Strategi Pemasaran Produk Makanan

  • Whatsapp

Makanan adalah suatu hal pokoknya yang dibutuhkan oleh semua manusia. Dalam hal bisnis, Makanan merupakan salah satu peluang yang sangat besar karena bisnis makanan tidak pernah ada matinya mengingat manusia dapat bertahan hidup dari apa yang dimakannya. Hal inilah yang sering dijadikan peluang untuk membuka bisnis makanan atau bisnis kuliner.

Memiliki keahlian memasak saja ternyata tidak cukup menjamin seseorang akan berhasil untuk bisa menjadi pengusaha kuliner. Kalian yang bisa memasak beragam jenis makanan pun belum tentu bisa mendapatkan hasil apa – apa jika tidak ada konsumen yang datang menikmati makanan yang dibuat.

Muat Lebih

Sekarang ini kita sering mendengar kisah sukses para pengusaha bisnis kuliner baik melalui media internet maupun langsung melihat pengusaha tersebut. Satu hal yang menjadikan mereka sukses yaitu keahlian strategi pemasaran.

Strategi Pemasaran Produk Makanan

Usaha makanan memang tidak akan pernah ada hentinya, selagi masih ada manusia maka usaha ini akan terus berkembang dimana sekarang jumlah manusia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Artinya, peluang usaha makanan akan selalu ada dan memiliki variasi yang sangat banyak.

Menambah wawasan terhadap ilmu pemasaran sebenarnya tidak selalu harus berkutat dengan teori – teori rumit, trial-error atau formula – formula yang diberikan oleh Salesman berpengalaman, terkadang pembelajaran yang paling cocok justru ada di sekeliling kita sehari – hari. Selain jago masak kalian juga harus jago promosi. Ini hal yang penting kalian harus selalu pelajari secara konsisten.

Strategi pemasaran yang tepat tersebut akan bisa meningkatkan jumlah penjualan dengan cepat. Dan pada akhirnya, profit dari bisnis ini pun bisa memenuhi target yang telah di tetapkan. Strategi pemasaran produk makanan yang dapat diterapkan yaitu:

1. Meningkatkan Pelayanan

Faktor pelayanan merupakan salah satu peranan penting. Dalam memberikan pelayanan atau melayani pelanggan, kalian harus bersifat dan bersikap ramah juga santun kepada semua konsumen. Pembeli merupakan raja, cara ini sangat efektik untuk menarik perhatian konsumen. Usahakan kalian memiliki karyawan yang bertugas melayani konsumen dengan baik, bahkan bila perlu berikan pelatihan kepada karyawan bagaimana cara melayani konsumen dengan baik.

2. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas merupakan suatu parameter yang penting dalam sebuah produk. Suatu produk dikatakan bagus dilihat dari kualitas. Ukuran kualitas dapat dilihat dari perbandingan bahan baku dengan harga yang di tentukan. jika makanan yang disuguhkan lezat dan dengan harga yang sesuai, ini dapat dikatakan berupa makanan yang memiliki kualitas yang baik. Dengan menjaga kualitas produk, maka pelanggan akan selalu datang dan tidak kapok dengan produk yang ditawarkan.

3. Mengadakan Even

Even merupakan suatu kegiatan dalam rangka mempromosikan suatu produk. Jika kalian tidak bisa membuat even khusus, maka kalian dapat bergabung dengan even yang diadakan oleh pemerintah atau umum untuk dijadikan peluang sebagai perkenalan produk yang dibuat. Pamerkan prouk makanan unggulan dalam bisnis kalian sehingga pelanggan akan bertambah.

4. Memanfaatkan Media Online

Saat ini, media online merupakan suatu media yang sangat mudah dan sangat cocok digunakan untuk memulai bisnis online. Media online dapat dimanfaatkan menggunakan teknologi smartphone. Siapa yang tidak memiliki smartphone saat ini, dari masyarakat bawah sampai atas semua nya hampir memiliki. dengan membidik media online sebagai strategi pemasaran akan membantu meningkatkan jumlah konsumen dan menekan angka keuntungan yang di dapat.

5. Buat Slogan

Slogan disini maksud nya yaitu sebagai identik dari produk makanan yang di buat. Tujuannya yaitu untuk memberikan ciri khas dari produk yang ditawarkan, apabila menyebut slogan tersebut maka pelanggan spontan akan mengingat produk yang kita buat.

6. Meningkatkan Inovasi Produk

Beberapa orang cenderung bosan dengan makanan yang itu – itu saja. Akibatnya, daya jual beli mejadi menurun dan berkurang, tingkat keuntungan yang diperoleh juga berkurang. Maka dari itu, kalian harus menciptakan produk makanan yang unik, beda dari yang lain bahkan lebih bervariasi. Menu – menu makanan yang bervariasi lebih menarik di mata konsumen. Makanan unik maksudnya adalah berbeda dari jenis makanan pada umumnya. Keunikan produk makanan akan menarik minat konsumen karena penasaran cita rasa dan bentuknya.

7. Berikan Reward Kepada Konsumen

Memberikan reward merupakan salah satu strategi pemasaran yang biasa dilakukan oleh sebagian pelaku bisnis. Reward disini maksudny memberikan keuntugan sedikit kepada pelanggan yang membeli produk kita. Reward dapat berupa diskon untuk pelanggan yang memberi produk lebih dari batas minimum, memberikan reward kepada pelanggan dalam moment tertentu dengan memberikan sistem “Buy one get One free”, Hal ini merupakan strategi jitu yang dapat membantu memasarkan produk.

Pos terkait