Cara Mudah dan Praktis usaha ternak bebek petelur

  • Whatsapp

beternak merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan tidak mudah untuk dilakukan oleh sembarangan orang.

Bebek atau itik merupakan unggas yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Permintaan daging dan telur bebek setiap hari semakin meningkat, terutama pasca semakin menjamurnya pecel ‘lele’ yang hampir ada di stiap wilayah, bahkan penjajak pecel ‘lele’ berjejer saling berdekatan dan hampir semuanya ramai.  Selain itu, permintaan bebek juga meningkat karena restoran atau rumah makan semakin bertambah. Selain permintaan rumah makan yang semakin tinggi, tingkat konsumsi masyarakat juga semakin tinggi. Hal ini tentu menjadikan usaha ternak bebek menjadi peluang usaha yang tidak bisa diremehkan.

Muat Lebih

Ternak bebek merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Selain untuk menyalurkan hobi, ternyata beternak bebek memiliki potensi keuntungan materi yang menjanjikan. Selain dari banyaknya sumber daya bebek yang dapat dimanfaatkan, bebek merupakan hewan penurut yang tergolong mudah untuk diternak.

Seorang peternak sebaiknya memiliki keahlian khusus yang baik untuk memelihara hewan ternak dengan baik pula Seperti salah satunya ternak bebek petelur yang sebenarnya sudah sangat populer. Nah ini dia salah satu hewan ternak yang banyak digemari oleh masyarakat.

Cara mudah dan praktis usaha ternak bebek petelur

Tak hanya karena mudah dalam perawatannya, namun Anda juga harus memperhatikan tata cara dalam membudidayakan bebek supaya bebek tetap sehat dan produktif tentunya.

Persiapan bagi pemula sebelum beternak bebek petelur, sebaiknya mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang kelancaran dalam beternak. Apa kebutuhan dan persiapan yang harus dipertimbangkan dalam beternak bebek petelur? 

Persiapan Lokasi Ternak Bebek

Untuk tempat budidaya bebek, sebaiknya agak jauh dari pemukimam penduduk namun akses jalan menuju juga mudah dijangkau dengan mobil atau motor. Pastikan lokasi anda aman dari predator, baik itu biawak, berang-berang, ular dan hewan pemangsa lainnya. Jika disekitar lokasi ada tempat mandi-mandi bebek akan lebih baik lagi.

Kandang

Kandang bebek merupakan hal utama yang harus dipersiapkan. Kondisi kandang bebek petelur harus kering, nyaman dan bersih dari kotoran. Dinding utama kandang harus tertutup (sedikit terbuka), karena bebek akan gelisah ketika melihat hewan lain seperti kucing atau anjing melintas didekat kandang. 

Tujuan dari kandang bebek petelur tertutup sedikit terbuka ialah sebagai sirkulasi udara dan angin tidak masuk secara langsung ke kandang melainkan tersaring. Ruangan kandang petelur tidak terlalu sempit atau idealnya 1 m persegi untuk ditempati 2 ekor bebek. Memperhatikan ruang gerak bebek ini penting karena dalam hal makan dan minum bebek tidak suka berdesakan dan lebih suka dengan cara bergantian. 

Tinggi kandang menyesuaikan tinggi badan pemelihara. Hal ini mempermudah kita dalam memelihara bebek seperti memberi makan minum juga saat mengambil telur. Tinggi kandang ideal dapat berkisar antara 2,5 – 3 meter.

Kandang butuh penerangan. Ini hal penting dalam beternak. Selain untuk memudahkan dalam mengawasi dan memelihara, penerangan yang cukup juga dapat membuat nyaman bebek juga dapat menambah kehagatan ruang saat malam hari.

Sangat baik bila sering memperhatikan suhu kandang. Usahakan suhu kandang bebek petelur selalu sama seperti suhu ruangan (tidak terlalu dingin atau panas). Suhu kandang bebek yang baik dapat berkisaran antara 27 – 30 derajat celsius.

persiapan peralatan pakan dan pakan ternak

Memberi pakan dengan maksimal mempengaruhi hasil panen telur. Tanpa makanan yang berkualitas, bebek petelur akan sulit bertelur. 

Makanan bebek ternak biasanya berasal dari beberapa campuran bahan yakni dari makanan ikan, unggas pedaging maupun unggas petelur yang dicampur kemudian untuk dijadikan sebagai makanan bebek ternak. Dari beberapa bahan yang telah dicampur kemudian dijadikan sebagai tepung ikan atau bahan makanan pokok bebek petelur yang banyak mengandung protein hewani.

Dalam satu hari, satu ekor bebek petelur membutuhkan 16-20 grm asupan protein, sedangkan jagung hanya memiliki 9,2 gr kandungan protein. Oleh karena itu harus memberikan sedikit asupan pakan dengan sumber protein yang lain. Ada banyak sekali pakan alternatif lain untuk mengganti kosentarat pakan ternak bebek petelur yang bisa didapatkan. 

Pakan dengan sumber protein tinggi memang sangat dibutuhkan oleh bebek petelur pada setiap harinya supaya lancar dalam bertelur. Akan tetapi kebutuhan akan zat gizi lain seperti karbohidrat, kalsium, vitamin dan gizi yang lainya juga harus kita berikan.

Pengendalian Penyakit

Pada saat itik atau bebek sakit, biasanya akan menampakkan ciri-ciri seperti nafus makan hilang, tidak bersuara, gerakannya lamban atau pasif. Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin saja bisa muncul dan penanganan yang bisa anda lakukan:

a. Penyakit Berak Kapur

Penyebab : Bakteri Salmonella Pullorum. Tanda-tanda : Berak putih, lengket seperti pasta.

Pencegahan: Kebersihan kandang, makanan, minuman, vaksinasi, dan itik yang sakit dipisahkan.

b. Penyakit Cacing

Penyebab : Berbagai jenis cacing.

Tanda-tanda : Nafsu makan kurang, kadang-kadang mencret, bulu kusam, kurus, dan produksi telur menurun. Pencegahan: Kandang harus bersih, kering tidak lembab, makanan dan minuman harus bersih dan sanitasi kandang.

c. Lumpuh

Penyebab : Kekurangan vitamin B.

Tanda-tanda : Kaki bengkak dibagian persendian, jalan pincang dan lumpuh, kelihatan ngantuk, kadang-kadang keluar air mata berlebihan.

Pencegahan : Pemberian sayuran / hijauan dalam bentuk segar setiap hari.

Pos terkait