Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

  • Whatsapp

Tidak ada yang sia – sia di dunia ini termasuk dalam menjalankan bisnis. I think that’s positive living kalo temen – temen netizen khusus nya kaum remaja bisa menjalankan bisnis tanpa bantuan orang tua. artinya, kita bisa hidup mandiri dan be a good people di era yang susah banget untuk nyari kerja, bahkan gak menutup kemungkinan kalian semua bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Gimana? udah kefikiran belum .

Temen – temen juga harus tau nih, bisnis gak melulu harus ngeluarin modal yang besar dan serba ngebutuhin biaya. Contohnya Bisnis Online. Nah, bisnis online ini bisa diartikan sebagai kegiatan yang segala aktvitas nya dilakukan melalui internet. Salah satu tujuan menjalankan bisnis online yaitu untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang dapat dikerjakan di waktu luang (diluar kerjaan utama). Gimana? udah nambah kefikiran belum untuk membangun usaha sendiri melalui bisnis online yang dapat djadikan sebagai salah satu sumber penghasilan.

Muat Lebih

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula
Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memulai bisnis online biar usaha yang kita lakukan bisa dijalankan, yaitu:

“Business Knowledge”

Untuk temen – temen yang masih pemula harus tau dulu nih yang di maksud bisnis online secara luas. bisa dibuat kesimpulan bahwa usaha yang dijalankan menggunakan media internet bisa dikatakan bisnis online. Contoh, kita sudah punya bisnis kecil – kecilan yang masih offline, masih sedikit teman – teman yang belum tau produk apa aja yang kita perjual belikan. Usaha kalian bisa di promosikan melalui media internet. Otherwise, ketika kita ingin fokus membangun website untuk development (pengembangan) yang berpeluang dikunjungi banyak orang, kita bisa pasang advertisement di Blog orang lain untuk mempromosikan website kita, ini juga bisa dibilang sebagai bisnis online. Oke sekarang pada faham apa itu bisnis online ?

Langkah awal yang bisa di contoh untuk para pemula untuk emulai bisnis online antara lain:

  1. Open your mind, buat mindset bisnis yang bener – bener punya target.
  2. Buat planning bisnis yang mau di jual.
  3. Buat toko online melalui media sosial bahkan bisa bangun website khusus bisnis online.
  4. Buat promosi mengenai produk yang dijual.

Tahapan diatas cenderung banyak di lakukan oleh orang yang mau mulai bisnis, penjabaran lebih jelas nya kita kupas sekarang juga. don’t go anywhere..

First ” Open your mind , buat mindset bisnis yang benar”

Ketika anda memutuskan untuk membangun bisnis online, pastinya ada hal – hal yang harus diperhatikan, contoh:

  1. Modal
  2. Produk
  3. Target pasar
  4. Strategi pemasaran
  5. Inovasi dan Tren bisnis

maka dari itu, harus perbaiki mindset anda. Ada yang bilang kalo faktor kesuksesan suatu bisnis itu 96% ditentukan oleh kualitas Owner nya. Dan itu benar, hal – hal kaya gini itu sifatnya gak banyak teori. Karena jarang manusia itu bisa ahli dalam semua bidang.

Second ” Buat planning bisnis “

Sebelum memulai nama nya bisnis online, kalian harus tau apa yang mau dijual. Fikirin kira – kira produk yang mau ditawarkan ke orang lain lewat media online. Kalo ada yang masih bingung mau jual apa, ada resepnya nih. Tips cara menentukan produk yang akan dijual yaitu:

  1. Cari tau apa yang dibutuhkan oleh masyarakat luas dan orang – orang disekitar anda.
  2. Buat solusi dari permasalahan orang – orang sekitar dengan menjual produk yang dibutuhkan.
  3. Jadikan solusi yang anda berikan sebagai bentuk transaksi yang saling menguntungkan.

Kebanyakan orang salah langkah dengan terlalu fokus pada produk, bukan pada kebutuhan masyarakat. Disini, kalian bisa lakukan riset produk ke marketplace lain. untuk jenis produknya bisa berupa produk fisik (Contoh: Kebutuhan mandi, aksesoris, peralatan dapur, interior rumah dan lain – lain), jasa (contoh: agen travelling, rental mobil, pembayarn tiket dan lain lain) maupun digital (ebook, kursus online, penjualan software dan lain – lain).

thrid “Buat toko online atau website”

Selanjutnya kita harus mempromosikan supaya orang lain tahu, dan menjualnya agar kita mendapatkan penghasilan. Untuk itu, kita membutuhan sarana, atau dengan kata lain tempat untuk berjualan. Nah, keuntungan menjual lewat internet ini kalian tidak harus memikirkan untuk menggunakan atau menyewa tempat fisik.

Ada 2 tempat yang bisa kalian gunakan , pertama menggunakan Media sosial. Untuk netizen yang sosialita pasti tau banget nih daftar media sosial yang bisa digunakan untuk membuat Online Shop, diantara nya yaitu Facebook dan Instagram.
Dan khusus untuk yang aplikasi social chat, sebenarnya itu lebih cocok untuk sarana komunikasi dengan pelanggan maupun prospek. Seperti kalau pas mau transaksi, tanya-tanya detil produk, dan konfirmasi pembayaran. Yang kedua, dengan membuat website sendiri, jadi kaya marketplace gitu deh. Kalian juga bisa pake 2 jenis website, yaitu:

  1. Website Berbayar

Pada website berbayar ini, ada istilah Domain dan Hosting. Website berbayar ini artinya kalian harus menyediakan nama domain khusus untuk toko bisnis nya, bisa di bilang Domain adalah alamat toko anda. dan untuk Hosting di ibaratkan sebagai tanah. semakin besar kapasitas hosting, maka akan semakin luas ukuran tanah nya.
Jadi harus diingat, domain dan hosting merupakan satu kesatuan, dan tidak bisa dipisahkan untuk membangun sebuah website.

2. Website Gratisan

Ada beberapa penyedia blog gratisan yang sudah cukup terkenal, seperti WordPress atau Blogspot. Kalian bisa gunain ini untuk membuat toko online.

Four “Buat promosi”

Setelah 3 hal diatas selesai, kalian bisa langsung memasukkan produk yang akan di jual dan langsung dipromosikan.

tukuan dari promosi adalah supaya banyak yang mengenal bisnis online Kalian. Kalian bisa memanfaatkan situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram atau media yang kalian paham. Ini merupakan salah satu cara tercepat untuk menyebarkan informasi.

Sekira nya itulah gambaran tips membangun bisnis online bagi pemula. Semoga teman – teman bisa mengambil kesimpulan dan bisa diterapkan sebagai salah satu jalan menuju Enterpreneur.

“Believer Yourself”, karena gaada hal yang gak mungin selama kita mau berusaha.

I Think Enough, semua yang saya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan, kurang dan lebih nya saya mohon maaf. Jika dirasa bermanfaat teman – teman bisa membagikan kepada teman atau saudara kalian. Thank you..

Pos terkait