Cara agar buah mangga cepat berbuah dan manis

  • Whatsapp

Buah mangga adalah salah satu buah terpopuler di indonesia. Selain rasanya yang memikat lidah, buah ini memiliki kandungan vitamin, diantaranya:

  • Vitamin C
  • Beta karoten
  • Kalium

Dengan vitamin yang terkandung, otomatis buah mangga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu:

Muat Lebih

  1. Membantu mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin pada jus mangga, didapuk bisa menangkal penyakit atau masalah pada jantung. Pasalnya, kenaikan asupan kalium akan sebanding pula dengan penurunan zat sodium dalam tubuh.

2. Menutrisi kulit dan rambut

Kandungan vitamin A dalam mangga bagus untuk menutrisi kulit. Selain itu, vitamin A dalam manfaat jus mangga juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh

Cara agar buah mangga cepat berbuah dan manis

Biasanya pohon mangga memiliki musim nya tersendiri . Terkadang, jika sedang tidak musim, mangka sulit untuk ditemukan dipasaran. Untuk mengatasinya, terlebih yang memiliki pohon mangga dirumahnya, maka ada baiknya melakukan beberapa tips agar buah mangga cepat lebat dan berbuah manis. Diantara nya yaitu:

Keluarkan getah pada pohon mangga

Keluarkan Getah Pohon Mangga sebanyak-banyaknya dengan membuat Sayatan selebar 2cm melingkar pada batang pohon Mangga atau pohon buah lainnya, lakukan sayatan seperti kalau kita mau mencangkok, sehingga getahnya banyak yang keluar, sayat dan kupas batang pohon tersebut selebar 2-3 cm melingkar diatas permukaan tanah 5cm.

Kunci nya adalah, malukan sayatan pada pohon mangga saat buah mangga musim berbuah. Jangan lakukan diluar musim mangga berbuah karena akan membuat pohon mangga kering bahkan mati.

Buat kubangan

Sekitar pohon tersebut dibuatkan kubangan melingkar diameter 1 Meter untuk menampung air, setelah dua hari timbun sayatan tersebut dengan tanah setelah getah sudah banyak yang keluar

Berikan pupuk secara rutin

Dipupuk juga dengan pupuk organik atau anorganik (pupuk kimia/NPK) atau jenis lainnya yang untuk bunga/bakal buah.

Produktivitas buah mangga yang tinggi dengan kualitas terbaik dapat menghasilkan keuntungan yang besar dalam berusaha. Langkah-langkah dan tahapan membuahkan mangga yaitu:

 1. Pemangkasan Cabang

Pemangkasan cabang yang dimaksud adalah kegiatan memotong atau membuang cabang dan ranting (tunas) yang tidak bermanfaat. Cabang/ranting (tunas) yang dimaksud antara lain :

a.    Cabang atau ranting mati dan lemah serta diserang hama penyakit
b.    Tunas air
c.    Cabang yang melebar
d.    Cabang yang rapat, bersilang atau mengarah ke dalam

2. Pemupukan Setelah Musim Panen Berakhir

Perlu diingat, pertumbuhan dan produksi tanaman dipengaruhi oleh ketersediaan nutrisi atau unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Oleh sebab itu pemberian pupuk menjadi faktor penting agar tanaman dan tumbuh dan berproduksi secara optimal.

NoJenis PupukDosis/TanamanWaktu dan Cara Aplikasi
1Pupuk Kandang50 kg1 minggu sebelum buah dipanen
2NPK3 kgSegera setelah buah dipanen
ZA0.5 kgKetiga jenis pupuk dicampur
KCl atau NCl0.5 kgDitabur melingkar 1.5 m dari tanaman
3NPK2 kgDiberikan pada saat bakal buah sebesar biji kacang tanah

3. Cara dan Dosis Aplikasi ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Paklobutrazol

ZPT Paklobutrazol adalah hormon yang berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan vegetatif tanaman sehingga dapat merangsang pembungaan. Tanaman mangga yang akan diberi  ZPT harus dalam kondisi sehat, tidak sedang tumbuh tunas (flush) dan sudah berproduksi (tanaman produktif).

Cara lain yang dapat dilakukan agar buah mangga yang ditanam cepat lebat yaitu Pohonnya dipaku tusuk pohon dengan paku dan biarkan disitu. Selain batangnya dilukai (kurang efektif hasilnya), bisa juga dipupuk NPK sebulan sekali pupuknya dibenamkan di tanah dengan jarak sekitar 20 cm dari batang utama, dengan kedalaman sekitar 10 cm, lalu disiram air agar pupuk cepat diserap tanama.

Pos terkait