Tips Sukses Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan

  • Whatsapp

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pelanggan merupakan salah satu pelaku dalam relasi berbisnis. Pelanggan bertugas sebagai pembeli, baik sebagai pembeli yang konsumtif maupun pembeli yang produktif, dalam artian produk yang dibeli akan dipasarkan kembali.

Hal yang paling utama dalam menjual produk adalah kepuasan pelanggan. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan merekomendasikan produk kalian pada orang lain. Berusaha memberikan kepuasan kepada para pelangan merupakan salah satu tugas utama bagi pelaku bisnis.

Muat Lebih

Sukses atau tidak suatu bisnis yang berjalan ditentukan oleh respon pelanggan. Karena itu, mengetahui kebutuhan konsumen dan menciptakan kepuasan pelanggan bisa dibilang cukup penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis yang ada dan menambah peluang usaha yang anda jalankan.

Tips Sukses Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan

Beberapa tips yang dapat digunakan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan diantara nya yaitu:

Meningkatkan Kualitas Produk

Hal yang paling penting dalam parameter meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu, meningkatkan kualitas produk. Baik itu produk barang maupun jasa. Berikan nilai tambah pada produk sehingga memiliki daya saing yang kuat dan tidak kalah dengan produk lain di pasaran. Hal ini penting karena mengingat semakin berkualitas produk yang ditawarkan, maka semakin kecil peluang akan mencari produk yang sama di tempat lain. Jadi, tetap jadikan kualitas sebagai prioritas. Perhatikan aspek penilaian dalam kualitas, percuma jika seandainya mendapatkan keuntungan besar tetapi setelah itu pelanggan tidak mau lagi membeli produk dengan kalian. Cukup lakukan dengan hati- hati dan teliti.

Menyesuaikan kuantitas

Selain kualitas, faktor kuantitas juga memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis. Harga memiliki peranan penting untuk menarik perhatian konsumen. Selain kualitas produk yang baik, konsumen selalu mempertimbangkan faktor harga sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk atau jasa yang kita tawaran. Karena itu, penting untuk menentukan dan menyesuaikan harga produk yang ditawarkan dengan target pasar yang ditentukan, karena hidup ini “Ada rupa, ada harga”. Bila target pasar anda kalanga menegah kebawah, maka tawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Namun bila target menengah atas, mak coba berikan produk yang paling berkualitas dengan mahalnya harga yang telah ditawarkan.

Strategi Promosi

Promosi merupakan suatu kegiatan yang menjadi saya tarik bagi para konsumen. Strategi ini dapat dilakukan untuk membuat konsumen mengunjungi bisnis kalian sesering mungkin. Kebanyakan konsumen menyukai keuntungan besar dalam berbelanja, misalkan seperti Potongan harga, Bazaar, event khusus seperti buy 1 get 1 atau memberikan bonus khusus bagi para pelanggan yang melakukan transaksi pembelian diatas nominal tertentu.

Lakukanlah penelitian terhadap strategi yang dapat menarik banyak pelanggan dengan estimasi keuntungan yang wajar.

Kemudahan Order

Dalam beberapa kasus bisnis, banyak pelanggan yang harus mengantri panjang juga produk yang harus di dapatkan dengan cara rumit. Cara mendapatkan produk inilah yang dapat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Semakin mudah produk di dapatkan maka semakin banyak penilaiannya dan tentu nilai kepuasan pelanggan akan semakin mudah di dapat.

Selain itu, untuk memudahkan pelanggan dalam membeli produk yang ditawarkan, gunakan teknologi sebagai jembatan komunikasi antara pelanggan dengan penjual, hal ini dapat memberikan kemudahan dalam hal pembayaran, pemesanan dan testominial tentunya.

Kualitas Pelayanan

Tingkat kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh tingkat kualitas pelayanan dalam penjualan maupun respon yang baik terhadap semua pelanggan. Untuk mengambil hati pelanggan, cobalah berikan pelayanan yang lebih baik dari pelayanan produk lain yang sejenis, Ubah cara bicara yang tidak baik dan perlakukan pelanggan dengan ramah. Jika pelaanan penjual baik, maka pelanggan akan puas dan memberikan kesan yang bagus untuk bisnis.

Mendapatkan sertifikat kepercayaan

Dalam menawarkan produk atau jasa baik itu dalam hal promosi dan marketing, pastikan mereka percaya dengan omongan yang kalian bicarakan. Berikan bukti kepada konsumen sebelum akhirnya merek memberikan imbal balik bagi bisnis kalian. Bila produk atau jasa berhasil memuaskan bagi perusahaan, maka konsumen akan loyal dan tidak ragu untuk memberikan rekomendasi kepada konsumen lain untuk dapat membeli produk kalian.

Pos terkait