Bagian Bagian Penting Pada Komputer

  • Whatsapp

Komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur. Pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage.

Di dalam sebuah komputer terdapat bagian – bagian penting agar dapat beroperasi dengan kinerja seperti yang kita inginkan.

Muat Lebih

Tiga bagian penting tersebut yaitu ada input device (perangkat input), Sisten unit dan output device (perangkat output).

Selanjutnya mari kita bahas satu persatu bagian penting komputer di bawah ini:

1. Input Device (Perangkat Masukan)

Input device merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dan memerikan perintah pada central processing unit (cpu) agar dapat memproses data.

Perangkat input terdiri dari:

  • Keyboard, dan Mouse

Pada tahun 1990-an input device hanya berupa keyboard saja, seiring perkembangan jaman mulai muncul mouse.

Keyboard merupakan perangkat input komputer dan berisi susunan huruf dan angka dan fungsi konrol lainnya.

Bagian-bagian Penting Pada Komputer
Bagian-bagian Penting Pada Komputer

Peran keyboard sangatlah penting karena beberapa bahkan hampir sebagian perintah yang berupa teks dan komando lain yang di masukkan ke dalam sistem komputer harus melalui keyboard.

Jadi keyboard digunakan sebagai alat untuk menyampaikan data dan perintah dari seseorang ke dalam komputer yang selanjutny diubah menjadi bahasa pemograman yang dimengerti oleh CPU dan kemudian diproses.

2. System Unit

Sistem unit merupakan suatu kerangka yang di dalamnya terdiri dari komponen – komponen dari komputer yang digunakan untuk memproses data.

Bagian – bagian dari sistem unit yaitu:

  • Processor

Processor adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem yang ada pada komputer.

Processor juga bisa disebut sebagai otak dari sebuah komputer. Singkatnya komponen ini bekerja untuk melakukan perhitungan dan menjalankan perintah dari pengguna komputer itu sendiri.

  • Harddisk

Harddisk merupakan perangkat komputer yang bekerja secara sistematis dan menjadi media penyimpanan data secara permanen dan memiliki kapasitas data penyimpanan yang terbilang cukup besar.

  • CD/ DVD ROM

CD ROM merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk membaca data dari CD.

Fungsinya untuk membaca data CD dan melakukan burning data ke CD, artinya dengan menggunakan CD ROM kita bisa menyimpan data ke dalam piringan CD dan menampilkan data dari CD.

  • Power Supply

Power supply merupakan alat yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke semua bagian komputer agar dapat berjalan dengan maksimal.

  • Motherboard

Motherboard merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk seua alat utama CPU, bentuknya seperti sebuah papan sirkuit elektronik.

Motherboard juga tempat berlalu lalangnya data dan menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama agar komputer dapat berjalan dengan baik.

  • Random Access Memory (RAM)

RAM merupakan alat penyimpanan data yang dapat di baca dan di rubah. RAM juga digunakan untuk media penyimpanan data sementara yang sedang dikerjakan oleh komputer.

  • ROM (Read Only Memory)

ROM merupakan jenis memori permanen yang digunakan untuk data yang hanya bisa dibaca dan tidak boleh dirubah.

ROM berfungsi untuk mengatur peripheral yang ada pada mainboard.

  • Casing

Casing berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. bentuknya kotak persegi.

Selain sebagai pelindung casing juga bisa sebagai pendingin tambahan. Fungsi utamanya yaitu sebagai alat untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya.

3. Output Device (Perangkat Keluaran)

Perangkat keluaran adalah perangkat komputer yang digunakan untuk mentransfer data baik dalam bentuk teks, gambar, suara atau media lainnya.

Salah satu perangkat keluaran yang penting pada komputer yaitu monitor.

monitor merupakan perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU.

Jadi karena monitor itu sebagai alat penampil gambar, maka komputer akan sulit bahkan tidak dapat digunakan tanpa adanya monitor.

monitor berfungsi sebagai output dari memori komputer berupa biner dan diubah menjadi bahasa manusia dan ditampilkan pada monitor dan dapat dibaca oleh pengguna.

alat output lainnya seperti printer, scanner, modem dan alat lainnyadapat kalian tambahkan pada komputer kalian jika memang dibutuhkan untuk pekerjaan maupun tugas – tugas tertentu.

Sekian pembahasan tentang bagian- bagian penting pada komputer yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat buat kita semua.

Pos terkait