walaupun jumlahnya terbatas, kita tetap harus mengeluarkan uang baik itu untuk upah karyawan maupun biaya operasional. Sedangkan modal non – materi adalah modal yang bersumber dari pengetahuan, krativitas dan inovasi.

Recently, kali ini aku mau bagi – bagi informasi kalo usaha itu gak harus menggunakan modal besar. kalian bisa membangun usaha Bisnis dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan.. Gimana? pada mau?

Ada yang tau cara nya?

I think, ada beberapa contoh peluang bisnis yang sering dijalankan oleh para mengusaha kecil dan menengah, disini kalian harus tentukan dulu target pasar nya, supaya nanti apa yang kalian jual bisa laris manis. Cara menentukan target pasar kalian bisa amati lingkungan sekitar. Misal nih, kalian seorang mahasiswa bisa mengamati usaha kecil-kecilan yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa, atau untuk ibu rumah tangga bisa mengamati Usaha Kecil-kecilan yang cocok untuk ibu rumah tangga di sekitar lingkungan atau bisa juga buka usaha musiman, seperti musim liburan, perayaan hari raya dan lain sebagainya.

Sekarang kita kelompokkan peluang bisnsi kedalam 2 kategori:

  1. Peluang usaha yang bisa dikerjakan dirumah
  2. Peluang usaha yang bisa dikerjakan diluar rumah

2 hal diatas gak menutup kemungkinan untuk dilakukan tanpa modal besar, bahkan tanpa modal materi sekalipun. Usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan dirumah yaitu:

Bisnis Pulsa

Pasti kalian sering banget dengar tentang bisnis pulsa dan gak sedikit masyarakat sekitar yang sudah terjun di dalam nya. target pasar nya pun sudah jelas dan nyata ada, yaitu teman-teman, pelajar, mahasiswa/i dan masyarakat luas.

Usaha Dropship / Toko Online

Kalo ini biasa kalian sebut dengan Online Shop. kerja nya santay banget, cuma butuh koneksi internet dan keahlian nawarin produk – produk yang kita jual. Selain tidak memerlukan tempat permanen, usaha ini juga dapat dilakukan disela-sela waktu jam istirahat.

Usaha Kuliner

Untuk kalian yang hobi banget sama food and snacks, bahkan bisa buat sendiri. gak ada salah nya dicoba untuk menjual beberapa produk makanan, contohnya Salad Buah, Little Cake, Banana Nugget, Seblak dan lain sebagainya sesuai dengan kegemaran kalian.

Membuka Tempat bimbel/kursus dirumah

use your scientific abilities, disini berperan banget . jangan di sia -siain kalo kalian mampu untuk ngeshare kemampuan ilmu pengetahuan yang kalian punya. kalo kalian memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; keahlian Matematika, Programming, desain, bahasa Inggris dan lain-lain, kita bisa memberikan bimbel atau kursus di rumah.

Sebenarnya masih banyak diluar sana peluang usaha dengan modal kecil yang menjanjikan, tinggal kalian sesuaikan saja dengan target pasar dan tren yang lagi banyak bergentayangan di masyarakat. Hal penting yang harus kita ingat adalah, tidak semua hal yang kecil itu akan menghasilkan yang kecil juga. Kenapa diatas tertulis “Sedikit – sedikit, lama – lama menjadi bukit” , karena dengan hal yang kecil, ketika kita berusaha dengan sungguh – sungguh maka tak ada yang tidak mungkin.

Finally, Think Big Start Small Act now.

Tulisan ini masih jauh dari kata sempurna, Karena kesempurnaan itu hanya Milik Tuhan Yang Maha esa. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman – teman yang membaca. Sekian, Thankyou..

Pos terkait