Mengenal syarat tumbuh buah Sirsak

  • Whatsapp

Sirsak (Annona muricata) adalah tanaman buah yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Sirsak memiliki buah yang bukan buah sejati karena yang dimaksud dengan buah pada sirsak adalah buah agregat atau kumpulan buah-buah yang memiliki biji tunggal berhimpit dan kehilangan batas antar masing-masing buah.

Sejak ditemukan adanya banyak manfaat dari sirsak, terutama pada buah dan daunnya yang dipergunakan sebagai salah satu obat herbal anti kanker paling ampuh saat ini, tanaman sirsak mulai dilirik banyak kalangan.

Muat Lebih

Mengenal syarat tumbuh buah Sirsak

Tak banyak yang berinisiatif untuk membudidayakan tanaman sirsak (barangkali karena minimnya informasi terkait peluang usaha budidaya sirsak). Buah sirsak dapat mencapai ukuran 20 hingga 30 cm dengan berat bisa mencapai 2,5 kilogram. Daging buah pada sirsak berwarna putih dengan jumlah biji yang cukup banyak berwarna hitam. Terdapat beberapa jenis serta manfat yang terkandung dalam sirsak , diantara nya yaitu:

Mengusir kolesterol jahat

Sirsak tidak cuma mengandung vitamin C, tetapi juga mengandung serat yang sangat baik untuk tubuh. Serat pada buah sirsak ternyata dapat menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Hingga yang tersisa di dalam tubuh hanya kolesterol yang baik saja

Menjaga imunitas tubuh

Buah sirsak mengandung vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C dalam sirsak yang tinggi setidaknya telah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Selain itu vitamin C ini mempunyai peran penting dalam tubuh yaitu menjaga sistem imun tubuh, mencegah radikal bebas, menghindari infeksi sampai mencegah penuaan dini.

Baik untuk tulang

buah ini dapat mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. Di setiap 100 gram buah sirsak ternyata mengandung 14 miligram kalsium serta 27 miligram fosfor. Tidak cuma nutrisi itu saja yang menyebabkan sirsak dapat menjaga tulang.

Mencegah kanker

Tidak cuma nutrisi berupa vitamin saja yang terdapat dalam buah sirsak. Sirsak ternyata juga mengandung senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Senyawa fitokimia ini nyatanya sangat baik untuk mencegah beragam virus yang dapat mengakibatkan penyakit beresiko seperti kanker.

Selain manfaat diatas, sirsak juga bermanfaat untuk menghilangkan bisul, mengatasi migrain, menjaga kelembaban kulit, mencegah wasir, mengatasi dan mencegah anemia, anyang – anyangan, diare pada anak, liver, asam urat dan berbagai penyakit lainnya. Sirsak sangat bermanfaat bagi tubuh karena di dalamnya mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, diantara nya yaitu karbohidrat, serat, kalium, Vitamin C, Fosfor dan kalsium.

Ada berbagai macam jenis sirsak, yaitu:

  • Sirsak biasa, ini adalah sirsak umum yang biasa kita temui. Penyebaran sirsak ini hampir merata di seluruh Indonesia. Rasa sirsak ini cenderung asam sehingga untuk mengkonsumsinya biasanya ditambahkan gula atau pemanis.
  • Sirsak ratu, nama ratu diambil dari nama habitat tanaman sirsak ini ,yaitu berasal dari pelabuhan ratu-jawa barat ,ukuran dari sirsak ratu bervariasi.Ada yang besar ada juga yang kecil. Penampakan keseluruhan tidak jauh berbeda dengan sirsak biasa, hanya saja, rasanya lebih manis.
  • Sirsak mandalika ,jenis sirsak ini jarang kita temui di pasar-pasar maupun supermarket,walaupun,penyebarannya menyeluruh di wilayah Indonesia. Duri yang terdapat pada bagian luar sangat jarang,tidak seperti pada buah sirsak biasa. Perbedaan lainnya adalah warna daging buahnya yang tidak berwarna putih tapi berwarna kuning. Dan rasanyapun sangat manis.
  • Sirsak Bali, sirsak ini biasa juga di sebut dengan sirsak gundul, hal ini dikarenakan tampilan permukaan kulit luarnya yang licin tanpa duri tidak seperti sirsak pada umumnya. Ukuranya lebih kecil dari sirsak jenis lain dan dagingnya pun manis.

Untuk memulai usaha dan membudidayakn buah sirsak, ada beberapa syarat tumbuhnya tanaman buah sirsak, diantara nya yaitu:

  1. Tanaman sirsak dapat tumbuh secara baik di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi
  2. Jenis tanah yang cocok bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman sirsak adalah jenis tanah merah, tanah andosol, aluvial, lempung berpasir, dan tanah liat cokelat dengan kandungan humus dan bertekstur tanah gembur.
  3. Tingkat keasaman tanah (pH tanah) sangat menentukan sekali proses pertumbuhan tanaman ini, yakni cocok ditanam pada pH kisaran 5 – 6,5.

Pos terkait