Budidaya buah mewah “Delima”

  • Whatsapp

Buah dengan vitamin yang tinggi, buah Delima. Punica granatum, nama ilmiah dari delima atau pomegranate.

Buah delima merupakan salah satu buah unggulan yang memiliki rasa manis segar hingga agak kelat. Buah delima ini memiliki bentuk yang bulat cantik dengan warna kulit yang cukup beragam mulai dari warna hijau keunguan, putih hingga cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman.

Muat Lebih

Buah delima memiliki rasa yang manis, buahnya dapat langsung dikonsumsi atau di jadikan pelengkap sebagai bahan rujak, juice, sari buah. 

Kandungan Buah Delima

  • Polifenol
  • Glikosida
  • Antosianin
  • Antioksidan
  • Vitamin C, B, E, K
  • Fosfor
Budidaya buah mewah “Delima”

Manfaat yang terkandung dari buah delima yaitu:

  1. Delima memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sebagian besar dikarenakan sifat antioksidan dari punicalagins.
  2. Studi menunjukkan bahwa ekstrak buah delima dapat memperlambat reproduksi sel kanker dan bahkan menginduksi apoptosis (kematian sel) kanker.
  3. pasien hipertensi mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan setelah mengonsumsi 5 ons (150 ml) jus delima setiap hari selama dua minggu.
  4. Asam Punicic, asam lemak utama yang terkandung di dalam delima dapat membantu melindungi organ dari tahap-tahap awal penyakit jantung.
  5. Ekstrak buah ini juga telah terbukti dapat meredakan radang sendi pada tikus, tetapi bukti dari penelitian dengan objek manusia manusia masih sangat terbatas.

Buah delima yang dijual di pasaran adalah buah hibrida, yaitu jika Anda menanam bijinya, buahnya tidak akan sama dengan buah yang Anda beli pertama kali.

Oleh karena itu, jika Anda bermaksud untuk menanam delima dengan jenis yang sama, Anda bisa memperbanyak pohonnya dengan cara stek batang.

Langkah – langkah menanam buah delima yaitu:

Memilih Bibit

Untuk hasil terbaik, mulailah biji delima di dalam rumah pada pertengahan musim dingin, sehingga mereka bisa memiliki beberapa bulan untuk tumbuh sebelum musim tanam musim semi.Cukup keluarkan beberapa biji dan bilas ke dalam air dingin, lalu gosok dengan handuk kertas untuk mengeluarkan pulpa.

Biarkan biji mengering selama beberapa hari agar tidak membusuk.Tanam benih tidak lebih dari ¼ “jauh di dalam tanah pot yang ringan dan mulai matang.

Letakkan panci di jendela yang cerah dan hangat, dan jaga agar tanah tetap lembap saat benih Anda berkecambah dan tumbuh.Untuk menambah kelembaban dan kehangatan selama musim dingin, Anda mungkin merasa terbantu untuk menutupi potnya secara longgar dengan kantong plastik bening sampai biji tumbuh.

Saat cuaca hangat di musim semi, Anda bisa mulai secara perlahan mengeluarkan dari tanaman sebelum memindahkannya ke luar rumah secara permanen.

Meski tanaman dewasa bisa menahan dingin, tunggu sampai cuaca dingin berlalu sebelum menanam bibit Anda.

Menyiapkan lahan

Buat lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50cm atau 60 x 60 x 60 cm. Langkah kedua, siapkan campuran tanah+kompos/pupuk kandang yang terfermentasi + sekam untuk bahan penutup lobang tanam, supaya media tanaman kaya dengan nutrisi yang diperlukan tanaman.

Langkah ketiga, biarkan terlebih tanah yang telah digali selama 3 hari untuk menghilangkan gas-gas racun pada tanah.

Menanam

Lubang tanam dibuat dengan jarak 1m pada tiap lubang tanam. Ini bertujuan agar tanaman dapat tumbuh dengan sebur.

Setelah anda membuat lubang tanam, masukkan bibit tanaman delima ke dalam tiap lubang tanam.

Tutup lubang tanam dengan tanah campuran pupuk kandang ataupun kompos dan sekam dan sedikit padatkan tanahnya agar tanaman dapat berdiri kokoh dan tidak mudah jatuh ketuka terkena angin.

Untuk penanaman di pot, bisa langsung menanamkan bibit delima ke dalam lubang tanam yang telah anda buat.

Penyiraman

Pada masa pertumbuhan kebutuhan airnya cukup tinggi. Oleh karena itu, harus disiram secara teratur dan dalam. Tanah harus tetap lembab tapi tidak basah atau tergenang air.

Perawatan

Selanjutnya adalah pemupukan dan penyiangan, pemupukan dan penyiangan dapat anda lakukan secara bersamaan dalam setiap 2 minggu sekali.

Anda juga dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan tanaman delima anda, jika tanaman delima memiliki hama yang sulit diatasi, anda dapat mengatasinya menggunakan pestisida secukupnya untuk mengatasi hama yang menyerang.

Pohon delima tidak begitu rentan bila terkena hama dan penyakit. Sebagian besar diserang oleh lalat buah, lalat putih dan kupu-kupu delima.

Buah retak merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada semua varietas delima. Hal ini terjadi karena fluktuasi atau kekurangan kelembaban pada substrat pada saat berbuah.

Panen

Buah delima dapat mulai dipanen jika sudah matang ditandai dengan pangkal buahnya yang menguning. Pemanenan buah delima di lakukan dengann cara memotong tangkai buahnya. Buah delima dapat dimakan dalam keadaan segar ataupun dibuat minuman.

Pos terkait