Tips sukses memulai usaha bisnis Lele

  • Whatsapp

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu peluang bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. Di mana, lele adalah salah satu ikan tawar yang paling diminati, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Menjalankan bisnis ikan lele pun tidak sulit, karena ikan lele termasuk ikan yang mudah didapatkan dan cara perawatannya pun lebih mudah dibanding jenis ikan lainnya. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis budidya atau ternak lele, ikutilah beberapa tips di bawah ini agar bisnis Anda berjalan dengan baik dan lebih mudah berkembang.

Budidaya ikan lele mampu memberikan peluang luar biasa bagi anda. Ini karena pangsa pasar dan masyarakat luas telah mengenal ikan lele dengan sangat akrab. Sebagai peluang usaha yang sangat penting demi perjalanan usaha anda, maka anda harus jeli dalam memilih usaha yang tepat untuk keberlangsungan peluang yang telah dijalani.

Muat Lebih

Tips sukses memulai usaha bisnis Lele

Bisnis ikan lele cocok untuk usaha pemula maupun yang sudah berpengalaman Sumber maik banyak dan pemerintahpun mendukung melalui penelitian dan bantuan dana. Untuk lebih meyakinkan serta saling menambah wawasan.

berikut merupakan cara-cara jitu untuk memulai usaha ikan lele:

Budidaya Ikan Lele

Cara inilah yang paling tepat dengan berpeluang usaha dengan ikan lele. Dengan budidaya ikan lele, maka anda akan lebih mengerti tentang potensi ikan lele dalam lingkup pangsa pasar.

Selain itu, anda juga mampu berwawasan luas serta untung dengan ikan lele milik sendiri. Ikan lele sangat mudah di budidayakan, selain itu ikan lele juga tidak memerlukan terlalu banyak air untuk hidupnya.

Ikan lele dapat ditebar dengan benih banyak sekaligus, karena kembali lagi ikan lele dapat hidup di air tawar dengan kuantitas yang sedikit. Selain, itu modal yang perlu anda keluarkan juga tidak banyak, dan tentunya ikan lele memiliki gizi yang tinggi dibandingkan ikan-ikan lainnya.

Bisnis Ikan Lele Kolam Terpal

Dengan menggunakan terpal saja, anda sudah dapat memulai usaha budidaya ikan lele ini. Bukan hanya memudahkan jika anda belum memiliki kolam untuk budidaya ikan lele, tetapi juga membuat ikan lele dapat terhindar dari pemangsa ikan.

Kelebihan lain menggunakan teknik kolam terpal adalah seperti berikut :

a. Lebih hemat daripada kolam semen
b. Lebih mudah mengatur volume dan ketinggian air
c. Bebas dari kontaminasi tanah, ikan lebih bersih
d. Mudah membuatnya.

Memilih Bibit yang Unggul

Dalam pemilihan bibit pun Anda tidak boleh adal. Anda harus memilih bibit lele unggul yang lebih sulit terserang penyakit, sehat, dan lebih besar. Lalu apa saja ciri bibit unggul pada lele? Bibit ikan lele yang unggul akan lebih gesit dan agresif saat pemberian makan, ukuran lele terlihat sama, warna sedikit lebih terang, dan sebagainya.

Memisahkan Lele besar dan Lele kecil

Ikan lele merupakan jenis ikan kanibal atau suka memakan sesama jenis. Jadi untung menghindari risiko kematian pada lele, Anda dapat memisahkan lele yang berukuran besar dengan lele yang berukuran kecil. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir, ikan lele memakan satu sama lain.

Perhatian Kualitas Air

Lele tidak suka air jernih. Bukan berarti kita harus jorok. Warna air yng bagus untuk ikan lele adalah hijau. Artinya lele sedang berkembang. Ketika warnanya berubah merah, ikan-ikan ini siap dipanen.

Jadi, anda tetap harus merawat kebersihan air agar ikan lele berkembang dengan baik pula. Karena ikan lele bernafas dengan labirin, tidak terlalu banyak ‘boros’ oksigen, maka anda dapat memanfaatkan tanaman-tanaman air seperti eceng gondok atau talas misalnya untuk membuat keruh bagian kolam, jadi air juga tetap tidak tercemar, selain itu tanaman-tanaman air tersebut justru mampu menyerap racun-racun yang bertebaran di dalam air.

Pakan Lele

Pakan ikan lele umumnya adalah sentrat ikan atau pelet. Diberikan 3-4 kali sehari, yakni pagi sore dan malam.

Harga pakan lele yang cukup mahal merupakan biaya produksi yang patut dicari solusinya. Kita bisa menggunakan kroto (anakan kerangkang), ikan kecil, Ayam mati dari peternak unggas atau cacing sebagai pakan alami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *