Peluang Usaha Ternak di Desa yang Pasti Berhasil

  • Whatsapp

Ternak merupakan salah satu hewan yang dapat di budidayakan dengan pilihan tempat yang strategis, baik di desa maupun di kampung . Namun, kebanyakan bisnis ternak dimulai dari pedesaan yang tempat nya jauh dari perkampungan untuk menghindari infeksi kuman dari hewan ternak.

Bisnis budidaya hewan ternak banyak dilakukan di pedesaan maupun perkotaan. Namun usaha ternak ini lebih banyak dijalankan di wilayah desa terpencil, bukan tanpa alasan namun sumber daya ayam yang sangat mendukung. Seperti lahan yang masih luas dan hijau alami, suasana yang sejuk, dan pakan hewan ternak yang mudah didapatkan dari alam liar.

Muat Lebih

Hal ini disebabkan penulis berada di desa yang mayoritas membuka usaha ternak hewan di samping rumah. Bisnis ternak hewan memiliki prospek usaha yang cerah. Bisnis ini tak pernah sepi pembeli. Bahkan sudah ada yang langsung membeli ternak hewan dari para peternak. Cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan bagi Anda yang memiliki pekerjaan utama. 

Usaha dalam bidang peternakan hewan bukanlah jenis usaha baru lagi di Indonesia. Usaha ternak sudah ada sejak dulu hingga sekarang. Usaha budidaya hewan selalu memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para pemiliknya. Hingga saat ini, bisnis ternak dapat dijadikan peluang usaha dengan potensi untung besar. Hal ini tak terlepas dari hewan ternak dijadikan makanan konsumsi bagi manusia.

Peluang Usaha Ternak di Desa yang Pasti Berhasil

Bagi pemula dalam menjalankan bisnis, jenis ternak kecil untuk bisnis sampingan dengan modal kecil menjadi pilihan untuk usaha budidaya ternak yang menjanjikan walaupun usaha skala rumahan. Karena belum tentu usaha sampingan ternak bisa dijalankan dirumah dengan disanding dengan pekerjaan lainnya seperti pelajar atau mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan atau PNS yang memiliki kesibukan lebih.

Apabila anda kebetulan berada di wilayah pedesaan dan sedang mencari peluang usaha baru yang tepat dan menjanjikan di desa maka usaha ternak hewan merupakan pilihan yang bagus bagi anda. Karena jenis bisnis ini sangat mudah dilakukan dengan modal kecil. Beberapa ternak yang menjadi Peluang Usaha Ternak di Desa yang Pasti Berhasil, diantara nya yaitu:

Ternak Bebek

Pada suatu hari salah seorang kerabat penulis hendak membuka usaha ternak bebek. Ia memerlukan modal usaha sebesar Rp 1,5 juta untuk pembuatan kandang bebek, bibit bebek dan pakan. Untuk mendapatkan modal usaha sebesar itu, ia menjual tabung gas 3 kg sebanyak 10 buah. Tabung tersebut asalnya dari usaha eceran gas 3 kilogram elpiji yang bangkrut. Ternyata alasan ia memilih usaha ternak bebek karena di sawah ia pernah berjumpa dengan seorang peternak bebek yang kaya raya dan mempunyai rumah dan mobil mewah berkat bisnis ternak bebek yang ditekuni. 

Ternak Ayam Pedaging

Ternak ayam pedaging merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang besar. Musim dalam membeli ternak ini pun tidak ada habisnys, Bisnis peternakan ayam pedaging atau broiler sangat mudah dijumpai di pedesaan. Bisnis ini mudah dijalankan dengan potensi untung besar baik saat musim hari raya maupun musim tahun baru tiba.

Ternak Lele

Usaha beternak lele merupakan salah satu usaha yang akhir akhir ini sangat digemari oleh masyarakat karena sangat mudah dalam perawatan dan modal yang dikeluarkan pun relatif sedikit. Usaha beternak lele bisa menggunakan alternatif seperti beternak dalam kolam terpal dan beternak dalam bendungan atau kolam. Pemeliharaan lele hanya kurun waktu 40 – 45 hari. Pertimbangan lain adalah biaya pakannya murah karena bisa mengandalkan pakan pakan limbah tanpa harus mengurangi kadar gizi dan kebutuhan gizi lele tersebut.

Beternak Belut

Bisnis belut merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek bagus, Bisnis budidaya hewan ternak yang dapat dilakukan di lahan sempit lainnya modal kecil tapi keuntungan optimal. Untuk melakukan bisnis budidaya belut dapat dilakukan memakai kolam kecil atau di dalam drum bekas yang diisi air. Para pecinta kuliner belut cukup besar jumlahnya di Indonesia.

Beternak Ikan

Nila merupakan jenis ikan yang sangat disukai banyak orang untuk dikonsumsi. Nama lain dari ikan nila adalah ikan mujair. Permintaan akan ikan ini tiap tahun nya meningkat apalagi jika tahun baru tiba. Sehingga restoran, dan rumah makan banyak yang memburu hewan ini untuk dijadikan menu spesial bagi penikmat kuliner. Harga jual ikan nila pun relatif lebih stabil ketimbang harga ikan sejenisnya. Selain harga yang stabil, pemeliharaan ikan nila pun lebih mudah lho dari yang di bayangkan.

Pos terkait