Merawat Laptop Baru dengan Baik dan Benar

  • Whatsapp

Jika kalian membeli laptop baru, bukan berati kalian tidak merawatnya seperti laptop lama kalian.

Jangan sampai laptop yang kalian miliki sudah mulai turun kinerjanya baru kalian merawatnya.

Muat Lebih

Karena dari awal kalian merawat laptop sejak baru beli, maka laptop yang kalian miliki dapat menemanimu dalam jangka waktu yang lama dengan kondisi prima.

Dalam merawat laptop kalian harus melakukannya dengan baik dan benar supaya laptop yang kalian gunakan dapat bertahan lama dan awet bahkan sampai bertahun tahun.

Penggunaan laptop sebaiknya sesuai dengan prosedur sangat dianjurkan, hal ini untuk kalian yang berniat membuat laptop bisa bertahan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kami memiliki beberapa langkah yang perlu kalian ketahui cara merawat laptop dengan baik dan benar.

1. Jangan Terlalu Sering Bermain Game Berat

Merawat Laptop Baru dengan Baik dan Benar
Merawat Laptop Baru dengan Baik dan Benar

Bermain game berat secara terus menerus merupakan penyebab paling banyak dari kerusakan laptop.

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang suka bermain game adalah terlalu sering digunakan untuk main game berat.

Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam jangka waktu yang lama dapat menyebebkan komponen laptop mengalami overheat.

Selain overheat bermain game berat dalam waktu lama juga dapat menyebabkan baterai laptop kalian bocor.

2. Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop

Menaruh barang yang berat di atas laptop seperti buku atau benda lainnya merupakan kebiasaan yang di anggap sepele oleh pemilik laptop.

Padahal kebiasaan ini dapat berakibat fatal pada laptop. Karena bobot benda akan menekan layar LCD ke keyboard dan lama kelamaan akan merusaknya.

Selain masalah di atas, akan mengakibatkan juga cakram padat yang ada di dalam kandar akan terhimpit dan akhirnya akan patah.

3. Bersihkan Laptop Secara Berkala

Debu merupakan salah satu biang masalah bagi laptop. Maka kalian harus rutin membersihkan laptop minimal tiga minggu sekali untuk membersihkan dan memeriksa perangkat keras yang ada pada laptop.

Jika banyak debu yang menumpuk di tempat keluarnya udara, mainboard maupun kipas laptop dapat menyebabkan laptop cepat panas.

Cara membersihkannya kamu bisa menggunakan kain halus dan cotton bud untuk menjangkau sudut – sudut sempit laptop seperti kipas pendingin.

Begitu juga dengan bagian layar laptop jangan sampai terlewat untuk membersihkannya ya.

Caranya yaitu dengan mematikan dahulu laptop, lalu usapkan lap khusus pembersih laptop atau microfibre (kering) ke seluruh bagian luar laptop.

Pastikan kalian membaca instruksinya dengan teliti ya.

4. Jauhkan Minuman dan Makanan dari Laptop

Jika kalian suka menggunakan laptop sekaligus menikmati minuman, jangan sampai cairannya tumpah di atas laptop.

Cairan yang tumpah di atas laptop dapat merusak komponen microelektronika internal atau menyebabkan kerusakan listik.

Kerusakan listrik dapat merusak data atau bahkan menghancurkan komponen laptop secara permanen.

Maka jauhkan minuman dari laptop, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Selain menjauhkan dari minuman, kalian yang suka mengemil saat menggunakan laptop makan lebih baik berhati – hatilah ketika menaruh dan memakannya.

Jangan sampai ada makanan yang berjatuhan pada celah – celah keyboard. Karena hal itu dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

5. Selalu Matikan Laptop

Laptop harus selalu dimatikan ketika tidak kalian gunakan ya.

Mematikannya saat kita tidak menggunakannya akan mencegah laptop cepat panas sekaligus memberikan waktu istirahat bagi perangkat laptop kesayangan kalian.

Perhatikan juga cara mengemas laptop, jangan pernah membawa laptop dalam keadaan standby, karena akan merusak hard disk.

Selain itu pada saat kita masukkan ke dalam tas, jangan menutup resleting secara penuh karena akan menyebabkan minimnya sirkulasi udara.

Dalam membawa laptop di dalam tas jangan terlalu banyak membawa barang bawaan bersama laptop.

Hal tersebut dapat mengakibatkan beban yang terlalu berat sehingga dapat menekan layar laptop dan dapat menimbulkan kerusakan.

Sekian tips dari kami, semoga cara merawat laptop baru di atas dapat bermanfaat buat kita.

Jadi jangan malas dan meremehkan kondisi laptop yang masih baru ya.

Semoga cara ini akan membantumu menekan pengeluaran servis dan bahkan membeli perangkat baru karena kalian malas untuk merawatnya.

Pos terkait