Tips Berjualan di Sosial Media Agar Lebih Efektif

  • Whatsapp

Media sosial merupakan jejaring online yang dapat menghubungkan yang jauh menjadi dekat, dan menjadi wadah komunikasi yang universal. Bukan rahasia lagi bahwa media sosial merupakan ladang yang subur untuk dijadikan sebagai keuntungan khusus bagi yang melakuni bisnis e-commerce atau jualan online.

Evolusi media sosial dan teknologi telah mengubah sistem pemasaran. Banyak sekali keuntungan para pebisnis yang didapat dari media sosial , diantara nya yaitu:

Muat Lebih

  1. Merupakan cara yang mudah untuk mencari tahu lebih banyak mengenai pelanggan anda
  2. Membantu pencairan target konsumen lebih efektif
  3. Membantu menemukan konsumen baru dan memperluas target pasar
  4. Memudahkan dalam memberikan feedback secara langsung
  5. Dapat mengembangkan target pasar
  6. Membantu meningkatkan pengunjung website

Dan masih banyak lagi keuntungn yang di dapat oleh para enterpreneur dalam membangun bisnis online melalui media sosial.

Tips Berjualan di Sosial Media Agar Lebih Efektif

Saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang mampu menjadi enterpreneur yang sukses karena dirinya cerdas menggunakan sosial media untuk mendorong hasil yang luar biasa. Untuk menghasilakn penjualan dan ahirnya membangun bisnis yang sukses ini ada tips nya lho. Tips yang dapat kalian gunakan dan membantu kalian menggunakan sosial media agar lebih efektif dan mendorong lebih banyak penjualan diantara nya yaitu:

Fokus pada sosial media dengan audiens yang potensial

Kalian harus memiliki kehadiran yang kuat di jaringan tempat audiens kalian aktif. Misalnya kalian berjualan produk baju tapi ternyata followers lebih banyak aktif di instagram atau facebook. Maka cobaah untuk aktif dimana lebih banyak audiens bernaung agar produk yang kalian semakin dikenal oleh pelanggan. Kalian harus fokus dalam menentukan sosial media mana yang paling berdampak pada bisnis.

Dengan menggunakan media sosial, menggunakan pemasaran media sosial untuk membantu skala bisnis klien mereka, dan salah satu hal yang mereka fokuskan dengan menargetkan jaringan media sosial yang benar. Dengan pengoptimalan yang baik terhadap fokus ini kalian dapat menggunakan media sosial yang efektif dalam berbisnis.

Update produk secara berkala

Tips Berjualan di Sosial Media Agar Lebih Efektif berikut nya yaitu update produk secara berkala. Artinya, kalian harus memasukkan produk – produk baru dalam jangka waktu yang baik, dan tidak terlalu lama. Biasanya, produk yang banyak di posting akan memberikan lebih banyak varian dan tawaran kepada pelanggan di sosial media dan mayoritas pengguna sosial suka melihat produk yang bervariasi.

Update produk ini akan terlihat di timeline atau beranda para pelanggan yang mengikuti di sosial media. Bila pengguna media sosial melihat update dari akun kalian secara rutin, kemungkinan akan ada yang penasaran dan membuka akun sosial media kalian. Bila anda aktif menggunakan Instagram atau Facebook untuk promosi, maka sangat disarankan untuk memposting tayangan live karena ini merupaka salah satu cara menarik perhatian orang lain.

Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan

Melakukan promosi di media sosial bukan hanya mengandalkan postingan, namun pelanggan akan lebih menyukai bagaimana suatu bisnis online bisa berkomunikasi degan ramah bersama pelanggan mereka. Adanya keterbukaan dan transparansi, membuat pelanggan lebih tertarik dengan merespon pelanggan secepat mungking. Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan dalam membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah:

  • Mencipakan hubungan yang baik dengan sebuah percakapan yang ramah
  • Menjamin keaslian produk
  • Jangan ragu meminta dukungan kepada pelanggan setiap kalian melakukan kegiatan promosi
  • Menjadi lebih transparan

Gunakan Hastag

Dalam bisnis sosial media, melaukan promosi dengan menggunakan hastag merupakan salah satu hal yang bermanfaat lho. Gunakan hastag yang sesuai dan populer. Tujuan nya adalah anda dapat dengan meudah terindeks dan mudah ditemukan oleh banyak orang.

Hindari Promosi yang negatif

Dalam berbisnis, persaingan merupakan hal yang biasa. Namun, jangan membuat ppromosi yang membandingkan produk kalian dengan produk orang lain secara negatif, bahkan jangan sampai menjatuhkan produk orang lain. Hal ini akan membuat pelanggan menciptakan penilaian yang buruk terhadap produk kalian sendiir. Karen semakin tertindas seseorang maka akan semakin banyak yang akan mendukung nya. Jadilah penjual yang rasional dan sesuai dengan produk yang dijual. Bila bagus katakan llah bagus, keorisinilan produk harus di jelaskan dengan baik.

Sangat mudah membangun bisnis online melalui media sosial. Yang sulit adalah membuka mindset kalian bahwa gagal bukan hal yang membuat anda tidak bisa bangkit. Salam pebisnis!

Pos terkait