Tips Pemasaran Usaha Bengkel Motor

  • Whatsapp

Motor merupakan kendaraan roda dua yang saat ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. motor merupakan salah satu kendaraan yang dapat digunakan untuk bepergian ke suatu tempat baik tempat dengan jarak yang dekat bahkan jarak jauh.

Dalam pemeliharaan motor roda dua, dibutuhkan kemampuan khusus mengenai pemahaman peralatan motor seperti mesin, statter, roda dan lain sebagainya. Untuk beberapa orang khusus nya wanita, cenderung hanya dapat menggunakan motor tanpa tau komponen di dalamnya sehingga jika tejadi keruskan tidak dapat memperbaiki sendiri.

Muat Lebih

Seperti yang sudah kita ketahui, bengkel merupakan suatu tempat service yang biasa pengendara roda dua datangi jika terjadi kendala seperti ganti oli, isi angin ban, memperbaiki mesin dan kendala lainnya. Cara menjalankan usaha bengkel sepeda motor teorinya memang gampang. Prakteknya yang lumayan susah.

Banyak kisah jatuh bangun dari pengusaha bengkel waktu mulai membuka. Sepi pelangan, komplain, montir berhenti kerja secara tiba – tiba adalah contoh tantangan yang harus dihadapi dalam dunia usaha perbengkelan. Namun siapa sangka bahwa prospek bisnis dalam bidang otomotif ini memiliki peluang yang besar.

Tips Pemasaran Usaha Bengkel Motor

Semua masalah dan tantangan pasti ada jalan keluarnya, solusi salah satu nya untuk mengembangkan usaha bengkel motor supaya laris yaitu ramai pelanggan. Pemasaran adalah hal yang penting dalam membangun suatu usaha.

Jika teknik pemasaran bengkel sesuai dengan kriteria pelanggan, maka bisa dipastikan bengkel motor tidak akan sepi dari pelanggan. Tips pemasaran bengkel motor yang dapat diterapkan yaitu:

1. Utamakan Kepuasan Pelanggan

Berikan pelayanan yang terbaik. Buat konsumen merasa cocok dengan hasik kerja kita, jika pelanggan puas makan akan jadi pelanggan tetap dan dia merekomendasikan bengkel kita kepada orang lain. Makin banyak pelanggan tetap, dan bengkel kita akan semakin terkenal. Hal ini tergantung bagaimana cara untuk memenuhi kriteria sebagai bengkel motor yang bagus, seperti:

  • Kecepatan, sehingga pelanggan tidak menunggu terlalu lama
  • Ketepatan, memiliki montir yang handal dengan memasang komponen yang tepat
  • Keramahan, melayani pelanggan dengan senyum, sapa salam dan kata – kata yang sopan.
  • Kenyamanan, Atur ruang tunggu yang nyaman sehingga pelanggan betah untuk menunggu motor yang sedang di service.

2. Berikan nilai lebih pada konsumen

Jadilah orang yang loyal terhadap pelanggan setia. Hal ini menjadikan tidak ada celah bagi pesaing untuk merebut pelanggan kita dengan cara:

  • terapkan bengkel serba bisa dengan mampu memperbaiki segala jenis merk motor.
  • Harga sesuai di semua kalangan, jangan terlalu mematokkan harga yang mahal.
  • Berikan garansi terhadap komponen yang penting,umumnya garansi diberikan 1 minggu sampai 1 bulan.
  • Sediakan perlengkapan dan peralatan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan semua konsumen

3. Merancang brosur yang menjelaskan keuntungan produk

Sediakan brosur kepada pelanggan , brosur dapat berisi mengenai jenis peralatan yang diinginkan dengan variasi yang berbeda. Jangan lupa untuk memberikan uraian jelas mengenai produk yang ditawarkan. Dengan begitu, pelanggan dapat memilih jenis peralatan yang diinginkan lengkap dengan warna yang diinginkan. Selain memberikan uraian jelas produk, dapat juga diberi tambahan harga pemasangan produk sehingga pelanggan dapat mengestimasikan biaya total.

4. Memasang iklan di media cetak

Iklan merupakan salah satu teknik pemasaran yang banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan produk. Gunakan iklan koran untuk menarik pelanggan dan memperkenalkan bengkel kepada banyak orang. Dengan begitu, pelanggan akan bertambah baik yang hanya datang sekali maupun pelanggan tetap dan dipastikan dapat meningkatkan pendapatan.

5. Memasang papan penunjuk yang megarahkan ke bengkel

Beberapa pengendara motor mengalami kendala saat bepergian, hal ini merupakan diluar kendali pengendara contoh nya ban bocor di tengah perjalanan. Dengan adany apapan penunjuk, pengendara dapat menuju ke bengkel membawa motor yang butuh perbaikan. Papan penunjuk sangat berguna jika dipasang di beberapa tempat atau jalan.

8. Memberi diskon

Berikan diskon kepada pelanggan yang sering berunjung. Untuk beberapa momen, berikan cendera mata berupa kaos, topi, mug, atau gantungan kunci untuk memanjakan pelanggan agar mendapatkan keuntungan yang lebih. Diskon juga dapat berupa potongan harga terhadap komponen – komponen sepeda motor. Dengan begitu, pelanggan merasa nyaman dan suka dengan pelayanan kita.

Pos terkait