budidaya Semut dengan omset melangit

  • Whatsapp

Semut sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut “superorganisme” karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Salah satu bisnis yang dapat dijadikan peluang adalah budidaya semut.  Dalam membudidayakan semut rangrang untuk menghasilkan kroto super, ada beberapa hal yang perlu dihindari agar kualitas kroto bisa dimaksimalkan.

Muat Lebih

Banyak para ‘pengusaha’ budidaya kroto yang gulung tikar . kegagalan yang sering terjadi ternyata karena faktor ketidak tahuan para pembudidaya kroto terhadap perilaku semut rangrang. Melihat potensi pasar dari bisnis budidaya ternak kroto ini yang besar, banyak orang-orang yang memulai bisnis ini karena ikut-ikutan.

budidaya Semut dengan omset melangit

Bisnis ternak semut rangrang juga bukan bisnis musiman, sulitnya mencari semut rangrang juga menjadi alasan untuk ternak semut rangrang sendiri. Saat proses budidaya, semut rangrang bisa hidup dengan menggunakan sarang buatan. Sarang dan kadang semut kroto ini bisa dibuat dari paralon, toples, bambu, botol bekas aqua dan lain sebagainya.

Masalah yang Sering Terjadi dalam Budidaya Ternak Kroto

  • Perilaku Semut Rangrang

Sebagian semut rangrang akan menautkan badannya satu sama lain sehingga membentuk bandul jam. Bila sarang semut rangrang buatan yang dibuat dengan media toples, paralon, atau pun bambu terlalu dekat dengan dinding, kemungkinan besar semut rangrang ini akan kabur.

karena derajat keasaman/pHnya lebih sesuai dengan mereka dibandingkan dengan toples tempat mereka dibudidayakan oleh penangkar, mereka akan berpindah.

karena derajat keasaman/pHnya lebih sesuai dengan mereka dibandingkan dengan toples tempat mereka dibudidayakan oleh penangkar, mereka akan berpindah.

  • Bibit Koloni Semut Rangrang yang Tidak Unggul

Masalah ini dimulai ketika kita membeli bibit. Ada beberapa kriteria yang harus kita perhatikan sebelum deal dengan penjual bibit koloni semut rangrang. Berikut adalah ciri-ciri bibit semut rangrang yang kurang unggul:

  1. Bibit turunan ke empat dan seterusnya.
  2. Warna semut rangrangnya cerah dan pucat
  3. Semut rangrang tidak agresif
  4. Pantan semut rangrang kecil/kurus
  5. Badannya ramping/langsing
  • Akibat dari Masalah dalam Budidaya Ternak Kroto

Dan langkah awal dari itu semua adalah berkenalan dengan semut rangrang, seperti apa makanan kesukaannya, bagaimana perilakunya . Pengetahuan tentang hal tersebut akan mempermudah kita dalam memperilakukan semut rangrang, sehingga budidaya kroto yang ktia jalankan akan berjalan lancar, minimalnya tidak akan banyak masalah kompleks.

Langkah dan Persiapan Budidaya

langkah-langkah dan persiapan budidaya semut rangrang dalam media toples diantara nya yaitu:

  1. Mempersiapkan Bibit

 Biasanya dari berbagai pengalaman, bibit kroto atau semut rangrang yang didapat dari alam akan menghasilkan lebih banyak daripada yang didapat dari pertenakan kroto.

Karena bibit kroto yang didapat dari alam memiliki beberapa keunggulan seperti menyukai segala jenis makanan dan lebih unggul. Sedangkan bibit yang didapat dari perternakan akan lebih cenderung dalam memilih-milih maknan yang mereka konsumsi. Berikut cara mencari bibit semut rangrang di alam bebas:

  • Bisa di cari disekitaran rumah biasanya semut rangrang bisa meletakan bibitnya di pohon mahoni atau mangga
  • Ketika mengambil sarang semut rangrang anda harus lebih berhati-hati untuk tidak merusak sarangnya.
  • Agar semut rangrang tersebut nantinya tidak mengalami masalah seperti stress dan akhirnya pergi atau kabur maka letakan terlebih dahulu di tempat yang terbuka.

2. Membuat Sarang Semut Rangrang Menggunakan Toples

Siapkan toples ukuran medium yang akan dijadikan sebagi tempat sarang dari semut rangrang. Buat lubang di toples pada bagian bawah dan ukuran diameter dari lubang tersebut adalah sebesar 5 hingga 7 cm. Kemudian setelah proses pengelubangan toples selesai maka kembali toples ditutup dna gunakan bantuan lakban agar bisa ditutup dnegan baik.

3. Proses Pemberian pakan dan Perawatan 

Berikan pakan kepada semut rangrang 2 kali setiap harinya.

Tentunya pemberian pakan yang 2 kali sehari itu setelah pakan sebelumnya habis. Jika anda inginmemberikan nutrisi yang lebih atau berupa supplemen maka berikan saja madu dan larutan gula. Dimana anda bisa meberikan nutrisi di sebuah wadah yang tidak melengkung atau datar ini bertujuan agar sarang tidak menjadi kotor nantinya. Letakan pakan diluar sarang. Langkah perawtaan semut rangrang yaitu:

  • Jauhkan sarang tersebut dari beragam  jenis predator yang bisa saja mengincar dan memangsa semut rangrang kapan saja
  • Letakan toples atau sarang tersebut di dalam sebuah ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik seperti fentilasi. 
  • Jangan biarkan sarang berada di daerah terbuka.

dengan menerapkan beberapa langkah diatas, usaha budidaya bisnis ini akan menghasilkan panen yang maksimal dengan omset yang melangit. Kunci dari semua bisnis adalah tekun dan sabar.

Pos terkait