Kesalahan Dalam Melakukan Pengaturan Keuangan

  • Whatsapp

Keuangan merupakan suatu bilangan nomial dalam mata uang Indonesia. Pengaruh nya sangat besar terhadap kelangsungan hidup manusia. Segala sesuatu nya tidak bisa di beli dengan uang, tapi semua yang berhubungan dengan Jual beli dibeli dengan uang.

Keuangan berpengaruh besar terhadap proses kehidupan manusia, dengan adanya keuangan yang stabil maka akan melancarkan hidup seseorang. Keuangan jika tidak diatur dengam baik akan mengakibatkan ketidakstabilan uang yang keluar atau masuk. Balancing keuangan diperlukan untuk mengetahui sejauh penggunaan keuangan dalam periode tertentu. Manfaat lain dalam pengaturan keuangan yang baik diantara nya :

  • Penggunaan Uang lebih terukur
  • Untuk meningkatkan kualitas keuangan
  • Menghindari Utang piutang

Ketiga point diatas hanya sedikit manfaat dari banyak nya keuntungan dalam mengatur keuangan, apalagi bagi seorang pengusaha. Mengatur keuangan bagi seorang pengusaha sangat penting dalam kelangsungan bisnis nya, hal ini dikarenakan uang berhubungan langsung dengan berjalan nya operasional, permodalan dan pemberian upah minimum karyawan. Semua itu akan berguna dalam pengaturan keuangan yang baik dan teratur.

Kesalahan Dalam Melakukan Pengaturan Keuangan

Namun dalam pengaturan keuangan, ada beberapa orang yang mengalami kegagalan dalam pengaturan uang. Meskipun terlihat mudah, dalam pengaturan keuangan tidak dapat dianggap remeh dan menggampangkan. Jika kalian termasuk orang yang baru ingin melakukan pengaturan keuangan, maka harus diwaspadai kesalahan – kesalahan dalam pengaturan keuangan. Atau untuk kalian yang sudah mengalami kegagalan dalam pengaturan keuangan dapat lebih mewaspadai beberapa kesalahan yang biasa terjadi. Kesalahan dalam melakukan pengaturan keuangan diantara nya adalah:

Tidak memiliki anggaran keuangan

Anggaran keuangan merupakan salah satu faktor penting dalam mengatur keuangan, baik keuangan pribadi maupun keuangan bisnis. Anggaran diperlukan untuk memanajemen pengeluaran yang harus dilakukan dalam suatu periode, baik pengeluaran bulanan maupun tahunan. Dengan adanya anggaran keuangan dapat membuat proses keluar masuk keuangan dapat meminimalisir kerugian.

Tapi, jika dalam pengaturan keuangan tidak dilakukan perencanaan anggaran keuangan, maka akan berakibat fatal yaitu membuat pengeluaran meningkat, dapat mengalami kerugian, keuangan menyusut dan sebagainya.

Uang dicampur aduk dalam 1 rekening

Rekening digunakan untuk penyimpanan keuangan, lebih baik disimpan di rekening daripada di suatu tempat. Adakala nya menyimpan uang di suatu tempat dapat memberikan peluang kepada orang yang berniat jahat. Namun , kesalahan yang sering dilakukan oleh seseorang yaitu mencampur adukan keuangan pribadi sengan keuangan bisnis dalam satu rekening. Akibatnya, keuangan lebih tidak terurus karena pengeluaran yang dilakukan tidak dapat dibedakan antara pengeluaran pribadi maupun pengeluaran bisnis. Oleh karena itu, pisahkanlah rekening yang dibutuhkan. Jangan membuat keuangan semakin bertambah tanpa tau tujuan dari pengeluaran itu sendiri.

Tidak ada saving money

Dalam mengatur keuangan, sering kali seseorang lupa untuk meyisihkan sebagian uang nya untuk di kemudian hari. Akibatnya, jika ada kebutuhan yang mendesak maka mereka akan kesulitan untuk mendapatkan uang dan mencari jalan yang berbahaya seperti meminjam di orang lain yang memiliki bunga besar. Hal ini berakibat fatal karena dengan meminjam uang seperti itu dalam keadaan darurat membuat keuangan semakin terpuruk.

Pengeluaran melebihi pemasukan

Pernah melihat orang yang biasa hidup nya tidak teratur? Maksudnya tidak teratur yaitu tidak memiliki strategi keuangan dalam hidup. Pengeluaran melebihi pemasukan yang di dapat baik dalam bekerja maupun berbisnis. Hal ini dirasa sangat berbahaya dalam manajemen keuangan. Artinya, pengaturan keuangan yang kalian lakukan tidak memiliki dampak baik jika kalian masih mengeluarkan uang dalam jumlah banyak namun tidak bermanfaat.

Tidak memiliki dana darurat

Dana darurat merupakan dana yang dibutuhkan saat keadaan genting dan dadakan. Dengan adanya dana darurat kalian tidak perlu khawatir tentang kebutuhan yang mendesak. Namun jika kalian tidak memiliki dana darurat, maka kebutuhan penting akan tertunda dan menyebabkan ketidakstabilan kebutuhan penting yang harusnya sudah terselesaikan namun tertunsa karena keuangam yang tidak efisien.

Berinvestasi tanpa berfikir matang

Berinvestasi merupakan hal yang bagus dalam membangun keuangan yang baik. Dengan berinvestasi, kalian mendapatkan suntikan keuangan yang relatif lebih baik dan terukur. Keuntungan yang di dapat bahkan dapat meningkat jika berinvestasi lebih, karena keuntungan investasi sesuai dengan jumlah investasi yang diberikan.

Namun berbeda jika kalian Berinvestasi ditempat yang salah. Berinvestasi tanpa berfikir panjang dapat menyebabkan kerugian besar. Telusuri wadah investasi yang ingin diselami, apakah sudah legal atau malah hanya penipuan belaka.

Pos terkait