Budidaya Jamur Enoki

  • Whatsapp

Jamur Enoki adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. 

Di wilayah dunia beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi.Jamur juga diketahui tumbuh di bawah salju. Jamur tumbuh di permukaan batang pohon Celtis sinensis (bahasa Jepang: Enoki) yang sudah melapuk, sehingga disebut Enokitake (jamur Enoki). Jamur juga bisa tumbuh di permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar seperti Bebesaran dan Kesemek. Jamur ini sering dianggap sebagai hama bagi beberapa produk pertanian.

Muat Lebih

Budidaya Jamur Enoki

Kandungan Vitamin dalam Jamur enoki

Jamur Enokitake mengandung banyak serat. Jamur ini juga mengandung banyak protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B, serta mineral. Satu mangkuk jamur mentah diperkirakan dapat menyediakan 20 kalori. Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet. Jamur Enokitake juga mengandung senyawa flammulin yang merupakan senyawa anti kanker dan tumor.

Manfaat dari jamur enoki

Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup dalam Jepang, Korea, masakan Cina, dan Vietnam. Jamur mempunyai tekstur garing dan aroma yang segar. Bagian akar perlu dipotong sebelum digunakan dalam masakan. Jamur segar tahan disimpan di  sampai satu minggu.

Jamur ini juga banyak digunakan sebagai bahan salad (di mana rasa terbaik dari jamur ini dapat dinikmati), sup dan juga sering digoreng bersama sayuran dan daging.

Tantangan dari budidaya jamur ini adalah suhu negara Indonesia yang berbeda dengan negara Korea, jepang atau China. Di Indonesia pun tidak ada musim salju ataupun musim semi.

Budidaya jamur enoki tidak jauh berbeda dengan jamur lainnya. Di Indonesia sendiri anda bisa menemukan jamur ini dengan mudah di toko-toko swalayan. Jamur enoki sendiri dapat tumbuh pada lingkungan tropis seperti Indonesia. Tentunya akan membuka prospek yang tinggi.

Tahapan proses budidaya jamur enoki diantara nya yaitu:

Persiapan budidaya jamur enoki

Langkah pertama yaitu kondisi lingkungan untuk budidaya jamur enoki. Usahakan kondisi lingkungan tidak terkena polusi serta bebas dari limbah.

Siapkan ruangan khusus untuk membudidayakan jamur enoki dan pastikan ruangan memiliki suhu serta kelembapan yang tepat.

Siapkan media tanam jamur seperti serbuk gergaji ataupun serbuk bongol jagung. Selain itu, sediakan juga botol plastik ataupun kantong plastik sebagai media tumbuh. Akan lebih baik jika Anda menggunakan botol plastik. Ini dapat membentuk serta menjaga pertumbuhan jamur enoki.

Perawatan budidaya jamur enoki

Jagalah suhu ruangan agar selalu stabil. Lakukan proses penyiraman untuk menjaga kelembapan media tanam setiap 3 hari sekali. Usahakan untuk menggunakan spray agar media tanam tidak terlalu lembap.

Jagalah kelembapan suhu selama 30 hari pertama dan 30 hari berikutnya untuk mempersiapkan panen. Periksalah selalu jamur Anda. Jika menemukan ada jamur yang rusak, Anda bisa mengambilnya dan jauhkan dari jamur yang lain.

Panen budidaya jamur enoki

Berbeda dengan jenis jamur pada umumnya, untuk memanen jamur enoki tidak bisa asal cabut, Anda harus memerhatikan dengan baik bentuk pertumbuhan jamur enoki. Untuk jamur enoki budidaya dapat dipanen sepanjang tahun, ini tentunya sangat menguntungkan.

Untuk memanennya, Anda bisa menggunakan alat seperti pisau atau gunting tanaman. Gunakan sarung tangan yang terbuat dari plastik atau kain. Lakukan pemanenan pada sore hari dengan cepat. Jamur yang sudah dipanen disimpan pada tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk menyortir jamur yang akan dijual dan dikonsumsi sendiri.

Pos terkait