Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Kecewa

  • Whatsapp

Sekarang laptop sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat, tidak hanya digunakan oleh pekerja kantoran, pada sat ini laptop sudah banyak digunakan juga oleh mahasiswa dan pelajar sebagai sarana penunjang belajar mereka.

Tetapi beberapa diantara masyarakat mempunya keterbatasan dana untuk membelinya dengan kondisi yang masih baru.

Muat Lebih

Oleh karena itu salah satu cara agar dapat mempunyai laptop adalah dengan membeli laptop bekas.

Bekas bukan berati tidak layak pakai apalagi jelek, karena ada laptop bekas yang masih layak pakai.

Tetapi namanya juga bekas mungkin saja ada sisi minusnya. Agar kalian tidak kecewa dalam membeli laptop bekas, kami memiliki tips membeli laptop bekas agar tidak kecewa.

Dengan tips ini kalian bisa memperkecil kemungkinan mendapatkan laptop yang mudah rusak saat telah digunakan dan tidak awet.

Mari kita bahas satu persat tips dari kami yang wajib dilakukan oleh kalian yang ingin membeli laptop bekas.

Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Kecewa
Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Kecewa

# Periksa Kondisi Laptop

Jika kalian membeli laptop bekas, usahakan meminimalkan sisi minus yang ada pada laptop yang akan kalian beli.

Hal yang mudah adalah kondisi bodi laptop, apakah ada kerusakan seperti retak atau lecet pada body laptop. Jika beruntung kalian bisa mendapatkan laptop dengan bodi yang mulus.

Jika bodi laptop hanya lecet dikarenakan lama pemakaian itu bukan sebuah masalah, tetapi hati – hati jka terdapat retak terutama case laptop bagian bawah.

Bodi laptop bagian bawah yang retak menandakan bahwa laptop itu pernah terjatuh atau terinjak.

Jika retak bagian bawah takutnya hardware yang ada di dalamnya juga ikut retak, sedingga penggunaan laptop tidak tahan lama dan kalian harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli hardware yang rusak.

# Lihat Kondisi Fisik Hardware

Kalian yang ingin membeli laptop bekas, harus memperhatikan juga komponen yang sering digunakan untuk berinteraksi seperti touchpad, layar, baterai, hingga speaker.

Setiap komponen tersebut memiliki masalah yang berbeda – beda yang bisa kalian amati secara langsung.

Cara mengecek touchpad dan keyboard, kalian bisa menggunkan aplikasi word dan menekan satu persatu tombol keyboard untuk memastikan semua tombol aktif dan bisa digunakan.

Kalian juga bisa melihat kondisi luar dari touchpad apa pudah atau belum. Biasanya touchpad akan pudar saat sering digunakan.

Untuk mengetahui kondisi layar pastikan tidak ada pikcel yang sudah tidak bisa berwarna lagi biasanya menjadi titik hitam.

LIhat juga apa ada garis – garis tidak normal seperti vertikal atau horizontal yang berati layar laptop mengalami kerusakan akibat terbentur.

Hal yang paling penting yaitu kalian harus mengecek kondisi baterai khususnya tingkat keausan.

Penurunan kemampuan baterai dalam menyimpan daya pasti akan terjadi lama kelamaan. Tetapi penurunan juga bisa terjadi lebih cepat, karena salah pengunaan dan tidak tau cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Cara memeriksa speaker yaitu dengan memutar sebuah film untuk melihat apakah sond masih normal atau tidak.

Sedangkan untuk memeriksa port sound cukup colokkan headseat atau speaker ke port tersebut.

# Periksa Spesifikasi Laptop

Kalian yang ingin membeli laptop jangan lupa untuk memeriksa spesifikasinya agar tidak mudah tertipu dengan penjual yang lebih pintar dari kalian.

Pastikan spesifikasi laptop sesuai dengan yang dijelaskan oleh penjual, kalian bisa memeriksanya secara online sesuai dengan jenis laptop.

# Lama Penggunaan

Kalian juga harus menanyakan berapa lama laptop beekas sudah digunakan dan kapan membelinya.

Hal tersebut untuk membandingkan yang dia katakan dengan informasi yang sudah kalian dapatkan saat mengecek laptop

Barang elektronika jaman sekarang akan mulai turun kinerjanya setelah beberapa tahun, jadi penting ntuk mengetahui lama penggunaannya, dan untuk kegiatan apa laptop tersebut.

Buat kalian yang ingin membeli laptop bekas memang membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian.

Jangan pernah membeli laptop bekas secara online, kecuali penjualnya mau melakukan COD dan membayar setelah proses pemeriksaan selesai.

Jangan malas untuk menanyakan tentang semua kondisi laptop, agar anda yakin barang yang akan kalian beli masih layak pakai dan bisa bertahan lama.

Sekian pembahasan tentang tips membeli laptop bekas agar kalian tidak kecewa. Jangan lupa untuk cek informasi lainnya di sini

Pos terkait