Menambah Penghasilan dengan Ternak Telur Puyuh

  • Whatsapp

Burung puyuh termasuk burung yang diburu dan dagingnya untuk dimasak, karena memang daging burung puyuh sangat lezat dan manis, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Selain dikonsumsi dagingnya, telur puyuh jauh lebih dicari oleh masyarakat kita. Telur puyuh yang berukuran kecil biasanya dimasak untuk berbagai sajian lezat, atau direbus untuk dikonsumsi secara langsung. Kandungan nutrisi pada telur puyuh sangat tinggi. Tidak heran kalau masyarakat kita sangat menyukai telur puyuh.

Muat Lebih

Burung puyuh adalah jenis hewan kecil yang tenang dan mampu menguasai diri dengan baik juga bisa menghasilkan 5 hingga 6 telur setiap minggunya. Maka, usaha peternakan atau sebuah upaya budidaya puyuh sangatlah menguntungkan, dimana anda bisa melestarikan sekaligus memenuhi permintaan pasar.

Menambah Penghasilan dengan Ternak Telur Puyuh

Manfaat telur puyuh bagi kesehatan adalah:

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Telur puyuh mengandung zinc. Zinc adalah mineral yang memiliki peran penting dalam merawat kesehatan gigi, pun mengatasi masalah bau mulut.

  • Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Telur puyuh menyumbang 8-10 persen dari jumlah total asupan vitamin A harian, dan 22-28 persen asupan kolin harian. Kedua zat tersebut efektif dalam mencegah infeksi, tak terkecuali meminimalisir risiko penyakit jantung.

  • Mencegah Anemia

Zat besi adalah zat yang berperan penting dalam produksi hemoglobin. Asupan zat besi yang cukup tentu akan membuat kadar hemoglobin dalam darah stabil. Telur puyuh adalah salah satu sumber zat besi terbaik yang bisa Anda dapatkan guna mencegah anemia.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsi telur puyuh secara rutin tentunya akan membuat fungsi mata selalu optimal dan menghindari mata mengalami sejumlah gangguan seperti kornea rusak dan katarak.

  • Mencegah Kanker

Khasiat telur puyuh ini dikarenakan adanya kandungan selenium, yakni zat antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

  • Memperlambat Penuaan

Khasiat telur puyuh juga bisa untuk memperlambat proses penuaan. Artinya, mengonsumsi telur puyuh secara rutin bisa membuat Anda awet muda. Kandungan zat anti-penuaan bernama lutein menjadi faktor kunci dari manfaat telur puyuh yang satu ini.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan kolin pada telur puyuh disebut-sebut efektif guna mempertajam daya ingat, pun merawat sel otak.

Adapun langkah – langkah dalam budidaya ternak telur puyuh yaitu:

Persiapan Kandang

Persiapan kandang atau tempat pemeliharan buyung puyuh ini biasanya terdapat 2 pilihan yang biasa di terapkan oleh para perternak burung puyuh, yaitu : sistem sangkar atau batere dan sistem litter atau lantai sekam. beberapa persiapan awal untuk syarat yang dibutuhkan untuk pembuatan kandang burung puyuh, yaitu:

  1. Agar kondisi kandang tersebut tidak terlalu lembab, maka aturlah sepaya letak kandang akan tetap terkena sinar matahari.
  2. Kelembabab kandang setidaknya hanya berkisar 30 hingga 80%
  3. Memerlukan bantuan penerangan untuk kandang sekitar 25 hingga 40 watt pada waktu siang dan 40 hingga 60 watt pada malam hari.
  4.  temperatur normal atau idealnya, sekitar 20 hingga 25 derajat C.

Proses Pembibitan

Memilih indukan yang berkualitas baik atau unggul adalah tahapan cerdas yang akan menentukan persentase keberhasilan dari budidaya puyuh ini. Pemilihan bibit atau para indukan burung puyuh sendiri sebenarnya dapat di sesuaikan dengan berbagai tujuan dari pemeliharaannya , karena ada 3 tujuan utama dari budidaya puyuh ini yaitu :

  1. Jika anda melakukan budidaya burung puyuh untuk melakukan produksi daging, maka di pilih indukan puyuh betina dan jantan afkiran atau yang sudah tidak produktif lagi menghasilkan telur.
  2. Jika anda melakukan budidaya untuk pengoptimalan produksi telur yang di tetas atau pembibitan maka pilihlah puyuh betina yang sangat aktif dan baik dalam tingkat kualitas produksi telurnya dan para jantan yang tentunya akan sehat dan siap untuk membuahi para puyuh betina supaya bisa menetaskan telur yang berkualitas terbaik.
  3. Jika anda berusaha menerapkan produksi telur puyuh untuk konsumsi, maka pilih lah bibit atau indukan puyuh betina yang bebas dari berbagai penyakit bawaan dan sehat.

Pemeliharaan puyuh

Tidak terlalu rumit memang, tentunya ada beberapa hal yang anda harus perhatikan dalam pemeliharaan, proses pemeliharaan burung puyuh yaitu:

  • Perhatikan Sanitasi atau Kebersihan

Melakukan proses vaksinasi dan juga memelihara kebersihan atau sanitasi kandang adalah hal yang di perlukan dalam memelihara hewan apapun, termasuk burung puyuh

  • Melakukan Kontrol Penyakit

Pengontrolan terhadap penyakit seharusnya sering di lakukan apabila adanya berbagai tanda – tanda mencurigakan yang menandakan para burung puyuh sedang sakit atau tidak sehat.

  • Memberi Makanan

Makanan yang biasa di berikan kepada burung puyuh biasanya bergantung pada umur dari puyuh itu sendiri. Pada masa awal dari pertumbuhan atau biasa di sebut masa satrter, Sedangkan pakan dalam bentuk butiran atau crumble biasanya akan di berikan apada puyuh yang berumur 3 minggu.

Pos terkait