Cara Mudah Merawat Baterai Tanam (Non Removable)

  • Whatsapp

Seiring dengan kemajuan jaman dan kepraktisan, smartphone banyak menggunakan sistem baterai tanam atau biasanya disebut Non Removable.

Baterai non-removable membuat body smartphone menjadi lebih tipis sehingga membuat tampilannya terlihat lebih keren.

Muat Lebih

Baterai tanam (non-removable) berbeda dengan baterai yang bisa dilepas (removable), baterai yang bisa dilepas jika terjadi masalah atau daya baterai melemah, penguna bisa langsung melepas baterai dan menggantinya dengan yang baru.

Baterai tanam (non-removable) baterai yang tertanam di dalam perangkat smartphone dan untuk membukanya kalian harus membongkar keseluruhan gadget kalian.

Baterai tanam juga tidak bisa dilepas dan diganti sesuka hati, sehingga kalian para pengguna smartphone dengan baterai tanam harus menjaga kondisi baterai tetap baik.

Supaya baterai tanam tetap awet, berikut kami sajikan beberapa hal yang harus diperhatikan bagi kalian pengguna smartphone dengan baterai tanam.

Berikut beberapa cara mudah untuk merawat baterai tanam (non-removable) dari Bisnismore.

Cara Mudah Merawat Baterai Tanam (Non Removable)
Cara Mudah Merawat Baterai Tanam (Non Removable)

# Gunakan Charger Asli

Cara yang pertama untuk merawat baterai tanam (non-removable) yang harus diperhatikan adalah menjaga agar arus listrik yang diterima baterai selalu sesuai dan aman.

Maka gunakan charger asli untuk mengisi daya smartphone kalian.

Hal ini karena charger asli sudah disesuaikan oleh pabrik agar dapat mengisi baterai dengan efektif.

Tetapi jika kalian terpaksa menggunakan charger yang bukan buatan pabrik, pastikan arus yang diterima oleh smartphone sesuai dengan arus yang dibutuhkan oleh baterai.

# Batasi Penggunaan Power Bank

Power bank menjadi sebuah alat yang sangat membantu kita dalam mengisi baterai pada saat kita beraktifitas diluar ruangan maupun saat bepergian.

Daya yang di hantarkan oleh power bank ke smartphone kalian, tidak sesuai dengan daya yang dibutuhkan baterai.

Maka kalau dilakukan terlalu sering, bisa merusak baterai anda, jadi ada baiknya untuk menggunakan power bank seperlunya saja.

# Jangan Gunakan Smartphone Saat Mengisi Daya

Apabila kalian sedang men-charge smartphone ada baiknya kalian tidak menggunakannya. Kecuali ada hal urgent yang harus dilakukan.

Apalagi jika digunakan untuk bermain game, memutar musik, menerima telepon atau digunakan untuk kegiatan lainnya yang dirasa tidak penting.

Jika kalian tetap mengoperasikan handphone pada saat sedang di-charge akan membuat proses charging semakin lama dan membuat baterai cepat panas yang bisa memicu kerusakan pada baterai.

Aturan ini juga berlaku bagi Smartphone yang menggunakan baterai tanam maupun yang bisa dilepas dan diganti.

# Kurangi Bermain Game

Jika kalian termasuk orang yang suka dengan game apalagi mobile game, kami sarankan untuk mengurasngi waktu anda dalam bermain game.

Operasi mobile game menggunakan hampir seluruh kemampuan smartphone kalian.

Oleh karena itu, saat kalian bermain game, baterai akan cepat panas. Selain dapat merusak baterai bermain game berlama-lama juga hanya membuang waktu kalian.

Jadi kalian harus bisa membatasi durasi kalian saat bermain game, agar temperatur smartphone kalian akan lebih stabil.

# Matikan Smartphone Beberapa Jam Setiap Hari

Banyak orang yang sangat jarang mematikan smartphonenya, bahkan pada malam hari dalam keadaan tidur.

Kurangi kebiasaan seperti ini dan usahakanlah mematikan handphone jika kalian ingin tidur atau pada saat HP tidak digunakan.

Hal ini dapat membantu agar baterai handphone kalian tetap terjaga dan awet.

# Hidupkan Wifi dan GPS Seperlunya

Jika kalian tidak sedang membutuhkan koneksi internet, ada baiknya tidak mengaktifkan wifi. begitu juga dengan GPS.

Hal tersebut karena membiarkan Wifi dan GPS menyala akan membat baterai smartphone bekerja secara terus menerus dan jika dilakukan dalam jangka waktu lama, maka akan mengurangi kemampuan baterai smartphone kalian.

Jadi hidupkan wifi dan GPS kalian pada saat kalian memerlukannya saja ya.

Awet atau tidaknya penggunaan baterai smartphone yang kalian miliki tergantung pada kalian menggunakan dan merawat baterai smartphone kalian.

Sekian tips cara mudah merawat smartphone dengan baterai tanam (non removable) dari kami.

Terimakasih sudah membaca artikel dari bisnismore silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui info lainnya ikuti terus kabar dari bisnismore karena banyak informasi tentang smartphone dan bisnis yang update setiap hari.

Pos terkait