Cara Jitu Berbudidaya Lebah Madu

  • Whatsapp

Lebah madu adalah hewan yang masuk dalam kelas Insekta famili Apini dan genus Apis. Spesiesnya bermacam-macam, yang banyak terdapat di Indonesia adalah Apis cerana, Apis dorsata.

Ada beberapa produk yang dihasilkan dari beternak lebah madu antara lain :

Muat Lebih

  • Madu
    Madu sebagai produk utama berasal dari nektar bunga merupakan makanan yang sangat berguna bagi pemeliharaan kesehatan, kosmetika dan farmasi, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan darah tinggi dan darah rendah dan lain sebagainya.
  • Lilin Lebah (malam)
    Lilin merupakan produk lebah yang dihasilkan oleh kelenjar lilin yang terdapat pada perut bagian bawah lebah madu.
  • Polen (Tepung Sari)
    Polen merupakan alat jantan reproduktif tanaman yang berprotein tinggi dan berguna untuk membentuk, pertumbuhan dan perbaikan sel-sel yang rusak.
  • Propolis
    Propolis bermanfaat dalam industri kedokteran/ untuk penyembuh luka, penyakit kulit dan membunuh virus influenza. 
  • Royal Jelli
    Royal jelli dihasilkan oleh kelenjer hypofarink lebah pekerja yang berumur tiga hari untuk konsumsi lebah ratu dan larva lebah. Royal jelli dimanfaatkan untuk stamina dan penyembuhan penyakit.

Cara budidaya lebah juga lumayan sulit. Dengan kualitas yang sangat baik harus melewati tahap pemeliharaan yang berkualitas. Dalam kehidupan dan perkembangannya lebah sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Selain ketersediaan pakan lebah maka faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban udara, curah hujan dan ketinggian tempat juga sangat menentukan perkembangan lebah madu.

Cara Jitu Berbudidaya Lebah Madu

Meskipun sulit, budidaya lebah madu memiliki prospek yang sangat bagus karena khasiat yang terkandung di dalam nya. Selain itu, alasan kuat dalam budidaya lebah madu yaitu:

  • Produk lebah madu sangat dibutuhkan masyarakat luas.
  • Modal yang dibutuhkan untuk ternak lebah madu relatif kecil.
  • Harga madu murni terbilang mahal.

Jadi, untuk berhasil dalam bisnis budidaya lebah madu, faktor iklim merupakan salah satu bagian penting yang perlu dikaji terlebih dahulu.Berikut ini ada beberapa faktor iklim yang berhubungan dengan lebah madu baik secara langsung maupun tidak langsung :

  1. Suhu
    Lebah madu merupakan golongan serangga berdarah dingin, sehingga sangat dipengaruhi oleh perubahan suhu udara disekitarnya. Pada suhu dibawah 10 0C dapat mengakibatkan urat sayapnya menjadi lemah sehingga tidak mampu terbang
  2. Kelembaban
    Faktor kelembaban harus selalu diperhatikan karaena hal ini berhubungan dengan kandungan air dalam stup atau glodok. Lebah menghendaki tempat yang tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering, yang pasti lebah mampu menciptakan kondisi lembab disekitarnya apabila air di daerah tersebut tersedia dan cuaca mendukung
  3. Curah Hujan
    Para peternak lebah dituntut untuk selalu jeli untuk mencari lokasi penggembalaan lebah. Pada musim bunga (kemarau), peternak harus mampu mencari lokasi penggembalaan yang bunganya melimpah, agar madu dan royal jellynya melimpah pula

Sebelum memulai bididaya madu, ada baik nya kita menyiapkan beberapa hal , diantara nya yaitu:

  • Modal

Modal utama yaitu pengetahuan dasar dalam beternak lebah. Kemudian investasi dana selama beberapa periode pemanenan.

  • Perlengkapan

Siapkan perlengkapan seperti kandang, peralatan kandang lebah. Pakaian pelindung lebah yang tebal dan dilengkapi masker pelindung wajah dan kepala untuk menghidari sengatan lebah.

  • Lingkungan

Pengaturan suhu yang ideal, diutamakan tempat yang terbuka.Pilih tempat yang banyak terdapat bunga.

Nah… Tahapan budidaya lebah madu yang baik dan jitu yaitu:

Membuat Rumah lebah

Membuat rumah lebah. atau jika tidak ingin repot kalian dapat memesan rumah lebah di toko kayu yang menyediakan pembuatan rumah lebah.

Penyiapan Sarang lebah madu

Setelah kandang siap, letakkan kayu atau kayat yang memiliki jaring untuk membuat lebah lebih nyaman tinggal dirumah daripada diluar.

Perawatan rumah lebah

Hama yang mengganggu rumah lebah adalah semut. usahakan tempat kita menaruh lrbah bersih dari semut. jika ingin memindahkan rumah lebah maka lakukanlah di malam hari.

Pakan lebah madu

berikan gula tambahan bercampur air didekat sarang lebah. taruh di tempat seperti mangkuk kecil untuk pasokan makanan tambahan buat para lebah.

Penyakit Lebah

Jika menemui lebah yang sakit, tampak tidak bisa terbang, diserang dan terlihat cacat. Pisahkan dari koloni lebah karena jika lebah tersebut sakit bisa menular ke lebah yang lainnya.

Pos terkait