Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba

  • Whatsapp

Bisnis merupakan salah satu hal yang dapat orang lakukan untuk menambah pemasukan dan menambah ilmu pengetahuan di bidang bisnis. Salah satu nya yaitu bisnis waralaba. Apakah kalian tahu apa itu bisnis waralaba?

Waralaba secara umum didefiniskan sebagai hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. dengan kata lain, waralaba merupakan sistem mengkomersilkan bisnis yang sudah memiliki brand sangat kuat. Pelaku bisnis dalam hal ini yaitu penjual dan pembeli.

Muat Lebih

Banyak orang yang tertarik untuk berbisnis waralaba karena kemudahan dalam menjalankan bisnis tersebut. Terutama bagi sebagian orang yang ingin berbisnis namun masih ragu dengan kemampuan atau ide bisnis yang dimiliki.

Namun disisi lain, sebagian orang menganggap bahwa waralaba cenderung membosankan dan keuntungan yang diperleh sangat kecil karena harus membayar royalti dan pengembangan bisnisnya relatif sedikit karena hanya keuntungan hanya bergantung pada pemilik waralaba.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba

Dalam hal ini, kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan, tujuannya yaitu untuk mengetahui manfaat dan hambatan apa saja yang harus dihindari agar bisnis yang sudah dibnagun tidak mengalami kerugian.

Kelebihan dari bisnis waralaba diantaranya yaitu:

1. Manajemen bisnis terbangun dengan baik

Usaha waralaba yang memiliki nama atau reputasi bagus biasanya sudah mempunyai manajemen bisnis yang baik dan bisa memberikan keuntungan kepada mitra mereka. Ide bisnis, nama brand, dan sistem manajemen bisnis waralaba tersebut sudah teruji dan tinggal diimplementasikan pada lokasi baru.

2. Dukungan dan keamanan yang lebih kuat

Dalam bisnis waralaba, biasanya para pemilik usaha waralaba memberikan pelatihan khusus kepada para mitra mereka sebelum implementasi. Pelatihan ini mencakup manajemen finansial, Strategi pemasaran, cara periklanan, cara menjalankan usaha dan lain sebagainya.

Pelatihan tersebut biasanya sudah termasuk dalam pembelian paket waralab, sehingga para mitra akan dimudahkan dalam menjalankan bisnis mereka sesuai standar yang bagus.

3. Kemudahan dalam manajemen finansial

Finansial merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berbisnis. Kebanyakan investor lebih suka memberikan modal pada sebuah bisnis yang terbukti kokoh dari segi finansial dan jaringan marketing yang baik. Membangun usaha waralaba memberikan keuntungan karena sistem manajemen finansial harus diterapkan. Paa mtra tidak perlu khawatir lagi mengenai hal seperti yang terjadi dengan bisnis yang baru saja dimulai.

Dengan kemudahan ini diyakinkan bahwa usaha waralaba dapat diterapkan oleh semua orang .

4. Mempermudah kerjasama bisnis

Bisnis waralaba memiliki kerjasama yang telah terhubung dengan berbagai pihak lain yang terkait dengan bisnis tersebut. Kerjasama yang dilakukan diantra nya dengan pihak supplier, periklanan dan juga pemsaran.

Biasanya tantangan untuk orang yang ingin membuka bisnis baru adalah link kerjasama yang belum tersebar dan belum terbangun dengan bagus dan memerlukan waktu yang lama serta modal yang cukup besar, begitu pula dengan usaha waralaba.

5. Brand terkenal

Untuk meraup keuntungan yang lebih besar, diperlukan brand yang sudah terkenal. kelebihan dari waralaba yang paling utama adalah brand/merk yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Jika brand yang dimiliki sudah dikenal, maka kita tidak perlu lagi melakukan promosi besar – besaran hanya untuk mengenalkan suatu produk kepada calon konsumenkarena hal itu sudah tidak diperlukan lagi.

Tanpa adanya promosi atau iklan, reputasi dari bisnis tersebut sudah terbangun. hal ini akan memudahkan dalam hal pemasaran produk.

Selain kelebihan tersebut, ada terselip kekurangan yang menghambat para pelaku bisnis. Kekurangan dari bisnis waralaba yaitu:

1. Ketergantungan dengan waralaba lain

Ketergantungan dengan waralaba lain merupakan kekurangan terbesar dalam membangun bisnis waralaba. Jika waralaba lain melakukan kesalahan sekecil apapun yang merusak reputasi produk, maka hal ini juga akan mempengaruhi waralaba yang kita kelola.

2. Pemotongan Keuntungan

Pelaku usaha waralaba harus membayar biaya royalti dari sjumlah keuntungan yang didapatkan. Jika keuntungan yang didapatkan sedikit, berarti keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya.

3. Kurang Terkendali

Kekuragan ini merupakan kurangnya kendali dari pembeli waralaba terhadap bisnisnya sendiri, karena semua sistem telah ditentukan oleh pihak waralaba sehingga ruang untuk pembeli sangat terbatas.

Pos terkait