Laptop Lemot? Inilah Langkah Yang Harus Dilakukan

  • Whatsapp

Seiring perkembangan jaman, banyak orang yang beralih dari PC ke laptop, karena alasan laptop tergolong lebih praktis.

Meskipun laptop lebih praktis, laptop juga bisa lemot layaknya produk elektronik lain, laptop juga akan mengalami penurunan peforma.

Muat Lebih

Jika hal itu terjadi pada laptop kalian, pasti akan memberi masalah apalagi kalian sedang mengerjakan pekerjaan yang penting dan harus cepat selesai.

Sebaiknya kalian mengetahui penyebab laptop kalian lemot, siapa tau mengatasi masalah tersebut bisa kalian atasi sendiri di rumah.

Jika kalian belum menemukan masalah mengapa laptop kalian menjadi lemot, maka kita akan berbagi tips untuk mengatasi laptop lemot.

Nah mari kita bahas satu persatu tips dari kami langkah mengatasi laptop lemot.

1. Menggani Hard Disk ke SSD

Laptop Lemot? Inilah Langkah Yang Harus Dilakukan
Laptop Lemot? Inilah Langkah Yang Harus Dilakukan

Penyebab yang membuat laptop menjadi lambat salah satunya yaitu karena kecepatan data dari hard disk ke prosesor lambat juga.

Hal itu bisa terjadi karena laptop yang kalian miliki masih menggunakan harddisk HDD yang memiliki kecepatan data relatif lambat.

Maka sebaiknya kalian mengganti penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD.

Cara ini insyaallah dapat mengatasi laptop kalian yang lemot dan akan membantu proses booting jauh lebih cepat dan membuat laptop menjadi lebih responsif.

Cara trsebut sangat bisa dipertimbangkan, jika kalian ingin laptop kalian lebih cepat meskipun memang harga SSD cukup mahal.

2. Upgrade RAM

Berikutnya cara yang bisa dilakukan yaitu kalian bisa menambahkan RAM pada laptop kalian.

Pada saat kalian membeli laptop, masih banyak yang dibekali dengan RAM 4 GB atau bahkan ada yang 2 GB.

Tetapi jika anda ingin memiliki laptop dengan kecepatan yang lebih kalian bisa membeli RAM dengan kapasitas sebesar 8 GB atau bahkan smapai 16 GB. Kalian bisa membelinya setelah kalian memiliki uang lebih.

Laptop pada jaman sekarang memiliki software yang membutuhkan RAM sebesar 8 GB.

3. Rutin Merawat Hardware

Laptop juga membutuhkan perawatan dari hardwarenya, karena banyak orang yang melupakan hal tersebut.

Padahal hal ini harus dilakukan agar laptop kalian tidak menjadi lemot yang disebabkan oleh debu yang menumpuk di perangkat hardware kalian.

Kalian bisa melakukan ini minimal setahun sekali. Pembersihan mulai dari kipas agar debu tidak menghambat sirkulasi udara, matherboard, hingga penggantian thermal paste.

Laptop yang berdebu dapat menyebabkan hardware mengalami panas berlebih dan dapat menurunkan kinerja dari laptop tersebut.

4. Virus

virus merupakan salah satu masalah yang ada pada laptop kalian yang bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi sangat lemot.

Hal tersebut dapat disebabkan karena laptop sudah terinveksi oleh virus.

Virus tersebut akan merusak file sistem sehingga windows tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Jika dibiarkan saja maka bisa jadi windows laptop bisa terjadi error sehingga tidak bisa digunakan atau dioperasikan.

Selain merusak virus juga bisa memakan ruang RAM yang mengakibatkan laptop jadi lambat.

Hal ini dapat dilakukan dengan men scan dengan antivirus yang terpercaya dan sudah terbukti dengan kualitasnya yang bagus.

Gunakanlah antivirus satu jenis saja krena hal tersebut dapat mengakibatkan bentrok antar aplikasi antivirus dan akan memperburuk keadaan laptop yang pasti akan menjadi tambah lemot.

5. Instal Ulang Windows

Jika lapptop kalian sudah berusia tua hal itu tidak hanya mempengaruhi kinerja hardware saja, tapi juga dapat mempengaruhi kinerja software.

Salah satunya yang sering terkontaminasi adalah sistem operasi, terutama windows, karena windows paling banyak digunakan pada laptop.

Jika windows sudah terpengaruh, maka kinerja laptop akan menjadi tidak normal atau kurang optimal dan akan mengakibatkan crash.

maka kalau windows kalian sudah terinfeksi lebih parah, maka kami sarankan untuk mereset atau menginstal ulang windows ya.

Tetapi jika kamu ingin yang lebih ringan, maka kalian bisa gunakan OS lainnya seperti Linux dan yang lainnya. Tinggal kamu pilih yang menurut kalian mudah untuk digunakan.

Windows memang jauh lebih mendukung dengan banyaknya fitur yang dibawa, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba sistem operasi lainnya seperti linux untuk kinerja laptop yang lebih baik.

Sekian tips dari kami, semoga bisa membantu kalian dari permasalahan laptop lemot yang membuat kalian kesal.

Selamat membaca semoga bermanfaat.

Pos terkait