Tips Promosi Online Melalui Instagram

  • Whatsapp


Instagram merupakan salah satu media sosial yang awal mula nya hanya digunakan user sebagai sarana membagi momentum menggunakan gambar atau video. Saat ini instagram juga telah banyak digunakan sebagai sarana pemasaran online shop mulai dari bisnis pemula sampai dengan yang berpengalaman.

Instagram merupakan media sosial yang melahirkan online shop yang berkualitas dalam artian mereka membangun interaksi dengan konsumen langsung.

Muat Lebih

Sebenarnya, Proses marketing di Instagram sedikit berbeda dengan marketing online di media sosial lainnya. Salah satu penyebabnya adalah fitur utama instagram itu sendiri. Oleh karenanya, perilaku penggunanya pun berbeda. Orang-orang yang aktif di instagram adalah mereka yang senang melihat konten dalam bentuk foto-foto. Kalaupun ada akun publik yang berbagi artikel, pasti akan dibuat dalam bentuk foto.

Tips Promosi Online Melalui Instagram

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah tidak memperhatikan foto yang diunggahnya. Bukan hanya ketajaman tapi juga kenyamanan foto tersebut saat dipandang, akibat objek terlalu zoom sehingga memenuhi frame post.

Lalu bagaimana cara pemasaran online di instagram yang benar? Caranya yaitu:

Gunakan Username yang Berkaitan dengan Produk

Usahakan dua kata pertama adalah kata kunci produk Anda. Tujuannya agar profil akun jualan Anda mudah ditemukan oleh orang lain ketika mengetikkan di kolom pencarian.

Akan tetapi jika Anda sudah memiliki brand sendiri, entah itu merk produk maupun nama toko Anda. Boleh-boleh saja menulis username dengan nama brand sendiri.

Gunakan caption jualan laris manis

Caption adalah teks yang memberikan keterangan dari foto yang Anda unggah di Instagram. Caption memperkuat makna dari foto, dan memungkinkan Anda menyisipkan pesan yang dapat membangun interaksi lebih banyak.


Salah satu cara menulis caption, jika Anda memposting foto produk adalah dengan tidak perlu menyebutkan harganya. Namun ini bukanlah faktor utama, karena fungsi caption itu sendiri adalah memperkuat foto. Jadi, bisa saja Anda tetap menuliskan harga dan mendapatkan banyak interaksi jika produk yang di unggah memiliki kualitas foto baik.

Gunakan hastag (#)

Di Instagram, hashtag penting untuk memasukkan postingan kamu kedalam kategori-kategori yang terdapat di seluruh postingan Instagram, baik di dalam maupun luar Indonesia.

Dengan menyertakan hashtag, para Instagram user akan lebih mudah menemukan postingan kamu diantara tumpukan 300juta gambar dari para user yang mengupload di IG.

Caranya mudah, cukup mengetik tanda pagar (#) setelah “caption” gambar yang telah kamu ambil, maka akan muncul kategori sesuai jumlah post yang telah memakai tagar tersebut.

Posting Secara Konsisten

Dengan melakukan posting secara konsisten, maka akun IG bisnis kamu akan dilihat niat dalam berinteraksi dengan followers yang telah kamu dapatkan.

Selain itu, kamu akan terlihat eksis di dunia Instagram. Sebenarnya lebih dari itu, dengan sharing postingan konsisten setiap hari, para followers akan merasa kamu akan selalu ada untuk mereka.

Posting di waktu yang tepat

Kapan waktu yang tepat untuk posting di Instagram? Mengunggah gambar dan video di Instagram perlu memikirkan waktu terbaik agar mendapatkan perhatian dan respon yang tinggi dari audiens. Siang hari antara jam 12 – 2 menjadi waktu yang bagus untuk menggunggah foto/video online shopkamu. Sore hari sekitar jam 5-an merupakan waktu yang sangat ramai dan bisa dimanfaatkan untuk meng-update foto produk.

Bangun Relasi dengan Akun Sejenis

Jika akun IG kamu adalah olshop lingkup Fashion Wanita, maka bangun relasi dengan artis-artis fashion wanita di Instagram, kamu harus mulai cari-cari siapa saja mereka.

Membangun relasi bisa dengan mengomentari pada tiap postingan mereka, tapi ingat komentar yang berhubungan dengan postingannya dan bukan SPAM.

Berikan Promosi Khusus 

Hal ini berlaku disetiap social media, yaitu dengan promosi khusus baik itu Discount atau Free Item yang memberlakukan syarat didalamnya.

Bisa dengan harus LOVE postingan terlebih dahulu, Follow dulu, dan pastikan ada syarat Re-Gram yaitu semacam retweet pada twitter dan share pada Facebook. Ada aplikasi khusus agar kamu bisa Re-Grampostingan akun IG lain.

Pos terkait