Tips Melamar Kerja di Perusahaan Agar di Terima

  • Whatsapp

Melamar pekerjaan adalah salah satu kegiatan wajib yang biasanya dilakukan oleh orang – orang baik yang baru selesai dalam masa studi maupun yang sudah lama menganggur. Pekerjaan juga merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mengasah kemampuan di bidang tertentu.

Mendapatkan pekerjaan diperusahaan impian merupakan dambaan setiap orang. Perusahaan mana yang menjadi target kalian? Dalam negeri seperti PT. Antam? BUMN? Bank? atau luar negeri seperti Google? Semua tidak menutup kemungkinan memiliki kesempatan yang sama dalam hal persaingan.

Muat Lebih

Tapi guys, jika kalian sudah mempunyai perusahaan impian yang ingin dimasuki, ada baiknya memastikan perusahaan tersebut berada dalam radar kalian. Bahkan akan menjadi nilai plus jika kalian pernah magang atau bahkan bekerja diperusahaan tersebut.

Bagi kalian yang belum memiliki daftar perusahaan impian, akan sangat berguna jika kalian membuat daftar tersebut hingga kalian akan fokus mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kalian.

Tips Melamar Kerja di Perusahaan Agar di Terima

Setelah kalian memiliki list perusahaan, selanjutnya yaitu membuat lamaran kerja terhadap perusahaan tersebut dan sesuaikan posisi yang dibutuhkan dengan ketertarikan, kemampuan bahkan pengalaman yang dimiliki. Tapi, apakah semudah itu untuk mendapatkan pekerjaan?

Jawabannya tidak sulit, tidak juga mudah. Semua tergantung individu. Bagi beberapa lulusan yang fresh graduate, pesaing yang memiliki pengalaman pasti akan lebih diutamakan dalam suatu perusahaan. Tapi jangan khawatir, kalian dapat menerapkan tips melamar kerja di perusahaan agar di terima, diantara nya yaitu:

1. Proses melamar kerja merupakan hal yang penting

Dalam melamar kerja, ada beberapa hal penting yang perlu dipehatikan, diantara nya yaitu:

  • Membuat Curriculume Vitae yang menarik, jelas dan serta melampirkan sertifikat maupun piagarm penghargaan
  • Berlatih mengerjakan soal – soal psikotes untuk mematangkan materi yang biasa di ujikan saat tes tertulis
  • Persiapkan wawancara dengan baik mulai dari memperhatikan pakaian saat wawancara. Jawablah pertanyaan dengan jujur dan ekspresi yang baik
  • Tunjukkan sikap disiplin dalam melamar pekerjaan dengan mengenakan pakaian sesuai aturan yang tertera.

2. Tunjukkan Softskill yang baik

Softskill merupakan karakter interpersonal seseorang, merupakan salah satu faktor yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk menerima karyawan. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang sangat mementingkan kemampuan softskill. Pembelajaran dasar dari suatu softskill adalah menghargai orang lain.

3. Tunjukkan Kemampuan yang dimiliki

Pada saat wawancara, katakan dengan jujur apa yang bisa kamu lakukan dan yang tidak bisa kamu lakukan. Ini merupakan faktor penting dalam penentu ke depannya. Perusahaan tidak membayar kamu untuk berlatih, tetapi menuntut kamu untuk dapat mengerjakan pekerjaan yang diminta. Memiliki kemampuan mudah belajar hal yang baru dan potensi belajar yang cepat merupakan suatu kelebihan.

4. Pelajari Perusahaan yang dituju

Mempelajari tentang perusahaan yang dituju dapat menjadi nilai tambah lho, kalian harus belajar mengenai struktur organisasi, visi dan misi sehingga saat menghadapi wawancara kalian tidak perlu dadakan melakukan pencarian latar belakang perusahaan. Pastikan perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang cocok untuk perkembangan karir mu. Memiliki pengetahuan yang luas mengenai perusahaan membantu memberikan kesan yang baik kepada pihak perusahaan yang meng-interview.

5. Memusatkan perhatian

Buatlah perusahaan tersebut antusias kepada penampilan anda. Hal ini akan menghindari kalian dari sikap diabaikan terlebih mereka yang memiliki hak dalam menentukan apakah kalian diterima atau tidak. Maka dari itu, buatlah dirimu antusias pada saat wawancara. Hal – hal yang perlu dihindari pada saat wawancara yaitu:

  • Menguap
  • Bicara kurang jelas
  • Intonasi Suara berantakan
  • Nerveous

Mengikuti Alur tes secara tertib

Untuk mengikuti alur tes secara tertib, hindarilah kesan bahwa kalian adalah orang yang sombong serta keras kepala. Anda hanya perlu mengikuti alur tanpa bersikap sok tau karena pihak wawancara pun sudah dapat memberikan penilaian tentang anda. Dalam hal ini, pemilihan tutur bahasa amatlah penting, gunakan bahasa yang baku dan benar. Penggunaan bahasa yang baku menunjukkan tingkat intelektual seseorang.

Semua yang berlebihan di dunia ini merupakan bukan hal yang baik. Lakukan lah semua alur sesuai dengan ritme nya, jangan terlalu diada – ada karena akan membuat perusahaan menilai kalian sebagai orang yang memiliki kepribadian yang aneh. Demikian tips yang dapat disampaikan. Salam sukses

Pos terkait