Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan dan Mahasiswa

  • Whatsapp
Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan dan Mahasiswa

Pertumbuhan bisnis di Indonesia sudah mampu dikatakan sebagai era bisnis yang ideal. Perubahan cara pandang dan pola hidup masyarakat saat ini sudah tidak lagi mengandalkan sebagai bawahan di tempat kerja meskipun disamping itu banyak juga masyarakat yang menjalani hidup nya dengan metode konsumtif.

Pada zaman milenial saat ini, tidak dipungkiri bahwa waktu luang yang dimiliki oleh mahasiswa dan karyawan tidak banyak disamping pekerjaan atau tugas yang menumpuk. Bagi seorang mahasiswa, kampus adalah tempat untuk mendapatkan ilmu dan melatih kealhian dalam kreatifitas dan inovasi. Bagi karyawan, kantor adalah suatu tempat yang dia harus dedikasikan dalam hal kedisplinan, kejujuran dan moralitas yang berkesinambungan dengan keahlian dalam pekerjaan yang dimiliki.

Muat Lebih

Disamping itu, memiliki pekerjaan tetap menjadi kebutuhan bagi semua orang, baik itu mahasiswa yang akan menyelesaikan studi nya maupun seluruh masyarakat. Memiliki usaha sampingan bagi karyawan dan juga mahasiswa merupakan suatu hal yang baik. Namun terkadang, banyak mereka yang belum mau memulai usahanya tersebut karena terkendala oleh modal. Mempunyai penghasilan tambahan tentunya menjadi impian bagi mereka. Apakah mau salah satunya?

Banyak karyawan dan mahasiswa beranggapan bahwa membangun sebuah usaha harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan bahkan beberapa dari meraka meminjam uang ke bank untuk memulai usaha. Jika usaha tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani mahasiswa atau karyawan selaku perintis usaha.

Perkembangan yang lebih cepat saat ini yaitu generasi muda di Indonesia sudah mulai termotivasi berbisnis baik itu mahasiswa atau karyawan. Nah, ini merupakan kesempatan untuk kalian yang memiliki keinginan dalam berbisnis. Tapi, meskipun tidak memiliki modal yang begitu besar, kalian harus perhatikan lebih dalam untuk membangun sebuah bisnis. Dengan konsep penjualan yang matang dan resolusi yang bagus, kalian dapat membuat bisnis menjadi lebih berkembang. Kesalahan yang sering dilakukan orang ketika akan memulai usaha sampingan diantara nya yaitu:

  1. Pola pikir yang keliru beberapa orang berfikir bahwa semua yang dijual akan laku. produk yang kalian jual tidak akan laku kalau cara kamu memasarkannya tidak tepat.
  2. Perencanaan bisnis yang kurang matang. Ini bisa terjadi ketika kalian terlalu berambisi untuk memulai usaha.
  3. Management yang buruk. Hal ini harus kalian perhatikan dalam membangun bisnis, perencanaan yang tidak sesuai target akan menyebabkab bisnis kalian goyah

Beberapa orang dari mahasiswa dan kayawan masih beropini bahwa membangun usaha itu tidaklah mudah, meskipun peuang itu sering hadir namun mereka masih saja mengabaikan dan membuang kesempatan itu. Alasannya yaitu karena mereka masih belum memiliki produk yang tepat untuk di perjual belikan atau di tawarkan. Nah, untuk kalian yang masih bingung dengan hal tersebut tidak usah khawatir.

Masih banyak peluang usaha yang nantinya bisa kalian coba. “don’t be afraid to try“, karen jika anda mencoba 1 kali namun tidak pernah bangkit maka tidak akan ada hasil dalam proses yang singkat seperti itu.

It’s a beautiful things when a career and a passion come together

Nah kali ini aku ingin memberikan informasi bisnis mengenai bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan dan mahasiswa. Jangan salah, membangun bisnis sampingan memberikan kalian manfaat yang banyak lho, diantara nya yaitu:

  • Memberikan penghasilan tambahan
  • Menambah pengalaman
  • Meningkatkan Kebahagiaan

what about that? menarik bukan. Ada beberapa bisnis sampingan yang cocok untuk kalian para mahasiswa dan karyawan, yaitu:

#Produksi Bread and Cake di Rumah

Untuk para karyawan dan mahasiswa yang masih memiliki banyak waktu luang dan memiliki bakat dalam passion membuat bread and cake, kalian bisa coba membuat bisnis ini dirumahjuga tidak terlalu membutuhkan modal yang besar . Pemasaran atau promosi dapat kalian lakukan melalui media sosial seperti facebook , instagram atau sejenisnya.

#Menjual jasa secara online

Hal yang menarik ketika kalian mampu memanfaatkan kemampuan dan dijadikan sebagai peluang bisnis. Kegiatan menjual jasa secara online ini bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan Kuota Internet lho. Beberapa jasa online yang dapat kalian lakukan diantara nya adalah:

  1. Jasa pengetikan
  2. Desain Grafis
  3. Jasa Penerjemah Online
  4. Jasa Membuat Blog

#Menjadi Dropshipper

Kalian bisa menjual produk tersebut secara online dan jangan lupa sebelum itu untuk menentukan produk apa yang ingin dijual. Kemudahannnya yaitu kalian hanya perlu menunggu pesanan dari para pelanggan dan mengajukan ke suplier, lalu mereka juga yang akan mengirim barang pesanan tersebut ke pemesan.

#Kursus Private

Usaha ini cocok dilakukan oleh mahasiswa ataupun karyawan. Bisnis ini bisa jadi pilihan usaha modal kecil. Selain tidak memerlukan modal yang banyak, bisnis ini bisa membantu kamu untuk tetap mengasah ilmu dan juga keterampilan khusus yang kamu miliki.

#Menjual Pulsa Elektrik

Bisnis ini juga cocok untuk semua kalangan, baik itu mahasiswa maupun karyawan. Selain tidak perlu tempat, pulsa elektrik ini bisa kamu aktifkan melalui smartphone kamu sendiri, sehingga cara menjalankannya pun sangat mudah dan Kamu bisa menawarkan pulsa tersebut ke orang-orang sekitarmu, teman kerja, kuliah, orang tua, kerabat, dan tetangga.

Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat Anda dalam memiliki usaha sampingan karena banyak usaha sampingan untuk karyawan dan mahasiswa bermodal kecil. Jadi, pilih salah satu, jangan takut untuk mencoba karena successful people will not be afraid to start and fall

Pos terkait