Budidaya semangka “Sekses dengan prospek yang besar”

  • Whatsapp

Semangka merupakan salah satu buah – buahan yang populer di indonesia, merupakan salah satu buah yang biasa dijadikan pencuci mulut tiap kali makan. dengan warna nya yang segar, buah ini sangat cocok untuk dijadikan andalan pada jus buah, sup buah, maupun salad buah yang merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang indonesia.

Selain karena rasa nya yang manis dan segar, buah semangka memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, manfaat yang terkandung oleh buah semangka yaitu:

Muat Lebih

  1. Menyehatkan jantung dan tulang

Selain tomat, semangka telah menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat.

2. Menghindari dehidrasi dan kaya serat

Kandungan air yang sangat tinggi, manfaat semangka membuat seseorang terhindar dari dehidrasi. Selain itu, serat yang terkandung dalam semangka akan membantu seseorang terhindar dari dehidrasi.

3. Menghindari dan mencegah impoten

Mengonsumsi semangka dapat memberikan efek yang sama dengan viagra, bisa mengobati impoten dan mencegah inpoten.

3. Kaya Nutrisi

Dalam 152 grm senagka akan memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 20,4 persen, kebutuhan vitamin A 17,2 persen, potasium 7,8 persen, dan magnesium 3,8 persen. Selain itu, buah semangka rendah kalori sehingga tidak akan menambah berat badan yang mengkonsumsi.

4. Mengontrol Diabetes

Studi menunjukkan bahwa manfaat buah semangka dapat mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin karena kadungan suplementasi L-arginine. Meskipun Anda mungkin tidak bisa mendapatkan sebanyak asam amino dari semangka seperti yang ada pada suplemen, perlu dicatat bahwa makanan yang mengandung senyawa ini dapat menjadi bagian yang bermanfaat dari diet yang dirancang untuk melawan diabetes

Selain point diatas, manfaat semangka lainnya yaitu mencegah kanker, kolestrol, mengatur tekanan darah dan dapat mengobati gangguan ginjal.

Selain karena vitamin nya yang banyak terkandung di dalam nya, buah semangka juga merupakan buah yang mudah untuk di budidayakan. Prospek dari buah semangka sangat menunjang perekonomian banga kita. Artinya, peluang yang ditawarkan oleh dunia usaha dalam bidang perkebunan semangka membantu perekonimian hasil dari panan buah semangka dapat dikirim ke mancanegara.

Budidaya semangka “Sekses dengan prospek yang besar”

Keuntungan yang di dapat dari budidaya buah semangka dapat mencapai 100%. Langkah-langkah dari bududaya buah semangka yaitu:

Pemilihan Lahan

Semangka dapat tumbuh di dataran rendah mau dataran tinggi berkisar, antara 0 – 1000 meter di atas permukaan laut.

Semangka cocok ditanam di daerah dengan curah berkisar antara 40 – 50 mm setiap bulan. Semangka juga cocok tumbuh di daerah dengan suhu tidak lebih dari 25 derajat celcius pada siang hari.

Tingkat kelembaban yang cocok untuk daerah penanaman semangka adalah rendah, yaitu dimana dalam budidaya semangka lingkungan yang kering sangat baik untuk pertumbuhan semangka.

Persiapan Bibit

Jenis benih yang paling bagus untuk budidaya buah semangka yaitu jenis benih semangka hibrida impor. Jenis benih ini memiliki dua macam yaitu triploid dan haploid. Jika benih triploid sebaiknya hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu menyayat bijinya atau direnggangkan karena cangkang biji semangka ini cukup keras. Sedangkan untuk biji semangka haploid cukup mudah untuk disemaikan karena cangkang biji nya tidak sekeras triploid.

Selanjutnya adalah proses perendaman biji semangka. setelah direnggangkan biji semangka tersebut direndam didalam air dengan campuran air hangat, hormon tumbuh, fungisida dan bakterisida. Lamanya perendaman sekitar 30 menit, lalu biji semangka diangkat dan ditiriskan sampai biji tersebut kering. Lalu bibit semangka siap untuk dikecambahkan dan siap untuk ditanam.

Penanaman dan Perawatan

Penanaman tanaman semangka cukup dengan membuat lubang yang telah disiapkan. setelah itu, siram dengan air secukupnya. Bibit yang telah berumur 4 minggu pindahkan ke dalam lubang di bedengan.

Tutup lubang yang sudah di masuki tanaman semangka untuk menggunakan tanah yang sudah di gali. Lakukan penanaman semangka di pagi atau sore hari agar tanaman tidak mudah layu setelah dipindahkan dari media tanam.

Panen

Buah semagka yang layak dipanan memiliki ciri-ciri, diantaranya yaitu:

  • Memiliki bobot yang cukup
  • Buah mulai agak layu
  • Ketika di tepuk- tepuk memiliki suara yang berat

teknik memanen buah semangka yaitu dengan memotong tangkai buah pangkal menggunakan gunting atau pisau. Sisakan kurang lebih 5 cm tangkai dari pangkal buah, lalu simpan buah semangka di tempat yang sejuk.

Usahakan agar tidak menumpuk buah semangka yang di panen, tujuan nya yaitu agar buah semangka tidak membusuk. Buah yang busuk dapat menyebabkan kerugian baik banyak maupun dikit.

Pos terkait