Tips Agar Laptop Tidak Mudah Cepat Panas Saat di Gunakan

  • Whatsapp

Laptop memang sangat praktis digunakan di mana saja, bentuknya yang semakin slim membuatnya mudah digunakan di mana saja.

Tetapi laptop memang mudah panas dibandingkan dengan sebuah PC, dikarenakan komponen laptop yang lebih padat dibandingkan dengan sebuah PC.

Muat Lebih

Panas berlebihan yang ditimbulkan oleh laptop ini dapat mengganggu peforma dari laptop itu sendiri dan dapat juga mengangu kinerja para penggunanya.

Beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan laptop menjadi panas salah satunya yaitu lama menggunakannya, salah meletakkan laptop saat digunakan, kipas tidak berfungsi normal dan thermal paste kering.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kami di sini akan berbagi beberapa tips agar laptoph kalian tidak mudah panas saat di gunakan.

1. Mengatur Pemakaian Laptop

Tips Agar Laptop Tidak Mudah Cepat Panas Saat di Gunakan
Tips Agar Laptop Tidak Mudah Cepat Panas Saat di Gunakan

Pemakaian laptop yang terlalu lama atau berlebihan merupakan salah satu penyebab utama laptop menjadi panas.

Apalagi laptop digunakan untuk bermain game atau video editing yang membutuhkan resource yang besar.

Jika kalian menggunakan laptop sebaiknya berikan waktu istirahat selama beberapa menit untuk menurunkan suhu komponen – komponen yang ada di dalamnya.

Setelah istirahat baru bisa kalian gunakan lagi, namun waktu lama penggunaan pada laptop berbeda – beda.

Maka dari itu sebaiknya kita memasang perangkat lunak realtime pada laptop kalian untuk monitor suhu laptop. Jadi apabila laptop sudah mulai panas perangkat lunak menampilkan pesan, dan kita dapat memberikan istirahat sementara pada laptop.


2. Gunakanlah Alas Saat Menggunakan Laptop

Saat kalian menggunakan laptop maka sebaiknya pakai alas yang keras, seperti meja khusus untuk laptop. Jangan gunakan alas yang lunak seperti bantas atau diatas kasur pada saat digunakan.

Laptop yang kalian letakkan di alas yang lunas seperti kasur atau bantal pada saat digunakan dapat menyebabkan udara yang dikeluarkan laptop melalui saluran pembuangan menjadi tidak lancar.

Jika meletakkan laptop di atas kasur atau bantal yang empuk dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

Hal tersebut karena kasur dan bantal akan menyerap panas laptop, sehingga laptop diletakkan di alas yang panas.

Menggunakan laptop di atas kasur juga dapat beresiko pada komponen laptop dan dapat mengalami kerusakan.

3. Pastikan Sirkulasi dan Saluran Udara Bersih dan Lancar

Pada saat laptop digunakan maka, laptop menghembuskan udara panas melalui lubang saluran udara.

Saluran udara pada laptop biasanya terletak pada bagian samping kiri atau kanan, namun ada juga yang berapa pada bagian bawah laptop.

Maka apabila saluran udara banyak terdapat debu yang dapat menyebabkan udara yang dikeluarkan tersangkut dan menumpuk pada saluran udara dan dapat mengganggu sirkulasi udara.

Gunakan mini vacum cleaner khusus laptop untuk membersihkan laptop yang saluran udara tersumbat debu. Jangan meniupnya karena hal tersebut dapat menyebabkan debu masuk ke dalam laptop.

4. Pakai Cooling Pad Eksternal

Cooling pad eksternal digunakan sebagai alas laptop saat digunakan dengan kipas yang butuh daya 5 volts.

Cooling pad dipasangkan pada salah satu port USB yang ada pada laptop kalian.

Cooling pad biasanya sudah ada pada setiap laptop, tetapi cooling pad internal berukuran kecil dan hanya fokus untuk mendinginkan komponen processor saja.

Tetapi ada beberapa kasus panas pada laptop dapat dialami oleh komponen lain yang terdapat pada laptop termasuk motherboard.

Jika kalian tidak ingin laptop mengalami hal tersebut, sebaiknya kalian gunakan cooling pad eksternal untuk mengantisipasi panas pada komponen komputer.

Harga dari cooling pad sendirirelatif terjangkau dan banyak dijual dipasaran.

5. Efisiensikan Sesuai Kebutuhan

Gunakanlah laptop sesuai kebutuhan anda saja, karena semakin banyak task yang kalian jalankan maka sistem operasi pada laptop anda berpotensi meningkatkan suhu laptop dengan cepat.

Maka dari itu tutup beberapa task yang tidak digunakan, dan turunkan tingkat kecerahan layar laptop.

Sehingga penggunaan laptop benar – benar efisien dan tidak menyebabkan laptop menjadi cepat panas karena penggunaan laptop yang tidak efisien.

Sekian pembahasan tentang tips agar laptop tidak mudah cepat panas saat di gunakan. Sebenarnya ini tergantung pada pemakainya, yaitu bagaimana kalian menyesuaikan kondisi laptop dengan pekerjaan.

Apabila kita memaksakan laptop dengan keadaan yang panas dalam jangka panjang dapat beresiko tinggi.

Bukan kinerja laptop saja yang kan semakin menuruh karena panas tetapi ada beberapa komponen juga rentan cepat rusak.

Pos terkait