“Banana”, Buah Favorite mudah di tanam

  • Whatsapp

Buah pisang adalah salah satu buah yang memiliki banyak akan manfaat. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini sangat banyak dibutuhkan oleh tubuh. Tanaman pisang ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat kita terlebih karena tanaman ini sudah sangat sering ditanam pada rumah.

Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau membuat buah ini menjadi favorit banyak orang.

Muat Lebih

Jika Anda pernah mendengar istilah flu perut atau pernah mengalami keracunan makanan, maka pisang merupakan pilihan yang tepat untuk menenangkan masalah perut Anda. Tekstur pisang yang lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran cerna. Selain untuk pencernaan, manfaat pisang yang lainnya yaitu:

Menurunkan tekanan darah

membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kaya Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Magnesium penting untuk pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah.

Baik Untuk Kulit dan Lambung

Buah pisang mengandung vitamin C, sebuah antioksidan yang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Buah ini juga diketahui dapat mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering.

“Banana”, Buah Favorite mudah di tanam

Peluang bisnis yang bisa didapatkan dari pisang ini juga masih sangat luas karena banyaknya manfaat yang bisa diapatkan. Secara umum, saat ini pisang tidak banyak yang melakukan budidaya secara intensif. Hanya sebagian kalangan saja yang melakukan budidaya secara masif. Oleh karena itu, budidaya buah pisang sangat diminati oleh semua kalangan.

Langkah – langkah budidaya pisang yaitu:

Pembibitan

Bibit yang berkualitas terlihat dari pertumbuhannya yang sehat, tidak terdapat hama penyakit, dan memiliki struktur tanaman lengkap seperti akar, batang dan daun. Pembibitan dapat dilakukan dengan cara perbanyakan tunas, anakan, bonggol, dan bit baik secara tradisional maupun kultur jaringan.

Perbanyakan secara kultur jaringan umumnya sudah dilakukan oleh perusahaan besar seperti yang dilakukan oleh PT Nusantara Tropical Farm (PT NTF), sister company PT Sewu Segar Nusantara yang mendistribusikan Pisang Cavendish berlabel Sunpride.

Bibit pisang yang diperbanyak secara kultur jaringan dikembangkan selama kurang lebih satu tahun dalam botol kultur jaringan. Setelah itu dilakukan proses seleksi untuk ditransplantasikan ke pembibitan hingga berumur 3 bulan.

Lahan

Pastikan lahan yang akan dijadikan tempat budidaya pisang terbebas dari penyakit Fusarium dan Pseudomonas. Bila sebelumnya lahan tersebut pernah terjangkit penyakit tersebut, lakukan pengendalian hama dan penyakit dengan benar.

Bersihkan lahan dari gulma, cangkul atau bajak tanah dengan kedalaman 30-40 cm. Buat bedengan memanjang sesuai dengan kontur lahan. Jarak antar bedengan diatur sesuai dengan jarak tanam.

Bersihkan lahan dan lakukan olah tanah. Pada 2 minggu hingga 1 bulan sebelum tanam buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm dengan jarak tanam sekitar 2 m x 2 m hingga 3 m x 3 m. Lalu tutup kembali lubang tersebut dengan memasukkan tanah lapisan bawah terlebih dahulu dari hasil pembuatan lubang.

Menanam bibit pisang

Cara menanam Pohon pisang dilakukan menjelang musim penghujan, sebelumnya lubang harus diberikan pupuk organic sebanyak 15 – 20 kg.  Lakukan penanaman pada sore hari agar bibit tidak strees terhadap lingkungan baru. Masukkan bibit ke dalam lubang yang sudah dibuat sebelumnya, tutup secara perlahan, dan lakukan penyiraman.

Proses panen buah pisang

Umur panen buah pisang sebenarnya tergantung pada tujuan pasar atau distribusi. Untuk tujuan ekspor buah harus dipanen lebih cepat. Namun secara umum buah pisang dipanen pada tingkat kematangan 3/4 untuk pasar ekspor, dan untuk pasar lokal bisa dipanen pada tingkat kematangan penuh.

Atau, kalau dilihat dari umur buah pisang bisa dipanen sekitar 3-4 bulan dihitung sejak bunga mekar. Ciri-ciri buah yang sudah siap dipanen bentuknya membulat, tidak ada lipatan sudut yang tajam. Bunga yang terdapat pada ujung buah sudah mengering dan mudah dipatahkan. Warna kulit berubah dari hijau tua menjadi hijau muda dan daun bendera pada tanaman sudah mengering.

Pos terkait