Tips Jitu budidaya domba

  • Whatsapp

Domba atau biri-biri (Ovis) adalah ruminansia dengan rambut tebal dan dikenal oleh banyak orang. Domba dipelihara untuk dimanfaatkan rambut (disebut wol), daging, dan susunya. Yang paling dikenal orang adalah domba peliharaan (Ovis aries), yang diduga keturunan dari moufflon liar dari Asia Tengah bagian Selatan dan Barat Daya. Untuk tipe lain dari domba dan kerabat dekatnya, lihat kambing antilop. Domba berbeda dengan kambing.

Ternak domba merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan pada saat sekarang ini. Permintaan yang sangat tinggi dan sedikitnya produsen menyebabkan banyak orang yang beralih profesi menjadi peternak domba.

Muat Lebih

Tips Jitu budidaya domba

Banyaknya ras domba membuat orang biasa membagi berdasarkan kemanfaatannya:

  • domba penghasil wol
  • domba pedaging
  • domba penghasil wol sekaligus pedaging

Bisnis ini sangat menguntungkan dengan dua kemungkinan yang kita dapat yaitu harga stabil dan harga naik. Nilai plus yang lainnya adalah bisnis kambing sangat kecil kemungkinannya terkena penyakit.

Dengan investasi kandang yang murah, pakan tambahan yang tidak terlalu banyak dan pasarannya yang cukup mudah menjadi jaminan bisnis berternak kambing cepat BEP (balik modal). Asalkan dikelola dengan baik.

Alasan Kenapa Ternak Domba ?

  1. Modal usaha yang relatif kecil.
  2. Domba cepat berkembangbiak, dalam kurun waktu 2 tahun dapat beranak 3 kali, sekali beranak dapat sampai 3 ekor.
  3. Domba mudah beradaptasi terhadap lingkungan.
  4. Daging domba adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat penting.
  5. Kulit domba merupakan nilai tambah karena dapat dijual dengan harga tinggi.
  6. Kotoran domba bisa dijadikan pupuk kompos.

Bisnis peternakan domba memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya domba yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya domba ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya domba di lahan kecil atau pekarangan rumah.

Dalam memilih bibit domba unggulan, tentunya kita perlu mempunyai keahlian khusus untuk mendapatkan bibit domba unggulan tersebut. Hal pokok yang harus diperhatikan dalam memilih indukan betina yang berkualitas adalah calon indukan harus sehat, aktif bergerak, pertumbuhan bagus, dan bebas dari cacat. Bibit adalah faktor penting dalam mendukung peternak agar mampu menghasilkan domba-domba dengan kualitas terbaik sehingga harga yang ditawarkan akan lebih tinggi.

Tips Jitu budidaya domba yang menguntungkan yaitu:

Merawat Kandang Domba

Hal – hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Perlengkapan Kandang Domba

Kandang domba juga harus dilengkapi dengan fasilitas tempat makan dan minum. Tempat makan domba biasanya disebut palung, buat ukuran palung yang besar untuk menampung kebutuhan pakan domba.

2. Tipe Kandang

Berternak domba dengan sistem kandang memiliki dua tipe, yaitu kandang koloni dan kandang tunggal. Kandang koloni adalah satu tempat yang dihuni oleh banyak domba. Ukuran luas kandang biasanya 1 x 3 meter dan bisa menampung hingga 10 ekor domba. 

Sedangkan kandang tunggal adalah tempat yang dihuni oleh satu ekor domba. Kandang tunggal biasanya memiliki ukuran yang pas sesuai dengan tubuh domba. Sehingga domba tidak bisa berbalik arah. Kandang seperti ini cocok untuk usaha ternak domba penggemukan.

Makanan Domba

Perhatikan makanan domba yang sehat dan menunjang perkembangan tubuh. Jenis – jenis pakan domba yaitu:

  • Pakan Hijau-Hijauan

Pakan hijau-hijauan terdiri dari dua jenis, yaitu pakan hijau segar dan pakan hijau yang kering. Contoh dari pakan hijau-hijauan adalah rumput dan daun. Sedangkan pakan hijau-hijauan kering biasanya berupa jerami dan memiliki kandungan serat yang kasar.

  • Pakan Konsentrat

Pakan konsentrat berfungsi sebagai penguat dan pelengkap kebutuhan sumber protein. Pakan konsentrat harus mengandung zat gizi yang tinggi, mudah dicerna dan memiliki serat yang rendah. Pakan ini juga berfungsi sebagai sumber energi dan protein bagi domba. Pakan konsentrat bisa berupa biji-bijian dan umbi-umbian. Atau bisa juga limbah olahan seperti ampas tahu.

Perawatan Domba

Langkah – langkah merawat domba yaitu:

  1. Menjaga kebersihan kandang secara teratur
  2. Memandikan domba agar bersih dan terhindar dari serangan penyakit, seperti cacingan dan kudis.
  3. Mencukur bulu domba, pencukuran bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Sisakan bulu dipermukaan kulit setebal 0,5 cm.
  4. Merawat dan memotong kuku dengan pisau tajam yang bersih.

Pos terkait