Cara Memulai Usaha di Bidang Fashion atau Pakaian

  • Whatsapp

Fashion menjadi salah satu pusat perhatian hampir di semua kalangan masyarakat baik pria maupun wanita. Mulaidari fashion untuk anak-anak sampai orang dewasa. Perkembangan nya sangat pesat, hampir setiap tahun pasti ada tren fashion baru yang secara tidak langsung menjadikan orang-orang untuk terus berbelanja agar tidak ketinggalan tren.

Cara Memulai Usaha di Bidang Fashion atau Pakaian

Selain karena tren, fashion juga merupakan kebutuhan utama setiap makhuk hidup, dengan tujuan mulai dari untuk melindungi tubuh sampai dengan ketentuan setiap orang yang beragama untuk menutup tubuh mereka dengan pakaian yang layak.

Muat Lebih

berbisnis fashion juga merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Apalagi untuk kalian yang memiliki hobi dan ketertarikan lebih dalam hal fashion. Peluang ini bisa kalian jadikan sebagai kesempatan emas untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Menurut pengalaman saya, membangun bisnis fashion sebenarnya tidak terlalu sulit. Dengan modal yang ada kalian bisa menyesuaikan dengan konsep yang kalian ingin buat. Lalu bagaimana cara memulai usaha di bidang fashion atau pakaian yang mudah untuk dilakukan? Cara nya antara lain yaitu:

1. Tentukan Konsep

Sebuah desain yang baik dimulai dengan konsep desain yang baik.Kalian perlu mengembangkan sebuah ide kecil untuk menjadi sebuah konsep yang menarik. Konsep kalian akan menyebabkan pilihan-pilihan dalam bentuk,warna dan jenis fashion. Setiap keputusan desain akan kembali terhadap arah konsep kalian. Dengan kata lain, konsep desain menjadi kerangka untuk semua keputusan desain kalian. Cara menentukan konsep yaitu:

  • Tentukan apa yang harus dilakukan sebelum membuat konsep
  • Definisikan permasalahan desain
  • Buat analisa dan penelitian mengenai desain fashion

2. Ikuti Tren Terbaru

Setiap bisnis memiliki keunikan tersendiri, begitu juga bisnis dalam bidang fashion. Banyak pelanggan akan mengikuti tren yang berkembang dan sebagai pelaku bisnis fashion, kalian perlu memperhatikan tren yang sedang berkembang. Ikuti tren mode yang sedang banyak dicari oleh pelanggan bahkan jika perlu modifikasi tren tersebut untuk lebih memikat hati konsumen.

3. Buat Logo Brand

Salah satu hal utama yang akan dilakukan oleh seorang pebisnis dalam membangun usaha adalah mempersiapkan rancangan desain logo yang sesuai dan menggambarkan arah bisnis. Memiliki sebuah logo dapat memperkenalkan identitas perusahaan kepada banyak orang dan menyajikan daya tarik bagi target konsumen dan merupakan nilai tambah dalam sebuah bisnis.

Mengapa logo merupakan salah satu bagian penting? karen logo adalah tampilan visual yang menunjukkan kepribadian dan karakter perusahaan bagi khalayak ramai. Jika kalian sudah memiliki nama tersendiri di hati konsumen, maka logo kalian memiliki niai jual baik itu nilai jual menengah maupun atas. Fungsi dari logo yaitu:

  1. Menjadi tanda pengenal yang khas
  2. Menjadikan atribut yang menyampaikan kepribadian, karakter atau sikap perusahaan
  3. Menandakan kualitas dan kepuasan pelanggan

4. Bangun Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran memiliki peran yang sangat penting pada kegiatan bisnis. Saat ini sudah banyak strategi marketing produk fashion yang dijalankan pengusahaan. Marketing produk dilakukan agar produk fashion yang dipasarkan bisa lakuk keras. Oleh sebab itu,dalam memasarkan suatu produk fashion harus dengan cara yang benar dan tepat agar bisa tepat sasaran. Tips dalam membangun strategi pemasaran yang tepat yaitu:

  • Selalu Update produk yang dijual
  • Maksimalkan tampilan produk
  • Buat relasi dengan konsumen

5. Tentukan Harga

Setelah memiliki produk dan strategi yang jelas, kalian masuk ketahap menentukan harga produk yang akan dijual. Harga akan berpengaruh pada besarnya keuntungan yang bisa kalian terima. Keuntungan di dapat dari selisih harga jual dengan biaya tetap untuk memastikan anda memperoleh keuntungan dalam bisnis pakaian. Tips menentukan harga pada produk yaitu:

  1. Pastikan harga yang titetapkan lebih besar daripada modal.
  2. Cari titik harga yang tidak membuat rugi dan sesuai dengan kantong pelanggan
  3. Pertimbangkan metode penjualan untuk menentukan harga jual yang pas

6.Manfaatkan Sarana Online

Saat ini semakin banya sarana yang bisa digunakan oleh para pebisnis untuk mempromosikan produk nya. Fakta membuktikan bahwa media sosial maupun e-commerce berperan penting dan menjadi salah satu media promosi yang paling efektif dalammenawarkan produk kepada masyarakat luas. Dalam persaingan yang ketat, kemungkinan kalian kalah akan terjadi jika tidak melakukan pemasaran dalam sarana online. Media sosial yang dapat digunakan sebagai media promosi diantara nya yaitu instagram, facebook dan e-commerce seperti bukalapak,olx dan lain sebagainya.

Mudah bukan? kalian tidak perlu ragu untuk memulai bisnis sukses milik anda sendiri. Salam pebisnis!

Pos terkait