Tips Promosi Usaha Melalui Whatsapp

  • Whatsapp

Bisnis Online kini memang semakin Viral. Trendingnya semakin naik dan terus naik apa lagi di tahun ini. Tapi masalahnya yang sering di tanyakan adalah: Bagaimana sih tehnik dan cara jualannya ?

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. 

Muat Lebih

Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Saat ini, whatsapp merupakan aplikasi chat yang banyak digunakan di Indonesia. Apakah bisa Whatsapp digunakan untuk bisnis online?

Jawabannya tentu saja bisa, alasannya adalah bahwa banyak pelanggan mungkin yang sudah menggunakannya. Namun dalam wahtsapp, tidak ada fitur khusus untuk bisnis. Nah, disini peran kreasi otak bermain, dengan menggunakan pendekatan pemasaran.

Tips Promosi Usaha Melalui Whatsapp

Penting untuk mengembangkan strategi WhatsApp Anda di samping strategi pemasaran aplikasi messenger umum Anda . Ada beberapa keterbatasan yang perlu dibahas saat mengembangkan strategi pemasaran WhatsApp, yaitu:

  1. tidak ada yang namanya akun bisnis, jadi jika Brand Anda membuat akun, akun itu menghadapi keterbatasan yang sama seperti pengguna lainnya.
  2. Anda hanya bisa mengirim pesan kepada maksimal 256 pengguna WhatsApp, ini bukanlah pilihan yang tepat untuk pemasaran satu kali secara besar-besaran.

Meski kedengarannya simple dan praktis, menggunakan media sosial sebagai media pemasaran tak semudah yang anda bayangkan. salah satunya adalah berbisnis online via whatsapp. Belakangan ini banyak orang yang mulai melirik whatsapp sebagai media bagi mereka untuk memasarkan produknya.

Jika sudah memutuskan untuk memulai bisnis online, maka anda harus menyiapkan strategi yang matang agar semakin banyak konsumen yang memesan produk yang anda jual. Berbisnis online bukan sekedar posting asal – asalan lho yaa. Sebelum membahasa cara promosi yang benar di Whatsapp, ada perlu nya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan nya. Diantara nya yaitu:

Kelebihan WhatsApp

  1. Kontak telepon otomatis tersinkron
  2. Cara kerja aplikasi chatting ini sangat mudah, bahkan untuk pemula. Syarat pendaftaran juga hanya menggunakan nomor telepon yang digunakan.
  3. Pengguna Whatsapp dapat mengganti background chat. Jadi pengguna tidak akan merasa bosan dengan tampilan aplikasi WA. Selain itu, bunyi ringtone dapat diatur menjadi MP3 yang diinginkan sebagai notifikasi pemberitahuan.
  4. Dapat back up percakapan dengan mudah

Kekurangan WhatsApp

  1. Aplikasi WA merupakan salah satu aplikasi yang paling sering meminta update. Meskipun, setiap versi terbaru yang ditawarkan memberikan fitur inovatif, namun ini cukup merepotkan pengguna.
  2. Semakin baru versi WA yang digunakan, maka akan semakin besar pula volume data yang harus disimpan

Jadi kalian yang ingin mencoba memulai bisnis di media sosial ini tidak perlu khawatir karen kekurangan yang ada pada WhatsApp tidak sepenuhnya merugikan pengguna. Tips Promosi Usaha Melalui Whatsapp yaitu:

Simpan banyak teman di kontak Whatsapp

Semakin banyak teman yang Anda kenal dan miliki, maka peluang agar produk Anda dapat terjual juga akan semakin besar juga. Mengapa ? Karena teman teman Anda di WhatsApp juga akan mencoba menjadi pelanggan bahkan reseller atas barang produk Anda.

Target Market

Jika Anda memiliki ribuan database nomor whatsapp, jangan senang dulu. Penting untuk mengetahui target Anda, sehingga promosi yang dilakukan akan tepat guna dan menghasilkan keuntungan maksimal. Pilih pengguna yang konsumtif diantara yang tidak konsumtif agar mereka tidak hanya tau produk anda.

Buat Grup WhatsApp

Memiliki grup pada WhatsApp Anda akan semakin memperluas jaringan bisnis online. Tidak jarang, dengan sarana grup, konsumen jadi lebih mudah berdiskusi atau berkomunikasi, memberikan saran atau komentar. Bahkan, mereka bisa menyampaikan keluhan secara langsung untuk mendapatkan solusinya.

Konten yang inovatif

Menjual barang atau jasa butuh proses untuk meyakinkan calon konsumen. Jangan terburu-buru dan pergunakan waktu Anda untuk membuat konten yang berkualitas.

Konten untuk di bagikan melalui whatsapp harus bervariasi jangan hanya sekedar berjualan (hard selling)

Bangun kesadaran (awareness) akan pentingnya produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kemudian tunjukkan keunggulan maupun fitur andalannya. Baru Anda dapat mengirimkan konten bernada promosi.

Pos terkait