Cara Budidaya Jamur Tiram Mudah dan Praktis

  • Whatsapp

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Budidaya jamur tiram tentu dapat menjadi salah satu alternatif yang menarik. Alasannya yaitu Banyak orang yang memilih untuk berkompetisi di hal yang sama, sehingga target pasar terbelah dan terbagi – bagi.

Muat Lebih

Budidaya Jamur tiram mengharuskan ketekunan khusus. Kalian harus mengikuti langkah mereka yang sukses agar berhasil di bidang ini.Tidak sekedar membuang uang, waktu, dan energi untuk bisnis baru. Prospek yang ditawarkan oleh budidaya jamur tiram sangat bagus, kunci nya adalah tekun dan mau belajar.

Cara Budidaya Jamur Tiram Mudah dan Ppraktis

Investasi murah dengan hasil yang menjanjikan membuat jamur tiram dijadikan lahan bisnis utama. Untuk memulai budidaya jamur tiram, Anda harus punya bibit jamur tiram yang telah dikemas dalam baglog. 

Apa itu baglog? Baglog merupakan tahap paling akhir dari proses pembibitan sebelum jamur di panen.. baglog adalah istilah untuk media jamur kayu yang terdiri dari serbuk gergaji, tepung tapioka, bekatul /dedak dan kapur dll. baglog ini sudah terinokulasi (diberi) bibit sehingga anda tidak perlu repot meracik media, sterilisasi dan menanam bibitnya.

Baglog telah penuh ditutupi miselium/bibit jamur, ketika plastik baglog dibuka atau dilubangi, jamur akan tumbuh, selanjutnya anda tinggal merawatnya,dan menanti saatnya panen. 

Dengan menggunakan media baglog, maka pemeliharaan jamur akan lebih mudah dan praktis . Alasannya menggunakan baglog yaitu karena Anda masih pemula. Baru belajar bagaimana membudidayakan jamur tiram. Jadi, sebaiknya menggunakan baglog yang sudah siap pakai.

Namun, kalian juga harus faham baglog yang baik dan bagus untuk di pakai. Tips memilih baglog yang bagus yaitu:

  1. Memperhatikan ukuran baglog
  2. Menanyakan serbuk gergaji yang digunakan sebagai bahan baglog. Makin padat makin bagus, penjual profesional bisanya menggunakan alat pemadat, sedangkan penjual pemula kecil kecilan biasanya ditusuk-tusuk denga kayu dan sejenisnya.
  3. memperhatikan jenis bahan serbuk gergaji untuk baglog
    makin keras jensi kayunya, makin bagus. biasanya yang dipakai pembibit adalah kayu nsengon, kayu mahoni, kayu kampung dan kayu kembang.
  4. Sterilisasi menggunkan beton baja atau drum
  5. Tanyakan ke penjual, apakah memberi garansi atau tidak.

Tahapan-tahapan yang harus Anda lewati saat ingin membuka budidaya jamur tiram diantara nya yaitu:

Persiapkan Modal

Modal ini dipersiapkan untuk membuat kumbung atau rumah jamur . Biasanya membuat rumah jamur membutuhkan biaya yang lumayan besar dibanding modal untuk operasional. Cara mengatasi modal kumbung ini yaitu dengan menjadikan bagian rumah nya yang kosong untuk dijadikan rumah jamur.

Pemeliharaan Kumbung

Kumbung atau rumah jamur membutuhkan perawatan yang penting dalam membudidayakan jamur. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan kumbung yaitu:

  • Kesesuaian kelembaban dan suhu sangat mempengaruhi pertumbuhan jamur.
  • Berikan teduhan dari genteng agar suhu di dalam tetap sejuk.
  • Hindari penggunaan asbes dan seng karena dapat membuat suhu semakin panas. Untuk lantainya, gunakan tanah alami saja. Tujuannya supaya air terserap sempurna saat melakukan penyiraman.
  • Rak di dalam kumbung dibangun bertingkat seperti rak buku. Rangka rak dapat dibuat dari kayu dan bambu. Antara rak yang satu dengan rak lainnya diletakan berjajar. Berikan jarak beberapa meter untuk jalan atau lorong agar mudah dalam pemeliharaan.
  • Arah angin dan oksigen sangat mempengaruhi hasil panen jamurnya

Menjaga jamur dari hama

Perawatan baglog jamur tiram juga mencakup pencegahan tumbuhnya hama. Anda tidak akan pernah bisa memprediksikan kapan hama akan menyerang tanaman jamur tiram. Yang bisa Anda lakukan adalah mencegahnya.

Lingkungan merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan tumbuhnya hama dan penyakit. Untuk mencegahnya, lakukan penyemprotan formalin di daerah sekitar kumbung secara teratur.

Pos terkait