Budidaya buah segar “Pineapple”

  • Whatsapp

Nanas atau dalam nama latinnya Ananas comous ini merupakan jenis buah yang bisa dijadikan bahan rujakan atau sebagai pelengkap masakan. Dalam pelengkap masakan ini, nanas berfungsi sebagai bahan yang dapat mengempukan masakan seperti daging ayam maupun sapi. Dalam membuat kue, nanas digunakan sebagai selai Bahkan nanas juga memiliki fungsi sebagai obat alternatif.

Rasanya yang lezat dan harganya yang ekonomis membuat buah ini selalu menjadi pilihan alternatif orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Buah ini merupakan buah iklim tropis yang tumbuh tidak mengenal musim. 

Muat Lebih

Budidaya buah segar “Pineapple”

Gizi yang bisa Anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Selain gizi tersebut bermanfaat, ada unsur lain dari nanas yang berperan baik untuk sistem pencernaan manusia diantara nya yaitu:

Mencegah kanker usus

Makan buah nanas untuk pencernaan juga bagus untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid. Buah nanas juga mampu menangkal radikal bebas yang kuat akan penyebab pertumbuhan kankernya.

Meningkatkan gula darah

Bagi kamu yang memiliki keluhan kadar gula rendah, nanas adalah salah satu buah yang bisa mengatasi keluhan kamu. Manfaat nanas untuk kesehatan yang pertama adalah membantu meningkatkan gula darah. Nanas mempunyai kadar gula yang tergolong tinggi. kamu dapat mengkonsumsi nanas untuk menambah kadar gula kamu.

Memperkuat tulang

Buah nanas baik dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Kandungan mineral mangan pada buah ini membuat manfaat nanas untuk kesehatan adalah membantu memperkuat tulang.

Secangkir jus nanas akan cukup memberi asupan hampir tiga perempat dari mangan yang kamu butuhkan setiap hari. Tidak hanya bekerja untuk memperkuat tulang, tetapi juga akan memperkuat jaringan ikat (tendon, ligamen, dan lain-lain) di sekitar tulang.

Cara menanam nanas yang baik dan benar dapat Anda lakukan sesuai tahap-tahap dan pedoman penanaman yang telah dianjurkan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sebagaimana yang diketahui, nanas merupakan salah satu jenis buah-buahan tropis yang memiliki daging buah berwarna kuning dengan cita rasa manis keasaman.

Buah ini memiliki ciri unik yakni memiliki daun yang panjang dan runcing dan kulit buah yang bersisik. Di Indonesia, buah nanas pada awalnya dikenal sebagai tanaman pekarangan, namun seiring berkembangnya pengetahuan masyarakat kini tanaman nanas telah dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai bahan olahan beragam makanan seperti keripik.

langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk berbudidaya buah nanas bagi pemula yaitu:

Pembibitan

Ciri ciri bibit nanas berkualitas unggulan yaitu daun tebal dan berisi, bebas dari serangan hama dan penyakit, masa pertumbuhan seragam. cara mendapatkan bibit yaitu Anda bisa mengambil bibit dari tunas buah, tunas akar, tunas batang, mahkota buah, atau juga bisa diambil dari stek batang atau memilih secara langsung dari induk tanaman yang tidak cacat, sehat, dan tanaman yang tidak mudah tersernag penyakit.

Ciri fisik dari tanaman nanas yang sehat adalah tanaman nanas yang memiliki daun yang tebal. Hal ini menunjukan bahwa tanaman tersebut sangatlah sehat.

Persiapan Lahan

Dalam mempersiapkan lahan tanam, Anda bisa menggunakan tegalan atau tanah tegalan yang sebelumnya sudah digemburkan terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai lahan tanam tanaman nanas. Jika tegalan sudah terasa cukup gembur, maka tanah sudah siap untuk ditaburi pupuk kandang atau bokashi sebanyak 10 ton untuk ukuran lahan 1 hektar.

Menanam Buah Nanas

Cara menanam nanas adalah sebagai berikut:

  • Membuat lubang tanam dengan ukuran 30 x 30 cm,
  • Memasukan benih ke lubang,
  • Menutup lubang dengan timbunan tanah hingga padat, dan
  • Menyirami bibit dan tanah agar mudah bertumbuh.

Pemeliharaan

Umumnya, hama-hama yang menyerang tanaman nanas di antaranya adalah lalat buah, ulat buah, kumbang, dan penggerek buah. Nah, untuk membasmi dan mencegah hama-hama tersebut, maka Anda bisa menggunakan pembasmi-pembasmi yang di antaranya adalah Micat, Buldog, Imidakloprit, dan spontan. Tapi ingat, gunakanlah pembasmi hama tersebut sesuai dengan dosis dan anjuran pada kemasan.

Panen

Untuk memanennya, cukup perhatikan dan pilih buah nanas yang terasa harum. Buah yang terasa harum baunya, berarti menandakan bahwa buah nanas tersebut sudah masak atau matang di pohon. Untuk mengambil buahnya, cukup memotong pada bagian tangkai buah menggunakan pisau atau juga bisa menggunakan sabit.

Pos terkait