Kesalahan Dalam Melakukan Promosi di Media Sosial

  • Whatsapp

Media sosial merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan dalam berbisnis. Media sosial dapat menjadi ladang meraup keuntungan dengan cepat. Melaku

kan promosi melalui media sosial adalah cara promosi termurah dan termudah.

Muat Lebih

Saat ini, sudah banyak yang melakukan promosi usahha di beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter. Keuntungannya yaitu menarik perhatian masyarakat terhadap produk yang kita tawarkan.

Sosial media saat ini sudah menjadi sebuah media paling handal dan ampuh, banyak startup untuk mempromosikan dan melakukan penawaran dengan pelanggan. Meski seperti itu, dari sekian banyak pengusaha yang melakukan promosi menggunakan akun sosial media, masih banyak startup yang salah dalam menerapkan cara yang tepat.

Bagi pendatang baru, membuat kesan pertama yang baik adalah poin penting alasannya yaitu dapat memberikan peluang kepada kompetitor dengan kesempatan besar hanya karena informasi yang terlihat sepele namun mengambil peranan penting. Dengan melakukan kesalahan, membuat proses promosi menjadi terhalang dan terhambat.

Kesalahan Dalam Melakukan Promosi di Media Sosial

Setiap sosial media membutuhkan pendekatan, strategi dan cara penggunaan yang berbeda – beda. Kesalahan Dalam Melakukan Promosi di Media Sosial yang biasa dilakukan oleh pebisnis dan yang harus dihindari oleh pemula diantara nya yaitu:

Jarang update informasi

Jarang mengupdate informasi dapat membuat pengikut anda akan menghilang perlahan secara otomatis. Mungkin tidak hari ini, namum jika terus – terusan vakum semakin lama mereka akan semakin bertambah pergi dan menganggap produk bisnis yang sudah bangun menjadi gulung tikar alias bangkrut.

Maka dari itu, anda harus mengatur jadwal mengupdate informasi tentang informasi produk dan harga dengan detail hingga menu terbaru dari produk anda. Tujuan nya yaitu untuk membuat pelanggan merasa terlayani berkat keseriusan anda dalam memberikan informasi secara rutin dan terstruktur.

Lambat menangani konsumen

Terkadang, ada pembeli yang tidak sabar dengan respon yang lambat dari kalian. Pembeli adalah raja, mereka tidak mau tahu kenapa anda lama menjawab pertanyaan mereka di media sosial. Mereka hanya tahu bahwa anda berkewajiban untuk menjawab dengan cepat.

Maka dari itu, apabila ada pelanggan yang bertanya, ada baiknya anda segera menjawabnya. Selain itu, penting untuk memberitahu jam – jam atau hari aktif anda dalam merespon pertanyaan sehingga pelanggan dapat tahu kapan sebaiknya bertanya dan memahami waktu aktif anda.

Membuat akun di beberapa sosial media

banyak pengusaha yang membuat akun di semua sosial media. Hal ini bukan hal yang bagus karena postingan dengan konten yang berkualitas sehingga belum menarik pelanggan. Anda tidak maksimal dalam mengelola sosial media apalagi jika sendirian.

Branding yang Tidak Konsisten

Menggunakan strategi dan pendekatan yang berbeda untuk branding di sejumlah platform media sosial bisa menjatuhkan bisnis Anda. Pasalnya, hal tersebut akan membuat publik bingung dan tak mengenali brand Anda.

Menggunakan jenis konten yang berbeda untuk setiap sosial media tidak masalah, tetapi tidak bisa dilakukan untuk upaya branding.

Tidak update

Tidak ada orang yang tahu informasi seputar usaha Anda jika tidak diberi tahu terlebih dahulu. Sering kali rasa penasaran muncul akibat sebuah pernyataan atau informasi. Karena itu, jangan malas untuk memperbarui informasi usaha Anda.

Beritahu calon pembeli jika misalnya ada produk terbaru, diskon atau stok sudah habis. Jarang meng-update informasi akan membuat calon pembeli ragu untuk membeli produk Anda. Hal ini juga akan membuat Anda kehilangan pelanggan, karena mereka jarang melihat Anda mem-posting sesuatu di media sosial. Mereka akan mengira Anda sudah tidak berjualan lagi.

Konten tidak berkualitas

Tidak hanya kuantitas, melainkan Anda juga harus memperhatikan kualitas konten untuk sosial media. Cari tahu apa yang sedang menjadi topik pembicaraan netizen. Dan apa saja yang ingin diketahui pelanggan mengenai produk Anda. Tanpa informasi dan tampilan yang berkualitas, Anda akan kehilangan pengikut di sosial media.

Membeli pengikut palsu

Belakangan ini banyak akun yang membeli pengikut dan penyuka palsu, tujuan nya agar produk yang ditawarkan terlihat sudah terkenal. Hati – hati karena saat ini instagram sudah menghapus jutaan akun karena menggunakan pengikut bayaran. Kuncinya adalah dengan membangun hubungan asli dengan pelanggan.

Pos terkait