Tips Mencari Kerja di Internet Paling Jitu

  • Whatsapp

Kita sudah mengetahui bahwa mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak telah di lindungi dan diatur dalam undang – undang. Apapun jenis kegiatan yang dikaitkan dengan istilah pencarian adalah suatu pekerjaan yang amat sangat menjenuhkan dan membosankan.

Dalam kenyataan yang dihadapi oleh para pencari kerja saat ini, besarnya jumlah angka pencari kerja lebih banyak dibandingkan jumlah lowongan kerja yang tersedia masih sangat sulit. Dan penerapan pencari kerja di semua daerah memiliki persaingan yang ketat.

Muat Lebih

Melihat perkembangan tenaga kerja baik fresh graduate maupun tenaga kerja lama, dimana mereka lulus dari jenjang pendidikannya, masih saja belum bisa mandiri. Dalam praktiknya, masih ada yang mencari kerja kesana kemari hasilnya pun belum bisa dipastikan. Bahkan kebanyakan dari mereka gagal mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan bahkan terkadang menyimpang dari background pendidikan yang telah dipelajari di dunia pendidikan.

Tips Mencari Kerja di Internet Paling Jitu

Di era serba teknologi saat ini, platform lowongan kerja online memang banyak bermunculan. mulai dari situs pencari lowongan kerja yang sudah ada sejak tahun 2000-an seperti JobStreet, Urbanhire, KarirPad dan masih banyak lagi. Dan karena banyak nya situs yang menyediakan jasa lowongan kerja, tidak ada data yang relevant mengenai jumlah user atau pencari kerja yang telah mendapatkan kerja dari lowongan yang disediakan oleh situs.

Beberap orang yang mencari kerja di internet memasukkan kata kunci sesuai dengan domisili tempat mereka tinggal. Cara tersebut sudah benar, namum tingkat akurat lebih rendah sehingga kalian harus membuka halaman demi halaman web. Ada beberapa tips yang dapat diterapkan, dengan harapan kalian bisa dengan mudah menemukan lowongan kerja yang tepat tanpa menghabiskan waktu berjam – jam hanya untuk membuka halaman situs di daerah kalian.Tips mencari kerja di interet paling jitu diantara nya yaitu:

1. Jauhi Situs Pishing

Pishing merupakan penipuan dimana seseorang mengirimkan kalian sebuah pesan atas nama suatu situs atau mengatas namakan perusahaan terkemuka lainnya dan mendapatkan username, password atau kartu kredit anda. Pesan yang kalian terima akan terlihat sangat meyakinkan dan serng menyerupai organisasi resmi dalam bentuk email, sms atau media sosial lainnya.

Ciri-ciri dari percobaan pishing yaitu:

  • Pengirim tidak menyapa menggunakan nama anda
  • Sering terdapat pengejaan kata yang salah
  • Terkesan mendesak dan membutuhkan perhatian mendadak dari kalian
  • Alamat pengirim pesan sering terlihat aneh dan mencurigakan

2. Cari situs resmi lowongan kerja pada perusahaan

Hal yang tepat adalah melakukan pencarian dan memutuskan apakah kalian akan mengirim lamaran melalui situs resmi perusahaan secara online yang disediakan legal dari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Biasanya, dalam situs perusahaan yang resmi tidak memiliki perantara dalam pemanggilan tahap selanjutnya sehingga tingkat keamanan akan lebih akurat.

3. Ikuti situs online terpercaya

ikuti informasi terbaru dalam situs yang terpercaya. Gunakan kata kunci “site:nama situs”, hal ini akan membuat hasil pencarian 100% akurat ke situs yang anda tuju sehingga memudahkan anda melakukan pencarian tanpa menghabiskan waktu lama.

4. Buat CV yang menarik

CV (Curriculume Vitae) adalah salah satu komponen yang harus ada dalam melamar pekerjaan baik online maupun offline. Dalam mengirim CV atau lamaran, usahakan agar mengisi informasi selengkap-lengkapnya yang dapat mencerminkan kepribadian dan kemampuan kalian, misalnya pada pengalaman kerja yang dapat menunjang kemampuan kalian dan latar belakang pendidikan yang jelas, juga informasi alamat yang mungkin dibutuhkan bagi perusahaan tempat anda melamar.

Ketika mengirim resume tersebut, pastikan telah disusun dengan benar dan rapi. Pembuatan resume yang menarik dan sempurna akan memudahkan perusahaan menelaah kemampuan kalian, untuk itu kalian harus mempelajari sedikit ilmu desain.

Jangan menghabiskan biaya operasional online di tempat kerja yang tidak kalian inginkan. Pilihlah dengan bijak jenis lowongan kerja yang sesuai dengan bidang kalian.

Bagaimana? Mudah bukan? Jailah pencari kerja yang bijak dengan menelaah segala hal yang berkaitan informasi palsu atau asli. Jangan tergesa-gesa dalam pengambilan keputusan. Mendapatkan pekerjaan adalah suatu hal yang membahagiakan, tapi lebih baik mendapakan yang tepat daripada menghabiskan waktu dengan yang belum pasti.

Pos terkait