Kesalahan Dalam Memulai Bisnis yang Harus Diketahui

  • Whatsapp

Bisnis merupakan salah satu peluang usaha yang banyak diminati oleh sebagian orang. Tidak hanya karena keuntungan, pebisnis bisa dengan mudah membangun sebuah usaha dengan berbagai cara baik itu dengan modal besar maupun kecil.

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis yang Harus Diketahui

Membangun bisnis dari nol bukan suatu perkara mudah. Sebagai pebisnis, kalian akan menemukan kesalahan dan kegagalan dalam menjalankannya. Begitu kalian berada dalam permainan bisnis, kalian tidak bisa terus menerus membuat kesalahan atau kegagalan. Kalian harus cerdas untuk memenangkan keunggulan dalam bersaing dengan orang lain. Dengan kata lain, kesalahan atau kegagalan tersebut harus segera ditangani sebelum menyebabkan bisnis gulung tikar bahkan tidak sedikit yang mengalami nya.

Muat Lebih

Kesalahan dalam berbisnis pasti pernah dialami oleh enterpreneur yang sudah berpengalaman maupun yang masih pemula. Bahkan, sebagian dari mereka familiar dengan kesalahan atau kegagalan tersebut. Enterpreneur yang selamat dalam hantaman kesalahan atau kegagalan tidak hanya bermodalkan semangat dan bangkit, tapi dengan memahami resiko – resiko lainnya.

Need to work hard and everything doesn’t happen overnightKarena semua butuh proses, hanya orang – orang sabar yang dapat melewati itu

Kenapa kalian harus memahami kesalahan yang sering terjadi pada pebisnis? jawabannya sangat sederhana yaitu agar bisnis yang kalian jalankan tidak mengalami kerugian atau bahkan failed di tengah perjalanan. Kesalahan atau kegagalan tersebut diantaranya yaitu:

Pertama “Terlalu Banyak Menerima Saran dari Orang Lain”

Dalam menjalankan bisnis, kalian perlu untuk menerima kritik dan saran dari orang – orang sekitar, atau bahkan kritik dari pebisnis yang sudah melewati rintangan yang sama.

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis yang Harus Diketahui

Namun, kalian tetap harus memilih dalam menerima masukan. Disini, anda harus kritis dan jangan terlalu banyak menerima masukan dari siapa saja, disini anda bukan untuk mendengarkan orang lain dan menjadikan bisnis anda sebagai bisnis yang diinginkan orang lain. Rekomendasi yang lebih baik yaitu kalian dapat perhatikan masukan dari pebisnis yang sudah berpengalaman di bidang bisnis yang kalian pilih.

Kedua “Memiliki Partner Yang Salah”

Partner disini disebut juga sebagai rekan kerja dalam membangun bisnis, baik itu sebagai orang yang bersama dengan kita membangun bisnis maupun orang yang menanamkan saham nya di bisnis kita.

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis yang Harus Diketahui

Hal ini tentu tidak mudah apalagi bagi pebisnis yang masih pemula. Kalian harus selektif dalam memilih rekan bisnis. Untuk ngembangkan ide bisnis, pilih lah orang yang benar – benar memiliki komitmen. Kriteria yang dapat kalian pilih yaitu pilihlah rekan kerja yang memahami bidang bisnis yang kalian buat dan yang memiliki keterampilan dalam bidang tersebut serta dapat di percaya, sehingga kalian dapat memberikan relasi yang baik dan dapat saling melengkapi juga mendukung satu sama lain.

Ketiga “Manajemen Keuangan”

Keuangan merupakan salah satu faktor penting dalam bisnis. Setiap orang memiliki manajemen keuangan yang berbeda bahkan ada beberapa yang mana sulit dalam mengatur keuangan yang baik.

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis yang Harus Diketahui

Cara mengatur keuangan yang mudah diantara nya yaitu:

  • Buatlah anggaran dan tetap fokus dengan anggaran yang telah di tetapkan
  • Hitung setiap pengeluaran yang terjai
  • Usahakan untuk memanfaatkan bahan yang tersedia untuk mengurangi biaya operasional.
  • Berhematlah dalam setiap penghasilan yang di dapat

Keempat “Minim Pemasaran”

Bisnis akan berjalan dengan baik sesuai dengan pemasaran kita terhadap publik, dengan memberikan potongan atau diskon sudah termasuk dalam meningkatkan pemasaran bisnis kalian lho.

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis yang Harus Diketahui

Strategi pemasaran kalian tidak boleh memiliki lingkup tertentu, artinya tidak boleh untuk sekelompok pelanggan tertentu. Pengusaha yang sukses biasanya fokus pada strategi pemasaran dinamis yang menangani semua jenis pelanggan dan dari semua kalangan.

Kelima “Perencanaan Bisnis Tidak Matang”

Seorang enterpreneur harus berani dalam mengambil resiko baik itu kecil maupun besar. Resiko dini bukan berarti kalian harus nekat dalam memulai bisnis. Artinya, perlu ada persiapan yang matang dengan cara membuat rencana bisnis yang teratur dan terkonsep dengan baik.

Kesalahan Dalam Memulai Bisnis yang Harus Diketahui

Dengan adanya rencana bisnis, kalian bisa tahu tujuan, Hal – hal yang perlu dilakukan dalam bisnis, strategi pasar, Siap menghadapi pesaing dan mengembangkan bisnis yang lebih besar.

Jika kalian melewati kesalahn diatas, jangan tergesa – gesa dalam mengambil keputusan. Lakukan Analisa terlebih dahulu agar permasalahan yang ada dapat di pecahkan dengan baik. Mudah Bukan? Salam enterpreneur!

Pos terkait