Budidaya buah leci di indonesia, bisa?

  • Whatsapp

Buah leci memiliki nama asli dari bahasa latin yaitu Leachi Chinensis . Buah ini tumbuh pada cuaca yang beriklim subtropis. Buah leci banyak ditanam di China, India, Madagaskar dan negara lainnya yang memiliki iklim subtropis.

Namun tanaman ini bisa dibudidayakan di Indonesia juga lho. Mengkonsumsi tujuh butir leci dapat memenuhi kebutuhan vitamin C untuk satu hari.  Buah kecil ini ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu:

Muat Lebih

Mencegah kanker
Leci mengandung flavanoid yang sangat efektif untuk memerangi kanker. Selain flavanoid, leci juga mengandung quercitin dan kaempferol yang dapat membantu dalam mengurangi penyebaran sel-sel kanker.

Menjaga kesehatan jantung
Leci kaya akan polyphenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu kandungan nutrisi tersebut juga akan membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung sehingga Anda pun dapat terhindar dari stroke dan penyakit jantung koroner lainnya.

Menguatkan tulang
Leci merupakan sumber fosfor dan magnesium yang membantu untuk mempertahankan kekuatan tulang.

Meningkatkan imunitas
Leci juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C mampu menangkal penyakit menular seperti demam dan flu.

Budidaya buah leci di indonesia, bisa?

Buah Leci termasuk buah yang mahal dibandingkan dengan yang lainnya yang mencapai 60 ribu rupiah per kg, dan cukup susah pula didapatkan. Oleh karena itu, Leci merupakan tanaman yang menguntungkan jika dilakukan budidaya.

Harga jual buah maupun bibit leci tergolong mahal lho guys, karena permintaan pasar sangat banyak terhadap buah leci yang memiliki berbagai manfaat ini. Rasanya yang manis dan segar, sehingga saat ini justru lebih banyak digunakan sebagai bahan pokok membuat sirup daripada dimakan langsung. kita bisa memulai menanam Leci dirumah sebagai bahan percobaan, sebelum melakukan budidaya dalam skala besar.

Untuk melakukan budidaya buah leci di rumah, kita harus mempersiapkan bibit tanaman leci, media tanam seperti tanah, kompos, arang sekam, dan pot untuk menanamnya.

Tanaman Leci sangat cocok ditanam didataran rendah dengan suhu panas antara 28-35 derajat celcius. Karena tanaman ini membutuhkan penyinaran matahari sepanjang hari dalam melakukan proses penyerbukannya. Adapun tahapan -tahapan budidaya buah leci yaitu:

Pemilihan Bibit

jangan menanam buah leci dari biji karena peluang untuk berbuah sangat kecil, hal tersebut disebabkan karena kita tidak mengetahui apakah pohon yang menghasilkan buah tersebut merupakan bibit unggulan, dan proses pertumbuhannya juga sangat lambat dibandingkan bibit yang berasal dari okulasi atau cangkok.

Siapkan media tanam

Siapkan tanah, arang sekam, dan kompos atau pupuk kandang. Ketiga bahan tersebut dicampur dengan bagian 1:1:1, kemudian diamkan selama 1 hari agar proses pencampuran sempurna.

Kompos atau pupuk kandang yang digunakan harus sudah matang, agar tidak mengundang penyakit tanaman dan bakteri yang merusak kontur tanah. Tanah yang baik adalah berpasir, karena drainasenya lebih baik daripada tanah berlempung yang cenderung menyerap air dan menyimpannya di dalam tanah, yang dapat membuat akar tanaman membusuk.

Menanam Bibit buah leci

Masukan olahan tanah tersebut dalam pot yang berdiameter 40-60 cm. Tanam bibit leci dalam pot tersebut, dan siram secukupnya. Menanam sebaiknya dilakukan pada siang hari karena pada masa itu tanaman akan melakukan proses fotosintesis.

Lalukan perawatan dengan baik

Siramlah tanaman leci sehari sekali pada siang menjelang sore hari. Dalam beberapa hari, periksa pot apakah ada gulma atau tanaman penggangu lain yang tumbuh disekitar pot, jika ada maka bersihkanlah.

Pemupukan selanjutnya dilakukan setelah usia tanam memasuki 30 hari. Gunakan pupuk NPK daun, atau pupuk langsung pakai yang juga bisa dipesan pada kami. Pupuk tersebut sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman dan menambah unsur hara dalam tanah

Jika penyiraman teratur, unsur hara terpenuhi dengan baik, dan pemupukan diberikan secara berkala serta pembersihan daerah sekitar dari tanaman gulma dilakukan dengan baik maka tanaman buah leci anda dijamin akan cepat sekali berbuah, setidaknya 1-2 tahun.

Pohon leci cukup tahan penyakit. Hanya saat pergantian musim, daunnya rawan terserang kutu putih. Cara menangkalnya, cukup semprotkan cairan pembutuh kutu tanaman.  

Pos terkait