Tips Pemasaran Untuk Bisnis Kerajinan Tangan

  • Whatsapp

Strategi pemasaran produk sering kali dilupakan oleh beberapa kalangan wirausahawan karena mereka lebih memperhatikan besarnya keuntungan daripada pemasaran, padahal sebenarnya teknik pemasaran yang baik akan mendapatkan keuntungan yang besar seimbang dengan perputaran dana yang ada di perusahaan tersebut.

Kebanyakan perusahaan gagal karena tidak menerapkan strategi marketing yang baik, padahal kalau kita tahu dan merencanakan sedikit tentang strategi pemasaran justru akan membantu kita dalam perjalanannya menuju tujuan yang telah dibuat dari awal.

Muat Lebih

Tips Pemasaran Untuk Bisnis Kerajinan Tangan

Apalagi perusahaan dengan persaingan yang ada selalu memunculkan produk dan inovasi terbaru untuk tetap melanjutkan keberlangsungan keuangan perusahaan, dengan adanya hal tersebut maka perusahaan harus memperkenalkan produk mereka ke konsumen dengan teknik strategi pemasaran produk yang baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan strategi yang tepat.

Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Tangan diantaranya yaitu:

Kenali produk anda

anda harus mengenali produk kerajinan tangan yang anda buat dan apa yang sedang banyak dicari masyarakat. Misalnya anda tahu cara membuat gantungan kunci dan gantungan kunci ini sering dicari para wisatawan lokal atau domestik sebagai oleh-oleh, maka anda dapat membuat gantungan kunci dan menjualnya.

Jika anda membuat kerajinan tangan yang memiliki sebuah nilai seni seperti lukisan atau patung, maka sebaiknya anda mengerti tentang nilai seninya. Misalnya saja anda membuat suatu bentuk kerajinan tangan berupa lukisan, maka anda harus dapat bercerita tentang isi dari lukisan tersebut.

Promosi

Untuk memperkenalkan produk-produk anda, tentunya anda harus mempromosikannya ke masyarakat luas. Strategi marketing yang satu ini dapat dengan mudah anda lakukan di jaman kemajuan teknologi seperti sekarang. Anda dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi anda dengan membuat blog atau website mengenai bisnis anda.

Media sosial seperti facebook atau instagram yang bisa memberikan tampilan visual juga bisa anda gunakan agar orang dapat melihat hasilnya secara langsung. Di samping itu anda juga dapat melakukan promosi melalui media lainnya seperti iklan di tv, radio, atau surat kabar.

Memanfaatkan media online

Memasarkan produk melalui media online sangatlah efektif. Selain murah cara ini juga lebih efektif dan efesien untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Ada beberapa cara untuk mempromosikan produk melalui media online, misalnya membuat blog toko online, atau melalui akun media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram.

Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk bergabung ke dalam forum-forum online yang memungkinkan kamu untuk mmenjalin hubungan secara lebih luas, hal ini akan memudahkanmu dalam pemasaran produk.

Mengikuti berbagai bazar

Bisnis rumahan tidak akan bisa berkembang menjadi besar bila kamu hanya duduk diam saja di rumah tanpa melaukan usaha apapun. Salah satu strategi pemasaran untuk mengenakan produk kamu adalah dengan megikuti pameran atau bazar.

Dengan mengikuti bazar kamu mempunyai kesempatan untuk memamerkan produk rumahan kamu. Selain itu dengan mengikuti pameran kamu bisa membangun relasi untuk mengembangkan produk buatanmu.

Pahami selera pasar

Banyak pelaku usaha kerajinan tangan mempunyai idealism tinggi dan akhirnya terjebak dalam produk si yang kurang sesuai dengan selera pasar. Jika anda masih berorientasi pada keuntungan, anda perlu memahami juga selera pasar juga kebutuhan pasar, termasuk memahami gerakan trend yang ada.

Kemudian suntikkan pengetahuan ini dalam porsi wajar pada produk kerajinan yang anda buat. Jangan buat kreasi anda terlalu pasaran sebab akhirnya produk anda tidak istimewa, justru idealisme ini membuat produk anda berbeda dan istimewa.

Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Tangan

Itulah beberapa tips strategi pemasaran produk kerajinan tangan yang dapat anda terapkan dalam usaha anda, mungkin bagi sebagian pengusaha dalam menentukan strategi pemasaran produk berbeda-beda, itu semua tergantung dengan bagaimana kita memahami arah tujuan dari perusahaan yang kita jalankan.

Peluang usaha kerajinan tangan ini bisa menghasilkan pendapatan yang optimal jika di tekuni dan di kerjakan dengan sungguh-sungguh. Selamat mencoba strategi pemasaran ini ya. Salam suskses.

Pos terkait