Sukses budidaya kucing Persia

  • Whatsapp

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat disenangi, hewan satu ini memang istimewa. Keistimewaan utamanya terletak pada wajahnya yang unik, berkat hidungnya yang teramat pesek. Saking peseknya, kucing Persia peaknose ini seakan memiliki wajah rata atau flatface. Letak hidung sejajar dengan mulut dan mata ditambah wajahnya yang bulat dan tampak seolah berpipi tebal, tentu saja wajahnya menjadi sangat lucu.

Memberikan konsumen kualitas bagus dengan harga terjangkau merupakan salah satu visi dan misi pedagang hewan peliharaan salah satunya kucing. Salah satu kucing yang dapat dijadikan peluang usaha adalah kucing persia.

Muat Lebih

Kucing Persia yang mempunyai ciri khas berbulu panjang dan berhidung pesek, bukan hanya bisa hidup dan berkembang biak di wilayah asalnya Persia.

Kucing persia adalah ras kucing domestik berbulu panjang dengan karakter wajah bulat dan moncong pendek. Namanya mengacu pada Persia, nama lama Iran, di mana kucing serupa ditemukan. Sejak akhir abad 19, kucing jenis ini dikembangkan di Britania Rayadan Amerika Serikat usai Perang Dunia II. Di Britania Raya, ras ini disebut kucing bulu panjang persia, dibagi dalam dua jenis, yaitu chinchilla dengan warna perak cerah dan yang agak gelap.

Seperti halnya dengan ras siam, telah ada upaya oleh beberapa peternak untuk melestarikan ras kucing yang lebih tua, ras tradisional, yang memiliki moncong lebih jelas, yang lebih akrab dengan masyarakat umumnya.

Sukses budidaya kucing Persia

Tak heran, ternak kucing Persiapun kemudian menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Kucing-kucing Persia yang di budidaya ini tergolong langka serta memiliki nilai jual tinggi. Untuk membudidayakan kucing pesek ini membutuhkan temperatur yang sejuk. Pasalnya, kucing hias ini sangat peka dan rentan terhadap berbagai macam virus dan penyakit.

Saat ini, Dari hasil penjualan kucing Persia, pengusaha yang rajin mampu meraup keuntungan antara lima hingga sepuluh juta rupiah setiap bulannya.

Tips Berbudidaya kucing persia adalah:

Menjaga kebersihan Tempat tinggal kucing

Bersihkan kandang,tempat makan dan minumnya setiap hari. Juga, jangan lupa mencuci pasir dengan cairan disinfektan lalu jemurlah di terik matahari. Kemudian isi wadah lagi dengan pasir yang bersih.

Menjaga kebersihan badan kucing

Madikanlah kucing paling tidak 2 minggu sekali, dan sebulan sekali kucing dikeramas dengan shampo khusus untuk kucing.

Disiplin memberi makan

Selalu sediakan makanan dan air munum dalam kandang. Periksalah seberapa banyak makanan yang dihabiskan. Jangan pernah memberi kucing makanan berupa ikan asin, karena dapat merontokkan bulu-bulunya.

Jaga kesehatan mental kucing

Caranya yaitu dengan memberi waktu beberapa jam bagi kucing peliharaan Anda untuk bebas bermain di luar pagi,siang dan sore hari, tergantung cuaca.

Menjaga dari penyakit

Menjaga kucing dari penyakit merupakan salah satu hal yang penting. Kalian juga harus mengenali gejala – gejala penyakit pada kucing. Jenis – jenis penyakit yang biasa dialami oleh kucing persia adalah:

  1. RingWorm

Ringworm adalah jenis lain dari jamur yang menyerang kucing, terutama anak kucing di bawah satu tahun. Hal ini menyebabkan lesi melingkar di kepala kucing, telinga, dan badan. Kulit di sekitar lesi sering bersisik dan botak. Ringworm sangat menular dan dapat menyebar ke hewan peliharaan lain di rumah, serta kepada orang-orang sekitar.

2. Ketombe

Tidak hanya manusia yang mengalami ketombe, kucing pun mengalami hal yang sama. Seperti orang,  Kulit kucing juga dapat  kering, dan terkelupas. Ini biasanya tidak ada yang serius, tetapi tidak ada salahnya anda konsul dengan dr Hewan anda. Ketombe yang terus menerus dapat  menjadi tanda gizi buruk, perawatan yang tidak memadai, atau ada masalah Kesehatan. Shampoo khusus dan suplemen omega-3 asam lemak dapat membantu mengobati ketombe kucing.

Dan masih banyak lagi penyakit2 pada kucing persia. Secara umum, memelihara kucing Persia agak rumit. Namun yang paling penting adalah dengan memberi makan teratur serta perawatan khusus. Selain itu harus rajin menjaga kesehataanya karena kucing Persia rentan terkena penyakit yang menyerang mata. Untuk menjaga kesehatan kucing-kucingnya, kalian harus bekerja sama dengan dokter hewan secara berkala ke rumahnya agar kucing selalu dalam keadaan sehat dan tidak terganggu masa perkembangannya.

Pos terkait