Trik Budidaya Cacing Sutra yang Sukses

  • Whatsapp

Cacing sutra atau cacing rambut atau bisa juga disebut dengan nama Tubifex dalam istilah sains. Jenis cacing ini merupakan salah satu yang paling banyak dibudidayakan (diternakan), karena pangsa pasar yang cukup luas dapat dijangkau. Ukuran cacing ini merupakan yang paling kecil dan lembut serta lunak, dibandingkan dengan jenis cacing pada umumnya.

Ukuran cacing ini bahkan rata rata hanya berkuruan 1 cm saja, hal tersebut menjadikan cacing ini komoditas pangan untuk hewan kecil seperti ikan, itik, ayam, bebek, dan hewan lainnya yang mengkonsumsi cacing.

Muat Lebih

Cacing sutra sering juga disebut dengan sebutan cacing rambut karena memang bentuknya yang seperti rambut karena tubuhnya yang kecil dan hidup bergerombol dengan cacing lainnya. Biasanya cacing sutera ini menyukai tempat-tempat yang beraair namun tidak tercemar limbah pabrik.

Trik Budidaya Cacing Sutra yang Sukses

Budidaya cacing sutra atau tubifex, memang masih jarang dilakukan orang. Meskipun begitu, sekali nya kalian mencoba membuka bisnis budidaya cacing sutra ini, akan menjadikan pendapatan yang bagus jika usaha yang dilakukan sukses. Adapun keuntungan budidaya cacing sutra yaitu:

  1. Modal Usaha yang Minim
  2. Teknik Budidaya yang Mudah
  3. Waktu panen yang cepat

Karena sangat tinggi prospek yang di dapat, petani cacing sutra bisa meraup keuntungan kurang lebih Rp15 juta per bulannya dari usaha sambilannya ini. Padahal untuk modal budi daya cacing sutra ini tergolong sangat murah dan mudah.

Saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang mulai menggeluti bisnis budaya cacing sutra. Sebelumnya, bisnis ini jarang sekali dilirik namun kini sudah banyak masyarakat yang memulai usaha ini. Hal ini karena kebutuhan cacing sutera semakin meningkat sementara itu produksi cacing sutra dalam negeri masih sangat terbatas.

Manfaat dari cacing sutra yaitu:

  • Pakan alami campuran pangan ternak yang sangat baik dengan gizi yang tinggi.
  • Untuk budidaya ikan air tawar agar daging yang dihasilkan lebih berkualitas
  • Pakan budidaya ternak belut.
  • Pakan budidaya ternak lele.
  • Sangat baik untuk budidaya ternak ikan cupang.

Di atas merupakan sebagian kecil dari manfaat yang bisa anda dapatkan dari cacing sutra. Selain karena manfaatnya, seperti yang anda ketahui bahwa cacing sutra memiliki harga yang cukup mahal dibanding dengan bahan pakan lainnya seperti pellet ataupun lainnya.

Jika musim hujan harga cacing sutra justru semakin melambung karena sangat susah untuk mendapatkan cacing ini. Maka dari itu, perlu adanya budidaya cacing sutra yang mudah dan membuat para pebisnis sukes. Langkah – langkah budidaya cacing sutra yaitu:

Menyiapkan tempat hidup cacing sutra

Ada dua macam media yang dapat anda gunakan diantaranya yaitu media lumpur dan media air biasa. Jika anda ingin membudidayakan cacing sutra di lumpur, maka anda disarankan untuk mencari lumpur dengan kondisi yang baik yaitu media lumpur yang tidak mengandung logam. Anda bisa menemui lumpur yang baik di sekitar area persawahan. Dan usahakan ketika anda menggunakan media lumpur, lumpur harus dialiri air dengan baik.

Bibit Cacing Sutra

Untuk mendapatkannya anda bisa membelinya di toko ikan hias ataupun pasar hewan, namun jika anda memiliki ladang ataupun sawah, anda juga bisa mencarinya di lumpur. Namun jika anda memilih untuk mengambil bibitnya secara langsung dari cacing sutra anda disarankan untuk mengambil bibit cacing yang berkualitas.

Pemindahan Bibit Cacing Sutra

Dalam cara budidaya cacing sutra anda juga harus melakukan pemindahan bibit yang telah anda karantina sebelumnya. Bibit yang sudah siap dibudidayakan bisa langsung anda pindahkan dalam media budidaya yang telah anda siapkan sebelumnya.

Adapun cara pemindahan yang tepat dan benar agar cacing sutra anda tidak mati dalam tahap pemindahannya :

  • Anda harus melakukannya secara hati- hati karena cacing sutra mudah stress.
  • Lakukan pemindahan bibit cacing sutra menggunakan alat seperti sendok ataupun jarring ikan kecil.
  • Disarankan anda tidak memindahkan cacing sutra dengan tangan, karena suhu pada tangan anda dapat mempengaruhi kegagalan dalam budidaya cacing sutra anda.
  • Lakukan pemindahan bibit dengan cepat dan jangan mengulur waktu agar bibit tidak stress dan cepat mati.

Perawatan Cacing

Langkah – langkah perawatan cacing adalah:

  • Perhatikanlah selalu debit air yang mengalir pada media budidaya.
  • Untuk debit yang mengalir usahakan pada kisaran 5 hingga 7 cm, usahakan debit yang mengalir tidak lebih dan tidak kurang agar cacing dapat hidup dan berkembang biak dengan baik.
  • Dengan debit air yang baik untuk mengaliri media, maka kondisi oksigen dalam airpun akan terjaga dan usahakan air tidak tercemari oleh bahan- bahan kimia agar hasil panen anda berkualitas baik.

Pakan Cacing

Makanan yang biasa cacing sutra konsumsi yaitu:

  1. Berikan ampas tahu untuk makanan cacing sutra
  2. Makanan fermentasi
  3.  bisa menambahkan kotoran ayam yang sudah difermentasi terlebih dahulu dan makanan tambahan seperti sawi yang juga sudah di hancurkan dan difermentasi terlebih dahulu.

Pos terkait