Mencegah dan Mengatasi Kerugian dalam Usaha

  • Whatsapp

Setiap pengusaha baik itu pemula maupun yang sudah berpengalaman, tentu nya tidak ada yang mengharapkan mengalami kerugian dalam bisnisnya, walaupun kerugian merupakan suatu resiko usaha yang harus ditanggung pengusaha dalam menjalankan bisnis.

Tidak selama nya bisnis akan terus berjalan menguntungkan. Kerugian juga akan turut mewarnai perjalanan bisnis kalian, terlepas dari besar dan kecilnya kerugian yang kalian alami, kerugian juga akan menimbulkan ketidaknyamanan dan merasa khawatir bahwa bisnis kalian akan mengalami kebangkrutan.

Muat Lebih

Di balik sisi negatif dari kerugian, terdapat manfaat yang bisa kita dapatkan lho, yaitu untuk memperbanyak pengalaman kalian dalam berbinis, sehingga jika sudah mengalami kerugian dapat kita jadikan pembelajaran di kemudian hari supaya tidak mengalami kerugian yang serupa dan dapat tenang mengatasi permasalahan yang di hadapi.

Untuk beberapa orang yang memnag memiliki mental pebisnis pasti tidak akan merasa kesulitan dalam menghadapi kerugia dalam bisnis. Tapi bagaimana dengan orang yang masih belajar ? Adakah cara untuk mencegah untuk mencegah kerugian dalam usaha?

Mencegah dan Mengatasi Kerugian dalam Usaha

Cara yang dapat diterapkan dalam mencegah dan mengatasi kerugian dalam usaha diantara nya yaitu:

Buat perencanaan usaha yang baik

Perencanaan dalam bisnis dilakukan untuk menyelaraskan produk dan proses bisnis yang dilakukan sehingga nantinya kita tidak mengalami kerugian besar. Untuk usaha kecil, perencanaan mungkin bisa dibuat setelah usaha berjalan, namum untuk usaha dalam skala besar sebaiknya perencanaan ini dilakukan pada tahap awal untuk memperoleh gambaran usaha yang akan dijalankan. Tips yang dapat kita lakukan dalam membuat perencanaan usaha diantaranya:

  1. Tentukan jenis usaha yang akan dijalankan dengan strategi usaha yang berbeda dari yang lain.
  2. Tentukan lokasi dimana usaha akan dijalankan, hal ini akan berpengaruh pada anggaran keuangan yang harus disediakan.
  3. Menentukan besarnya modal yang dimiliki termasuk berasal darimana sumber permodalan tersebut.
  4. Proyeksikan laba rugi dengan target penjualan dan perkiraan biaya operasional yang sudah ditetapkan.

Fokus pada target

Mencegah dan mengatasi kerugian dalam usaha selanjutnya yaitu fokus pada target penjualan. Hal ini dinilai cukup ampuh dalam mengatasi kegagalan para pengusaha. Bagi banyak orang, target adalah hal yang harus dicapai karena mengyangkut tujuan hidup. Dengan cara ini, kalian dituntut untuk terus berinovasi dan membuat perubahan baru dalam usaha. Jika kalian sudah fokus dengan target, kalian pasti akan bersemangat bangkit dari kegagalan dan kembali berusaha menggapainya. Jika kalian punmerasakan hal yang sama, maka lakukan lah bagian ini dengan mencoba mencapai target dan segera bangkit dari kegagalan.

Evaluasi

Proses pembangunan bisnis penuh dengan keringat, air mata, meikiran kreatif dan tanggung jawab, terlepas dari itu semua yang pasti adalah kalian memerlukan pengetahuan yang cukup dalam membangun bisnis. Selain merasakan keuntungan, kalian harus melalui proses yang panjang bahkan mengalami kegagalan. Jika kalian mengalami kegagalan, ada baik nya melakukan evaluasi untuk menganalisa letak kesalahan sehingga menimbulkan kerugian. Hal-hal yang harus dianalisa dalam mengevaluasi sebuah bisnis adalah:

  • Apakah produk kalian memiliki nilai jual?
  • apakah ada permintaan yang cukup dari market?
  • Lakukan riset pasar
  • Kemudian jalankan inovasi yang ingin dilakukan.

Ubah pola fikir menjadi terbuka dan menerima perubahan

Pola fikir seseorang merupakan salah satu hal penting dalam membangun bisnis yang menguntungkan. Pada dasarnya, para pengusaha pasti pernah mengalami pasang surut sejak memulai bisnisnya.

Banyak pebisnis yang tidak suka mendengar pendapat orang lain, dan merasa kritikan yang jujur membuatnya merasa direndahkan. Mereka kadang tidak menyadari, bahwa mendengarkan memang menyakitkan akan tetapi pada akhirnya kenyataan lah yang akan menyelamatkan bisnisnya.

Maka dari itu, seorang pebisnis disarankan agar memiliki pemikiran terbuka terhadap segala kritik dan saran yang datang pada mereka. Mendengar adalah kunci dari menerima kekurangan dan kelebihan.

Orang yang fikiran nya terbuka tidak akan takut dengan perubahan yang terjadi untuk terus maju dalam kondisi apapun. Perubahan menjadi kreatif dan pemikiran terbuka membantu kita dalam menyelesaikan masalah yang baik.

Dengan kegagalan, anda akan merasakan suatu pengalaman dan pelajaran yang baru, yang tidak didapatkan oleh semua orang di luar sana. Yang hebat nya lagi adalah ketika kalian dapat bangkit dari kegagalan dan membuat perubahan yang pesat pada usaha yang kalian miliki. Selain itu, dengan kegagalan kalian juga memiliki pengetahuan baru tentang cara yang salah dalam mencapai kesuksesan. Tidak ada yang salah dengan kegagalan, yang salah adalah ketika anda kembali gagal dengan cara yang sama dan berulang-ulang.

Pos terkait