Tips Sederhana Jitu Untuk Mengembangkan Usaha

  • Whatsapp

“Menjadi diri sendiri”Itulah yang diajarkan oleh mendiang bob Sadino kepada calon pengusaha dan orang – orang yang berani bermimpi untuk menjadi bos di perusahaan yang dibangun sendiri.

Tren perkembangan bisnis tiap tahunnya terus berkembang dengan pesat ke arah yang lebih positif. Semakin berkembang nya usaha,semakin bertambah kebutuhan pasar yang diinginkan pelanggan.

Muat Lebih

Mengembangkan usaha kecil agar menjadi besar itu tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, seorang pengusaha haruslah berusaha dengan sangat keras dan kompeten dengan usaha yang dimiliki. Resiko lain dari mengembangkan bisnis ini yaitu mereka meninggalkan urusan pribadi demi perkembangan bisnis, kunci nya yaitu jadilah seorang pebisnis yang bekerja keras, cerdas dan pantang menyerah.

Selain bisnis yang besar, bisnis kecil pun memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis nya. Hal yang perlu dilakukan pun relatif sama, mereka harus berjuang dan menerapkan skill yang baik agar usahanya berhasil dan besar. Hal tersebut tidak mulus begitu saja, harus dipelajari dan di fahami sebelum benar-benar diterapkan.

Tips Sederhana Jitu Untuk Mengembangkan Usaha

Tips Sederhana Jitu Untuk Mengembangkan Usaha diantara nya yaitu:

Membangun Strategi Bisnis

seseorang maupun suatu perusahaan yang menjalankan bisnis tentunya harus memiliki strategi usaha, tujuan nya yaitu agar usaha yang dijalankan memiliki arah yang lebih maju. Selain itu, pengelolaan bisnis yang baik juga membantu perusahaan untuk tetap berdiri dalam setiap cobaan tertentu.

Diluar sana masih banyak sekali orang yang ingin mencoba bisnis baru, dan banyak juga yang ingin mempertahankan bisnis mereka

Membangun bisnis berarti siap dengan menyusun langkah tertentu dalam berbisnis. Tips membangun strategi bisnis yang baik yaitu:

  • Berfikir kritis untuk meningkatkan produktivitas
  • Berani mengambil resiko walaupun perusahaan kecil sekalipun
  • berfikir terbuka untuk memulai ide bisnis tertentu
  • Orisinil dan optimis dalam ide krearitf yang berbeda dengan orang lain.

Rencanakan keuangan dengan baik

Mengelola keuangan adalah salah satu hal penting yang harus difikirkan saat ingin memulai bisnis. Perlu kita ketahui bahwa masih banyak para pebisnis yang mengalami kerugian akibat tidak mampu dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik. Hal – hal yang dapat dipelajari dalam mengelola keuangan diantara nya yaitu:

  1. Menentukan besaran nominal yang akan digunakan untuk operasional bisnis, jangan lupa untuk menghitung target persen laba yang ingin di capai dan berapa persen uang yang digunakan untuk pengembangan bisnis.
  2. Melakukan negosiasi dengan vendor dan supplier dengan baik, jangan lupa untuk memeriksa syarat pembelian, denda dan masa enggang saat pembuatan keputusan akhir.
  3. Bayarlah tagihan bisnis tepat waktu, bila perlu siapkan pengingat bulanan untuk memastikan tidak ada tagihan yang jatuh tempo.

Manfaatkan Sosial Media

Mengembangkan perusahaan berhubungan erat dengan kegiatan promosi yang biasanya dilakukan oleh para pebisnis. Media sosial merupakan salah satu modernisasi yang telah mengubah kebiasaan hidup masyarakat. Menggunakan media sosial, dapat membantu penyebaran informasi yang ada pada bisnis kalian, bahkan para pengguna media sosial bisa membentuk ruang publik dimana masyarakat bebas mendeskripsikan maupun memilih sesuatu yang mereka suka dan tidak suka.

Cara untuk menetapkan media sosial sebagai langkah untuk strategi pemasaran yaitu:

  • jawab semua pertanyaan customer potensial
  • Bersiap untuk meminta maaf jika terdapat customer mengalami masalah di media sosial terkait bisnis kalian
  • Manfaatkan media sosial sebagai penunjang bisnis online
  • Menjaga hubungan baik dengan menerima kritik dan saran

Pilih Lokasi bisnis yang tepat

Lokasi merupakan salah satu aspek penting dalam usaha. Jika kalian ingin mengembangkan usaha, ada baiknya dimulai dari tempat usaha. Adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. semakin strategi usaha yang dipilih, maka akan semakin tinggi penjualan dan pengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha.

Beberapa faktor yang harus kalian perhatikan dalam mempertimbangkan strategi memilih lokasi bisnis yaitu:

  1. Mengamati tingkat keramaian baik pengendara maupun pejalan kaki yang lewat. Sesuaikan jenis usaha dengan para konsumen yang lalu lalang dilokasi tersebut.
  2. Sesuaikan dana dengan lokasi yang dipilih berdasarkan tingkat strategis
  3. Pilihlah lokasi usaha yang tingkat kompetisinya penjualan produknya rendah
  4. Pilih lokasi dengan tingkat keamanan yang mendukung untuk menambah kenyamanan para konsumen.

Hal yang sangat sederhana akan mencptakan suatu yang besar jika dijalani dengan ketekunan dan penuh tanggung jawab. Salam Pebisnis!

Pos terkait