Tips Promosi Usaha Makanan di Media Sosial

  • Whatsapp

Usaha makanan memang merupakan sebuah usaha yang tak akan pernah ada hentinya. Selagi masih ada manusia maka usaha ini akan terus berkembang. Sementara itu, jumlah manusia terus bertambah dari tahun ke tahun.

Jadi, Artinya peluang usaha makanan akan selalu ada dan memiliki variasi yang sangat banyak. Namun apa yang perlu menjadi catatan adalah selain Anda jago memasak, Anda juga harus jago promosi. Ini hal penting yang harus selalu Anda pelajari secara konsisten. 

Muat Lebih

Tips Promosi Usaha Makanan di Media Sosial

Promosi online adalah yang penting dalam peningkatan penjualan produk bisnis anda. Promosi online alias yang sering disebut marketing online adalah kunci utama kesuksesan sebuah bisnis online. Manfaatdari promosi online yaitu:

  1. Memberikan kenyamanan
  2. Jangkauan promosi yang lebih luas
  3. Efisiensi biaya operasional
  4. Kebebasan yang tidak terbatas
  5. Membangun hubungan yang baik dengan konsumen

Ada suatu ungkapan, kurang lebihnya bahwa arus kas yang masuk sejalan dengan seberapa banyak berkomunikasi marketing yang keluar alias berhadapan dengan konsumen. Karena komunikasi adalah inti marketing. Karena memang bila melakukan strategi marketing maka titik tekanannya adalah di komunikasi.

Dalam berkomukasi dengan pelanggan, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

  • Empati
    Empati bisa memudahkan kita dalam merumuskan pesan-pesan yang sesuai dengan karakteristik pelanggan, sehingga calon pelanggan bisa dengan mudah menerima produk yang kita buat dan bisa dengan mudah memahami manfaatnya untuk dirinya
  • Menguasai Produk
    Kalian harus menguasai produk yang dijual agar mereka bisa melakukan komunikasi marketing dengan baik.
  • Menyampaikan keunggulan Produk
    Keunggulan produk adalah hal utama yang perlu disampaikan karena pelanggan pastinya ingin membeli produk karena mereka ingin mendapatkan manfaat dari produk tersebut
  • Tidak menggunakan bahasa yang kasar
    Bahasa yang kasar merupakan salah satu hal yang semestinya dihindari dalam melakukan komunikasi, baik komunikasi bisnis atau pun tidak, terlebih apabila komunikan yang dihadapi adalah orang yang memiliki kultur sangat menghargai kesopanan, dan lain sebagainya

Adapun Tips Promosi Usaha Makanan di Media Sosial yang dapat kalian gunakan yaitu:

Konsisten Menjaga Kualitas Rasa

Mempertahankan kualitas yang sudah diciptakan sejak awal merupakan hal yang harus tetap dijaga. Kita pasti pernah bertemu dengan usaha makanan yang tidak konsisten dengan rasa makanan yang dijual ketika konsumen mereka sedang ramai. Ini bukan hal yang bagus karena akan membuat kecewa pelanggan.

Membuat Program Diskon

Pada momen-momen tertentu, sebagian orang akan berbelanja lebih banyak dari sebelumnya. Misalnya pada hari Raya Idul fitri atau hari Raya lainnya. Buatlah program diskon pada momen-momen penting tersebut untuk menarik lebih banyak orang untuk berbelanja kuliner Anda.

Meningkatkan brand awareness

Strategi jitu lainnya yang dapat meningkatkan penjualan produk Anda. Biasanya pengusaha besar menggunakan iklan dengan jumlah yang banyak melalui media online maupun televisi. Ada juga yang memanfaatkan kegiatan bazaar atau event lainnya sebagai ajang iklan.

Bedakan produk Anda dengan kompetitor

Jadi pastikan bahwa produk Anda merupakan produk pilihan terbaik. Cara ini dapat membuat konsumen lebih memilih produk Anda ketimbang pesaing Anda. Silahkan Anda buat strategi tersendiri agar produk Anda mampu bersaing dari yang lain.

Buat slogan

Buat slogan yang cocok dengan produk Anda, carilah kata yang paling sederhana atau kata yang lazim digunakan yang sesuai dengan produk. Anda bisa belajar membuat slogan dari perusahaan makanan terkenal.

Bergabung dengan Komunitas Online

Ada baiknya bila bergabung dengan komunitas yang masih relevan dengan bisnis Anda. Dengan memiliki komunitas yang aktif, kegiatan saling berbagi informasi antar anggota akan memberikan peluang baru bagi Anda.

Demikianlah beberapa cara promosi usaha makanan yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan. Lakukan hal-hal yang paling berpengaruh pada bisnis kuliner Anda, lakukan dengan konsisten dengan memberikan sentuhan inovasi.

Pos terkait